Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 29, 2022

Bagaimana Cara Mengetahui Tren Bisnis Terbaru yang Efektif?

Tren bisnis memang selalu berubah mengikuti kebiasaan atau kebutuhan konsumen. Oleh karena itu bagaimana cara mengetahui tren bisnis terbaru yang efektif?

Isi Artikel

Seperti yang kita tahu bahwa tren bisnis selalu berubah dengan cepat mengikuti kebiasaan dan kebutuhan konsumen di pasar. Oleh karena itu, apabila ingin terus berjalan lancar dan sukses, pastikan kamu mengetahui tren bisnis terbaru dengan cepat. Namun, bagaimana cara mengetahui tren bisnis terbaru yang efektif? 

Pengertian Tren Bisnis

tren bisnis
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tren bisnis sendiri merupakan sebuah gaya atau kecenderungan dalam bisnis yang berpengaruh pada peningkatan penjualan. Umumnya, tren ini juga dapat berupa inovasi baru yang mengundang rasa penasaran konsumen sehingga meningkatkan angka penjualan bisnis. 

Pasalnya, dengan mengikuti tren bisnis kamu bisa menyediakan berbagai macam produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen. 

Bagaimana cara mengetahui tren bisnis terbaru?

Berikut ini beberapa cara untuk menemukan produk yang sedang laris atau sesuai tren bisnis: 

1. Cek jenis usaha yang sedang tren

Pertama, pastikan kamu melakukan pengecekan terkait jenis usaha yang sedang tren di kalangan konsumen saat ini. Dengan mengetahui jenis usaha yang sedang tren ini, tentu saja target pasarnya akan semakin luas dan dapat meningkatkan penjualan. 

2. Cek tren bisnis melalui Google Trends

Kedua, kamu bisa lakukan pengecekan tren bisnis melalui Google Trends. Menguntungkannya, fitur ini bisa kamu akses secara gratis, lho. Selain itu, dapat membantu mencarikan informasi mengenai kata kunci atau keywords apa yang paling banyak dicari oleh pengguna internet.

Sebagai contoh sederhana, kamu bisa buka Google Trends dan masukkan keywords tertentu seperti masker wajah, nantinya laman Google akan menunjukkan secara real time grafik tentang seberapa populer produk ini. Menariknya kamu bahkan bisa melihat daerah mana yang paling banyak membutuhkannya.

3. Menggunakan sebuah kuesioner

Ketiga, buatlah kuesioner untuk mengetahui tren bisnis terbaru. Di mana nantinya melalui data kuesioner tersebut, kamu dapat membuat sederet pertanyaan terkait bisnis dan bagikan hanya ke target pasar, ya. Meskipun cara satu ini nampak klasik, tapi juga cukup ampuh untuk mengetahui apa yang sedang tren.

Namun, semakin canggihnya teknologi saat ini, kuesioner tidak melulu harus dalam bentuk lembaran kertas fisik, tapi bisa secara online menggunakan google form dan sejenisnya. Baru dibagikan atau share melalui media sosial.

4. Lakukan pengecekan review produk

tren bisnis
Gambar: freepik.com

Keempat, melakukan pengecekan review produk. Bila kamu memiliki toko online di marketplace, maka lakukan pengecekan review pelanggan secara rutin untuk mengetahui produk paling laris. 

Sehingga nantinya kamu tidak salah stok produk dan pemasukan bisa tetap naik terus karena menawarkan produk populer dan banyak diminati. 

5. Gunakan tool riset yang berbayar

Kelima, menggunakan tool riset berbayar jika ingin hasil risetnya lebih valid atau akurat. Pasalnya, tools jenis ini mampu memberikan data yang detail dan lengkap mulai dari produk sesuai tren terbaru, angka penjualannya, dan berbagai data statistik lain. 

6. Memperhatikan tren bisnis dari lingkungan sekitar dan Word Of Mouth

Terakhir, memperhatikan tren bisnis dari lingkungan sekitar dan word of mouth. Walaupun bisa dilakukan pencarian melalui internet, tapi melihat tren secara langsung di sekitarmu secara offline dapat lebih optimal.

Kamu juga bisa melakukan riset melalui percakapan dari mulut ke mulut (Word of Mouth) yaitu mencari tahu apa yang paling sering dibicarakan akhir-akhir ini. 

Itulah pengertian tren bisnis dan cara mengetahuinya dengan cepat. Agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya. Solusi terbaiknya yaitu melakukan kelola bisnis menggunakan Aplikasi Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama