August 3, 2022

Tips Membuat Logo untuk Bisnis Kecil Agar Lebih Mudah Dikenali oleh Calon Pelanggan

Dapat menunjang branding di pasaran, berikut ini beberapa tips membuat logo untuk bisnis kecil agar lebih mudah dikenali dan juga diingat oleh pelanggan.

Hingga saat ini memang masih banyak sekali bisnis kecil yang berakhir dilupakan begitu saja atau bahkan meninggalkan kesan negatif. Namun, hal tersebut sebenarnya dapat dihindari jika kamu memiliki brand dan juga logo yang kuat. Berikut ini beberapa tips membuat logo untuk bisnis kecil agar lebih mudah dikenali serta diingat oleh pelanggan. 

Tips Membuat Logo untuk Bisnis Kecil

1. Pastikan Tidak Membuat Logo yang Terlalu Umum

Tips membuat logo
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tips pertama, pastikan kamu tidak membuat logo yang terlalu umum, ya. Cobalah untuk lebih jelas dan fokus menginterpretasikan bisnis. Logo yang jelas tersebut sangat dibutuhkan karena nantinya kamu tidak akan memiliki cukup banyak waktu untuk meyakinkan orang lain tentang produk atau jasa yang ditawarkan.   

Jadi, tidak hanya sekadar menggambarkan bisnis, namun tinggalkan juga kesan yang positif pada logo. Oleh karena itulah, pastikan logo pada bisnis kecil adalah jenis yang berbeda dengan perusahaan besar. 

2. Gunakan Typography yang Menggambarkan Bisnis

tips membuat logo
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tips kedua, gunakan typography yang menggambarkan bisnismu secara jelas. Dua elemen penting dalam membuat logo untuk para pelaku bisnis kecil adalah typography dan grafik atau ikon. Apabila kedua elemen tersebut digabungkan, maka dapat dijadikan dasar design logo.

3. Pastikan Memilih Warna yang Tepat

Tips membuat logo
Gambar: frepik.com/rawpixel.com

Tips ketiga, pastikan kamu memilih warna yang tepat. Beberapa industri saat ini, memiliki warna palet yang khas, contohnya adalah perusahaan AC, yang umumnya menggunakan warna merah dan biru untuk branding.  Namun, ada baiknya juga kamu lakukan riset kompetitor, agar warna yang dipilih bisa berbeda dari milik mereka. 

4. Pikirkan Penempatan Logo 

Tips membuat logo
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tips keempat, pikirkan juga penempatan logo kedepannya. Nantinya saat bisnis berjalan, tentu logo akan digunakan di berbagai macam tempat seperti kartu nama, web, foto profil social media, dan lain-lainnya. Sehingga ada baiknya membuat logo yang mudah diingat oleh calon maupun konsumen bisnis. 

5. Cari dan Gunakan Jasa Designer yang Sudah Berpengalaman 

Tips membuat logo
Gambar: freepik.com/vector4stock

Tips kelima, cari dan gunakan designer yang sudah berpengalaman. Apalagi jika kamu sudah memiliki konsep, maka carilah designer yang mampu mengembangkannya menjadi sebuah logo utuh.  

Bagian terpenting dalam pembuatan logo ini adalah adanya diskusi terbuka antara designer dengan klien. Sehingga kamu wajib untuk memilih agency yang dapat berdiskusi secara langsung dan terbuka agar pengembangan logo dapat berjalan dengan baik. Pastikan logo yang dibuat orisinil, bukan diambil dari clip art. 

Kesimpulan

Itulah beberapa tips membuat logo bagi bisnis kecil, agar dapat merepresentasikan bisnis kedepannya dengan lebih baik. Bagi kamu yang sudah mempersiapkan hal-hal tersebut, kini saatnya untuk langsung Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap. Di mana kamu bisa mendapatkan berbagai macam solusi pengelolaan terlengkap serta terpercaya. Dapatkan juga macam-macam tips, promo, informasi, hingga event di Blog Youtap.  

Kemudian, agar bisa mencatat seluruh laporan penjualan bisnis sehari-hari, kamu tidak perlu lagi melakukannya secara manual, karena Youtap POS sudah menyediakan fitur-fitur canggih. Beberapa diantaranya adalah E-menu, POS Kasir, QRIS dan semua Cashless, Analisa Pintar, Cetak Struk Sekali Tap, Kalkulator Digital, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga, Pajak serta Analisa Produk, dan Riwayat Transaksi. 

Tunggu apalagi? Yuk, mulai bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang