November 29, 2021

7 Ide Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

Memulai usaha dengan modal kecil, mengapa tidak! Berikut ini 7 ide usaha dengan modal kecil namun berpotensi untung besar.

Mulai usaha dengan modal kecil, mengapa tidak! Banyak lho pengusaha sukses yang mulai dari usaha kecil. Usaha dengan modal kecil dapat dilakukan oleh siapa saja yang baru terjun ke dunia usaha. Pada umumnya langkah ini ditempuh agar kerugian yang ditanggung pada saat gagal pun tidak begitu terasa. 

Namun demikian, banyak orang menjalankan ide usaha modal kecil di masa pandemi Covid-19 ternyata menghasilkan untung besar. Rupanya, keuletan dan semangat dalam berusaha melebihi segalanya. Anda juga bisa mencoba cara ini.  Apa saja ide usaha dengan modal kecil yang berpotensi mendatangkan keuntungan besar, dapat disimak di sini! 

1. Buka Toko Online sebagai Dropshipper 


Buka Toko Online sebagai Dropshipper
Gambar: Freepik

Dropshipper adalah pedagang tanpa modal stok barang dalam ekosistem bisnis di marketplace. Namun demikian ia dapat menjual barang kepada para pembeli yang ada di marketplace. Seperti halnya pemilik merchant atau toko yang memajang foto-foto barang dan jasa yang dijualnya di marketplace, seorang dropshipper juga melakukan hal sama. Perbedaannya adalah ketika ada pembeli yang berminat, maka dropshipper akan menghubungi pemilik atau penjual barang yang sesungguhnya. Dropshipper akan memberikan alamat pembeli dan barang yang dibeli, sedangkan barang dan pengepakan serta pengirimannya dilakukan oleh pemilik barang. Transaksi jual beli online ini berlangsung antara Dropshipper dan pembeli. 

Baca Juga : 6 Jenis Franchise Murah dan Menguntungkan

Tentu saja, sebelumnya dropshipper telah mengontak pemilik barang untuk menyepakati margin keuntungannya. Jadi, makin rajin dropshipper mencari pemilik barang yang ingin dibantu dalam memasarkan barang maka akan semakin terlihat besar dan lengkap koleksi barang yang dijual di  toko online  milik dropshipper. Cukup dengan rajin promosi, maka usaha dengan modal kecil ini berpotensi mendatangkan untung besar bagi dropshipper. Berbeda dengan reseller yang harus punya modal untuk membeli stok barang, dropshipper tak perlu menyetok barang. Asyik, kan? 

2. Usaha Jastip dengan Modal Kecil 

Jasa titip atau jastip pada awalnya adalah usaha yang dilakukan oleh para traveler dan orang Indonesia yang merantau di luar negeri. Saat akan kembali ke tanah air, mereka menawarkan jasa titip beli barang kepada teman-temannya. Harga barang tidak dinaikkan, namun jasa titip nya saja yang menjadi imbalan. 

Usaha Jastip Modal Kecil
Gambar: Freepik

Model bisnis seperti ini kemudian menjadi tren baru. Kini tak hanya jastip pembelian di luar negeri saja, namun banyak jastip untuk jajanan oleh-oleh khas dari luar kota. Sosial media dimanfaatkan dalam pemasaran produk jastip. Potensi bisnis ini bisa sampai puluhan juta omzetnya dalam sebulan, walau hanyalah usaha dengan modal kecil saja.   

3. Waralaba atau Franchise

Usaha dengan modal kecil yang juga bisa Anda kembangkan menjadi besar adalah usaha yang sudah diwaralabakan atau franchise. Anda membeli lisensi, booth usaha, dan perlengkapan usaha dari mitra usaha pemilik waralaba. Mitra usaha akan memandu Anda mengelola usaha dengan modal kecil ini.

 

Franchise Kebab Baba Rafi

Sebaiknya pilih waralaba yang produknya sudah dikenal masyarakat, agar dapat menghemat biaya, tenaga, serta waktu Anda dalam memperkenalkan produk tersebut. Jenis produk yang diwaralabakan saat ini sangat beragam. Mulai dari makanan, minuman, jasa kurir, laundry, tambal ban, dan lain sebagainya. 

4. Jualan dengan Taktik Open Pre Order (PO)

Open Pre Order (PO)

Usaha dengan modal kecil dapat dilakukan dengan cara pre order atau pesan di muka. Hal itu dapat menekan risiko barang tidak laku terjual. Misalkan dalam pemasaran kuliner rumahan. Dengan cara open PO, Anda akan lebih tenang. Sebab makanan yang Anda masak jumlahnya persis dengan yang dipesan. Tidak ada istilah kelebihan stok karena tak laku. Open PO biasanya dilakukan 1-2 hari sebelum barang dikirim kepada pembeli. Media sosial dan WhatsApp serta Telegram bisa dimanfaatkan untuk menawarkan jualan Anda kepada teman-teman, kerabat, dan kenalan. 

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Online Dengan Untung Besar

5. Broker Properti 

Para broker properti bertindak mewakili pemilik properti dalam memasarkan kepada konsumen. Keuntungannya berasal dari komisi penjualan yang besarnya bervariasi tergantung dari nilai propertinya. Usaha ini bisa dilakukan dengan modal kecil namun untungnya cukup besar. Harga properti  saat ini mulai dari ratusan juta rupiah hingga milyaran rupiah. 

Broker Properti
Gambar: Freepik

Properti yang bisa dipasarkan di dalam usaha kecil untung besar ini adalah mulai dari rumah tinggal, apartemen, tempat kosan, rumah toko, ruang perkantoran, hingga gedung. Modal untuk menjalankan usaha ini tidaklah terlalu besar. Namun potensi keuntungan yang dapat diraih bisa sangat besar.  

6. Usaha Jasa Cuci Motor dan Mobil

Usaha Steam Motor dan Mobil
Gambar: Freepik

Usaha dengan modal kecil lainnya yang bisa meraih untung besar adalah usaha cuci motor dan mobil. Banyak pengendara motor maupun  mobil yang membutuhkan jasa mencuci kendaraan. Tak setiap orang punya waktu dan tenaga untuk mencuci kendaraannya. Jadi ini merupakan peluang usaha dengan modal kecil yang bisa Anda mulai dari rumah. Jika ditekuni sungguh-sungguh, usaha jasa cuci motor dan mobil ini dapat menghasilkan keuntungan besar karena pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya. 

Baca Juga : Cara Mengelola Bisnis Online Agar Panen Cuan

7. Event Organizer

Setelah masa pandemi berlalu dan izin mengadakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang kembali dibuka, peranan Event Organizer (EO) akan kembali dibutuhkan. EO termasuk usaha dengan modal kecil yang dapat menghasilkan untung besar. Banyak kegiatan dari perusahaan, organisasi, pemerintahan, dan perorangan yang membutuhkan jasa EO. Setiap akhir pekan, berbagai event digelar dimana-mana.

Usaha Event Organizer

Mulai dari acara arisan, family gathering, rapat kerja, kegiatan training outdoor, resepsi pernikahan, launching produk, hiburan, dan banyak lagi kegiatan membutuhkan kreativitas dan pengorganisiran yang rapi. Jasa EO sangat dibutuhkan dalam hal ini.  Bisnis EO juga berkaitan dengan bisnis jasa lainnya, seperti sound system, pengadaan panggung dan dekorasi, musisi dan artis, dan  lain sebagainya. Jika Anda mempunyai passion di bidang penyelenggaraan acara, usaha EO bisa dipertimbangkan.

Bagaimana agar Usaha dengan Modal Kecil dapat Bntung Besar?

Meski usaha Anda hanya dengan modal kecil saja, namun jika Anda jalankan dengan keyakinan dan profesionalisme, maka akan semakin banyak pelanggan yang datang. Oleh karena itu jangan ragu untuk menggunakan aplikasi usaha yang di dalamnya terdapat berbagai fitur yang dibutuhkan. 

Anda dapat menggunakan aplikasi usaha Youtap. Aplikasi Tablet Usaha Youtap bermanfaat bagi Anda yang sedang mengelola usaha kecil. Mulai dari bisnis ritel, toko kelontong, restoran, kafe, barbershop, dan lain-lain bisa dikelola secara online melalui aplikasi usaha Youtap. Aplikasi ini dapat mengurus transaksi pembayaran non tunai dari berbagai E-wallet dan pembayaran QRIS.

CTA Banner Artikel

Selain itu juga terdapat fitur untuk Penyesuaian Harga dan Pajak, Katalog Produk, E-menu, struk penjualan, dan lain-lain.  Selain membantu Anda dalam mengelola usaha, aplikasi Youtap juga membuat usaha kecil Anda akan cepat naik kelas!  Setiap pelanggan yang bertransaksi dengan Anda akan merasakan sentuhan profesional Anda. 

Youtap tak hanya digunakan untuk mengelola bisnis online, namun Youtap hadir untuk menjadi temen setia untuk Anda yang ingin baru ingin mulai membuka dan menjalankan usaha. Masih ragu untuk mulai usaha? Jangan khawatir, kini Youtap hadir dengan solusi daftar melalui online registrasi via web di https://mulaiusaha.youtap.id/ yang juga bisa diakses via smartphone ataupun tablet. Yuk, mantap mulai usaha bersama Youtap sekarang juga!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang