October 1, 2021

6 Jenis Franchise Murah dan Menguntungkan

Untuk kategori franchise murah bisa dilihat dari modal kerjasamanya, paling rendah modalnya kurang dari Rp 20 juta. Berikut 6 di antara kategori franchise tersebut

Salah satu solusi membuka usaha sendiri kalau keahlian dan modal serba tanggung adalah membuka bisnis franchise atau waralaba. Kini dengan modal Rp 5 juta sudah bisa menjadi mitra franchise. Meskipun franchise murah dengan modal kecil, kuncinya tetap passion dan ketekunan supaya menguntungkan. 

Bisnis franchise semakin menjamur di tengah pandemi, terutama bisnis kuliner. Bagi yang belum pernah membuka usaha sendiri tentu kesulitan bagaimana memulainya. Tetapi kini banyak ditawarkan kerjasama waralaba sehingga memulai usaha tidak terlalu sulit. Tak hanya kuliner, banyak lagi bentuk franchise lainnya.

Beraneka ragam jenis franchise, Asosiasi waralaba Indonesia bahkan membaginya menjadi 12 kategori mulai dari Biro perjalanan, properti, otomotif, jasa konsultan, makanan, kesehatan, dll. Untuk kategori franchise murah bisa dilihat dari modal kerjasamanya, paling rendah modalnya kurang dari Rp 20 juta. Berikut 6 di antara kategori franchise tersebut yang murah dan menguntungkan:

1. Makanan dan Minuman

Orang tak akan berhenti makan dan minum meskipun pandemi. Bisnis makanan dan minuman inilah usaha andalan paling akhir yang terbukti bertahan meski terkadang sedikit surut karena berkurangnya daya beli. Bagi mereka yang baru memulai usaha dengan modal seadanya, usaha franchise kuliner merupakan solusinya.

Jumlah penawaran franchise yang menjual aneka makanan dan minuman tak terhitung banyaknya. Kita lihat beberapa saja yang paling populer:

Ayam Goreng

Franchise yang terbilang cukup berhasil berkembang untuk bisnis ayam goreng seperti Sabana, D'Besto, Ayam goreng Crispy. Modal franchise ini sekitar Rp 20 juta an dan ada yang lebih murah lagi. Termasuk kategori ini makanan seperti ayam geprek atau bebek crispy.

Minuman Boba, Kopi Teh atau Es Blender

Franchise dengan modal yang tidak terlalu besar bisa didapat dari penjualan minuman, seperti Chatime, Dum Dum Thai Tea, Kopi Janji jiwa, Teh Poci, King Boba, Sel Sel Tea, Raja Cendol, Dalgona Coffee dll. Modal untuk franchise minuman berkisar antara Rp 5-10 juta.

Cemilan Khas

Martabak, kebab dan tahu merupakan beberapa jenis cemilan yang disukai masyarakat Indonesia. Usaha franchise murah yang tersedia kini seperti Kebab Baba Rafi sekitar Rp 15 jt perbulan. Tahu Jeletot atau Tahu Gila dengan modal kurang dari Rp 10 jt. Jajanan cemilan lebih murah bisa dari bahan makanan seperti pisang goreng, Takoyaki, Donat Bakar atau Sosis Bakar, Bakso pentol, crepes dll. Modalnya dibawah Rp 10 jt. 

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Online Dengan Untung Besar

2. Produk 

Produk yang terus diperlukan oleh banyak orang adalah bahan bakar dan air minum. Franchise yang banyak diminati yaitu:

Pertamini

Untuk memenuhi kebutuhan BBM sampai ke pelosok inilah Pertamini hadir. Galaxy Pertamini merupakan franchisor untuk pom bensin mini yang bisa dibuka di pinggir jalan dengan rumah. Dengan modal kemitraan sebesar Rp 9 juta, pembeli franchisor bisa mendapatkan drum kapasitas BBM 210 liter, selang 3,5 meter dan alat ukur.

Air Minum Isi Ulang

Salah satu distributor air isi ulang adalah Air Minum Si Biru. Tidak ada syarat khusus untuk bisa menjadi mitra franchise Si Biru. Namun, modal untuk franchise ini tergolong tinggi sampai ratusan juta. Franchise lebih murah ditawarkan Inviro yang menawarkan paket kemitraan. Penawaran dari Inviro dibagi menjadi 4, yaitu paket A hingga D. Pada Paket A dibanderol Rp 15,5 juta, Paket B Rp 16,5 juta, Paket C Rp 18,5 juta, dan Paket D Rp 20,5 juta. Franchise lebih murah ditawarkan oleh depot air minum Bening sebesar Rp 10 jt. 


2. Ekspedisi

Jasa kirim barang sangat dibutuhkan di masa pandemi. Usaha pengiriman barang berkembang sangat pesat karena kebutuhan belanja online. Beberapa perusahaan ekspedisi membuka peluang franchise untuk memenuhi kebutuhan ini. Memilih franchise ekspedisi yang sudah dikenal kehandalan dan pengalamannya bisa menjadi pilihan. 

Beberapa franchise ekspedisi yang sudah dikenal antara lain:

JNE

Modal membuka cabang pembukaan gerai JNE sekitar Rp 7 juta. Ada beberapa syarat untuk membuka gerai ini seperti lokasi yang bisa dilewati kendaraan roda empat, luas gerai minimal 12 meter persegi, bangunan yang permanen dan dilengkapi peralatan kantor seperti komputer, printer, timbangan barang dan tersedia jaringan internet. 

TIKI

Modal membuka cabang TIKI sekitar Rp 17,5 juta. Syarat yang lain seperti lokasi, peralatan kantor hampir sama. TIKI memiliki target pencapaian yang dihitung setelah 6 bulan.

Ninja

Modal untuk membuka cabang ekspedisi Ninja sekitar Rp 15 juta. Sistem kemitraan Ninja Ekspress ada dua, yaitu part time dan full time. Untuk yang full time disyaratkan lokasi di ruko menengah yang lebih besar. 

Ada juga jasa ekspedisi lain yang bisa dipertimbangkan seperti JET express dengan harga paket agen mulai Rp 5 juta. Ada juga ekspedisi Antareja, Sicepat atau wahana. Modal untuk menjadi agen wahana sekitar Rp 23 juta. Untuk bergabung menjadi agen di franchise Lion Parcel, maka biaya yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 2,5 juta. Sedangkan top up saldo yang harus dilakukan adalah sebesar Rp 50 juta.

4. Jasa

Franchise yang menawarkan jasa disini meliputi jasa laundry dan salon. Ada juga jasa lainnya seperti apotek namun untuk franchise ini tergolong tinggi modalnya. Berikut beberapa franchise yang menawarkan jasa: 

Laundry 

Untuk memulai jasa laundry memang dibutuhkan modal yang lebih besar karena diperlukan pembelian seperti mesin cuci atau pengering pakaian. Biasanya modal awal sekitar 5p 15 juta. Namun, bisnis laundry biasanya cepat balik modal. Beberapa franchise laundry seperti:

Clothes Laundry/ Bamboo laundry

Untuk membuka franchise ini ditawarkan paket dimulai dari Rp 14,5 juta.

Dr Shoes Laundry Sepatu

Jasa laundry untuk sepatu ini menawarkan kerja sama dengan modal Rp 35 juta. Jasa perawatan sepatu di Yogyakarta ini memberi jasa berbeda tergantung bahan sepatunya, misalnya sepatu kulit, atau yang berbahan suede, atau juga tas.

Simply Fresh dll.

Franchise laundry ini menawarkan kerja sama mulai Rp 35 juta ke atas termasuk juga LaundryKlin, Superwash, Melia Laundry, Clean Lite, atau Dressed laundry. 

Salon 

Franchise yang menawarkan jasa lainnya seperti salon kecantikan. Untuk modal mendirikan salon tidak terlalu murah tetapi kembali lagi kepada passion pendiri usaha. Beberapa franchise salon yang sudah dikenal seperti:

Baca Juga : Strategi Sukses UMKM Melek Digital dalam Era New Normal

5. Teknologi

Kebutuhan akan informasi membuka peluang pengusaha di bidang informasi teknologi untuk berbisnis dengan menawarkan jasa pembuatan website misalnya. Kebutuhan lain yang banyak diperlukan adalah jasa printing.

Bisnis IT

Salah satu franchise bidang IT adalah Multilink. Multilink Indonesia bergerak di bidang IT dengan fokus pada jasa pembuatan website, software, promosi online dan lain sebagainya.Beberapa keuntungan yang ditawarkan adalah pelanggan setia yang banyak, mitra kerja nasional dan global, dan kekuatan negosiasi yang lebih tinggi karena secara brand awareness Multilink menawarkan kemitraan dengan modal Rp 18 juta.

Printing

Snappy adalah salah satu pemain awal di waralaba printing. Namun, untuk bekerja sama masih dibutuhkan modal cukup tinggi Rp 150 jt per 5 tahun. Kebutuhan untuk digital printing cukup besar terutama untuk mesin cetaknya sekitar 30 juta. Usaha printing ini tergantung jenis dan bahan apa yang akan diprint. Paket waralaba bisnis printing ditawarkan lebih murah pada print brosur seperti di Brosur Murah sebesar Rp 25 juta. 

Baca Juga : 7 Tips Jitu Memulai Usaha Toko Kelontong

6. Perawatan Premium Otomotif

Salah satu jasa otomotif yang mulai berkembang adalah jasa jasa cuci premium, detailing, dan coating untuk motor. Salah satu perusahaan yang menawarkan franchise jasa perawatan motor yaitu PT Scuto Indonesia. SCUTO sebagai perusahaan pelayanan Nano Ceramic terbesar di Indonesia membuka lini bisnis baru yaitu SCT Motodetailing, yang fokus melayani jasa pembersihan sampai dengan coating nano ceramic+ untuk kendaraan motor. Modal untuk franchise ini sebesar Rp 10 jt.

Untuk membantu mengelola setiap usaha, bisa menggunakan aplikasi usaha Youtap yang bisa diunduh langsung di PlayStore dan AppStore. Apalagi apalagi Youtap memiliki fitur pembayaran non tunai dengan QRIS yang akan memudahkan seluruh transaksi juga tercatat otomatis. Data penjualanpun bisa dianalisis untuk menentukan strategi penjualan berikutnya. Jadi gunakan Youtap ya supaya pembayaran menjadi lebih lancar dan bisnis semakin maju.

Demikian 6 jenis franchise yang murah dan menguntungkan. Ingin mencoba? Semoga bermanfaat untuk memulai usaha dan bisa segera meraih keuntungan.


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang