June 6, 2022

Tips Menang Dalam Persaingan Bisnis Online, Dijamin Jitu!

Bagi para pelaku usaha yang ingin mencapai penjualan maksimal, maka simak beberapa tips agar menang dalam persaingan bisnis online berikut, yuk!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Persaingan bisnis online kini memang semakin kompetitif. Pasalnya sudah ada ratusan, bahkan ribuan bisnis yang konsep dan target konsumennya sama. Hal itu pun membuat kamu harus selalu mencari peluang agar bisnis mampu bersaing dengan baik. Demi mencapai hasil yang maksimal, simak beberapa tips menang dalam persaingan bisnis online berikut, yuk!

Tips Menang dalam Persaingan Bisnis Online

1. Pahami Unique Selling Point Bisnis Milikmu

persaingan bisnis online
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Pengertian Unique Selling Point (USP) sendiri adalah hal yang membedakan bisnis milikmu dari kompetitor. Nilai unik dalam bisnismu ini bisa terletak pada kualitas produk, harga, customer service atau bahkan sudah menerapkan konsep go green atau kelestarian lingkungan.

Sederhananya, USP ini adalah suatu hal yang kamu miliki, tapi tidak dimiliki oleh kompetitor. Kamu yang ingin mengetahui USP bisnis, coba tanyakan beberapa hal ini:

  • Mengapa konsumen harus membeli produk dari bisnismu? 
  • Apa hal berbeda yang kamu tawarkan dari bisnis?
  • Apa hal yang dianggap penting oleh konsumen?

2. Coba untuk Kenali Konsumen dan Berinteraksi 

Selanjutnya adalah mencoba untuk mengenali konsumen dan lakukan interaksi. Bila kamu mampu mengenali konsumen, maka akan lebih mudah untuk mengetahui kebutuhan serta pain point mereka.

Oleh karena itulah, sangat penting untuk mengumpulkan sebanyak mungkin data konsumen, khususnya yang berkaitan dengan perilaku belanja. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menciptakan interaksi dua arah antara bisnis dan konsumen. 

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Cara Memahami Perilaku Konsumen yang Benar

3. Coba untuk Bentuk Niche Bisnis

Kemudian, kamu juga perlu membentuk niche market di tengah marketplace yang sangat padat. Selain itu, komunikasikan dengan jelas penawaranmu kepada konsumen, karena dapat membuat bisnis terlihat menonjol daripada kompetitor. 

4. Pastikan untuk Mengamati Pesaing Secara Detail

persaingan bisnis online
Gambar: freepik.com/iconicbestiary

Pastikan juga kamu memahami dan menganalisis kelebihan serta kekurangan kompetitor. Cobalah untuk mengetahui beberapa hal ini dari kompetitor: 

  • Iklan dan website bisnis. 
  • Kebijakan pengiriman pesanan. 
  • Harga-harga produk yang ditawarkan.
  • Kualitas produk. 
  • Keaktifan di media sosial. 
  • Review atau ulasan online dari konsumen

5. Terapkan Strategi Digital Marketing

Terakhir adalah menerapkan strategi digital marketing lebih agresif. Pasalnya agar bisa tampil menonjol di pasaran, kamu harus mampu menjangkau konsumen baru lebih luas. 

Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan berbagai strategi digital marketing, seperti content marketing, Search Engine Optimization (SEO), media sosial, email marketing, dan lain-lainnya . Selain itu kamu juga dapat memaksimalkan strategi pemasaran digital dengan penggunaan mobile marketing, seperti memberikan penawaran melalui SMS atau chat pada aplikasi. 

Itulah beberapa tips jitu agar menang dalam persaingan bisnis online. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kamu perlu menerapkan strategi digital marketing dan menetapkan USP, bukan? Salah satunya cobalah untuk mulai menggunakan Aplikasi Bisnis Youtap

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama