November 15, 2021

7 Cara Menentukan Target Market yang Tepat

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu kamu perlu mengetahui target pasar yang jelas. Dan berikut ini beberapa cara menentukan target market yang tepat. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika sedang menjalankan sebuah bisnis, ada baiknya sebagai pemilik usaha pastikan untuk lebih dulu mengenal seperti apa target market konsumennya. Hal itu sangat dibutuhkan karena bisa membantu kamu menentukan prioritas produk atau jasa mana yang bisa ditawarkan ke pasar dan memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itulah, sangat penting untuk mengetahui cara menentukan target market dengan tepat. Apabila kamu sudah menentukan target market tersebut, maka kedepannya akan lebih mudah untuk membuat strategi marketing bisnis, lho. 

Apa Itu Target Market?

cara menentukan target market
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Menurut situs hubspot.com, target market atau biasa disebut target pasar merupakan sekelompok konsumen yang menjadi sasaran produk atau layanan kamu. Target pasar ini biasanya ditentukan pertama kali oleh pemilik usaha atau bisnis yang didasarkan pada faktor-faktor seperti kebiasaan perilaku, lokasi, dan karakter demografis.

Tujuan Menentukan Target Market 

Lalu apa tujuan menentukan target market atau pasar untuk bisnis dan usaha kamu? Apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menentukan target market penjualan sebelum memulai sebuah usaha:

  • Mendapatkan ide dan strategi pemasaran yang lebih terarah.
  • Membuat sekaligus mengembangkan produk menjadi lebih baik.
  • Melihat peluang dan memanfaatkan kesempatan ditengah-tengah persaingan.
  • Mengambil keputusan budget yang dikeluarkan secara tepat. 
  • Posisi brand dari produk atau layanan hingga perusahaan menjadi lebih baik.

7 Cara Menentukan Target Market Bisnis yang Tepat

cara menentukan target market
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Berikut ini 7 cara yang efektif yang bisa kamu lakukan untuk menentukan target market untuk usaha atau bisnis yang kamu jalani:

1. Harus Dimulai dengan Asumsi

Langkah awal setelah memiliki produk yang dipasarkan, kamu bisa melihat konsumen dan buatlah target pasar yang potensial. Sebagai salah satu contoh, produk yang kamu tawarkan berupa barang fashion anak muda yang memiliki desain menarik dan dijual dengan harga terjangkau. Maka, target pasar bisnis milikmu adalah anak muda yang cenderung ingin tampil dengan desain unik. Mereka adalah pengguna smartphone yang gemar berbelanja secara online. Kemudian, apabila kamu baru menciptakan sebuah produk, cobalah untuk berasumsi dan tentukan siapa target pasarnya seperti cara di atas. 

2. Pahami Persaingan Pasar dengan Cermat

Setiap bisnis di semua bidang pasti memiliki kompetitornya masing-masing, oleh karena itu kamu harus cermat dalam mengamati persaingan di pasar. Hal ini akan membuat kamu mendapatkan peluang untuk memenangkan hati pelanggan untuk membeli produk milikmu. Dengan mempelajari bagaimana pasar merespon produk yang kamu jual dan seperti apa  kompetitor menawarkan produk, tentu kamu dapat menciptakan atau mengembangkan produk terbaik. 

3. Lakukan Komunikasi Langsung ke Lapangan dengan Pelanggan

Cara lainnya, kamu juga bisa lakukan komunikasi langsung ke lapangan dengan pelanggan. Bertanya langsung kepada mereka akan membuat kamu mengetahui secara jelas tentang kebutuhan pasar dan apakah produk bisa menjadi solusi terbaik mereka. 

4. Gunakan Analytics Tools untuk Mengetahui Target Pasar 

Semakin canggihnya dunia teknologi saat ini, tentu memudahkan kamu untuk menentukan target market dengan tools atau alat pendukung yang sudah tersedia. Kamu bisa menggunakan perangkat yang mengolah data seperti analytics tools untuk mengetahui target pasar. Salah satunya dengan Google Trend untuk mengetahui apa yang paling dicari di mesin pencari Google saat ini.   

5. Harus Menciptakan Buyer Persona

Buyer persona adalah sebuah representasi dari pelanggan. Di mana kamu akan menggambarkan sosok calon pembeli berdasarkan pada ciri fisik, demografi, hingga hal lainnya. Agar bisa membangun buyer persona, kamu harus memulai dengan menentukan jenis kelamin, usia, serta gaya hidup konsumen. Adanya data yang spesifik, target pasar bisnis pun akan menjadi lebih unik. 

6. Paparkan Secara Jelas Kelebihan Produk Milikmu

Jika sudah menentukan buyer persona calon konsumen serta kompetitor, kamu juga perlu menunjukkan kelebihan produk. Fokus pada penjelasan tentang kecanggihan produk yang kamu tawarkan. 

7. Ciptakan Brand Positioning

Branding adalah hal yang penting untuk dilakukan ketika kamu menjalankan sebuah bisnis.  Cara ini bertujuan untuk menciptakan persepsi atau membangun citra sebuah produk bagi pelanggan. Apabila kamu sudah berhasil menciptakan brand positioning, maka target pasar bisnis akan terbentuk dengan baik. Dan selanjutnya, kamu hanya perlu menjaga brand untuk mendapatkan potensi pasar yang maksimal.

Itulah beberapa cara menentukan target market yang paling jitu. Selain melakukan komunikasi ke lapangan dan bertemu langsung dengan pelanggan, kamu juga perlu menggunakan beberapa tools atau alat pendukung seperti Google Analytics. Selain itu, kamu juga membutuhkan tools lain yang dapat membantu dalam pengelolaan usaha yakni Aplikasi Usaha Youtap

Tak hanya membantu mengelola usaha, tapi juga bisa untuk bisnis skala menengah bahkan hingga enterprise. Salah satu fitur Youtap yang juga bisa digunakan adalah pencatatan laporan penjualan. Di mana kamu dapat melihat grafik penjualan yang nantinya memudahkan melihat keuntungan secara keseluruhan. Sehingga penentuan strategi kedepannya pun semakin mudah.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama