Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 9, 2024

Inovasi Bisnis Laundry yang Mampu Menarik Banyak Pelanggan! 

Memiliki banyak sekali peminat di pasaran, berikut ini beberapa inovasi bisnis laundry yang wajib diketahui agar mampu menarik pelanggan. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Jenis usaha yang memiliki profit paling menjanjikan saat ini salah satunya adalah bisnis laundry. Seperti kita tahu bahwa jasa cuci pakaian ingin memang sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki kesibukan setiap harinya yaitu karyawan atau bahkan mahasiswa, di mana mereka biasanya tinggal secara mandiri di kos. Hal itu membuat bisnis laundry ini sangat menjamur di berbagai tempat, karena peminatnya ternyata cukup banyak. 

Namun, saking banyaknya bisnis laundry yang semakin tersebar di berbagai tempat tentu menuntut para pelaku usaha harus lebih kreatif dan inovatif. Tujuannya agar tetap mampu mempertahankan pelanggan lama maupun menarik calon pelanggan baru. Dalam hal inovasi bisnis laundry, berikut beberapa hal yang wajib dicoba untuk meningkatkan layanan. 

5 Inovasi Bisnis Laundry yang Wajib Dicoba

inovasi bisnis laundry

1. Efisiensi Pada Layanan Bisnis  

Inovasi pertama yang bisa dicoba dalam bisnis laundry adalah membuat layanan lebih efisien. Hal ini bisa diterapkan dengan beberapa cara, salah satunya dengan mengganti perangkat mesin cuci yang sudah lama atau memilih deterjen serta pewangi pakaian lebih berkualitas.

2. Meningkatkan Layanan Pada Metode Pembayaran 

Inovasi kedua adalah meningkatkan layanan pada metode pembayaran, karena di era serba digital seperti sekarang banyak orang mulai menggunakan sistem cashless atau non-tunai. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai menambahkan beberapa metode pembayaran lainnya.

3. Menyediakan Layanan Cuci Selain Pakaian

Inovasi ketiga, cobalah untuk menyediakan layanan cuci selain pakaian. Contohnya seperti cuci produk-produk lain yaitu sprei, bed cover, karpet, sepatu dan lain-lainnya. Semakin banyak layanan yang ditawarkan dalam bisnis milikmu, maka akan luas pula pasarnya. Namun sebelum menambahkan layanan baru, pastikan kamu memiliki peralatan dan sumber dayanya sudah kompeten dalam bidang ini, ya.

4. Pencatatan Bisnis Bisa Dilakukan Secara Digital atau Paperless 

Inovasi keempat, mulai melakukan pencatatan bisnis secara digital atau paperless. Cobalah untuk beralih ke dalam sistem digital dalam pengelolaan bisnis, tujuannya tentu akan seluruh kegiatan bisa berjalan lebih efisien dan mudah. Beberapa hal yang penting untuk dilakukan secara digital adalah pencatatan data kunjungan pelanggan, transaksi pembelian produk, hingga pelayanan pelanggan. 

Selain pekerjaan bisnis jadi lebih efisien dan praktis, inovasi bisnis seperti ini, juga akan membantu mengurangi biaya pembelian alat-alat tulis seperti pulpen, buku, penanda, dan lain-lainnya. 

5. Mengadakan Promo-Promo yang Menarik

Inovasi kelimat, cobalah untuk mengadakan promo menarik untuk setiap penggunaan jasa. Para Bos bisa terapkan macam-macam jenis promo untuk menarik minat pelanggan, baik yang baru atau pelanggan tetap. 

Promo bisa berupa potongan harga setelah melakukan beberapa kali transaksi, jemput barang secara gratis, antar jemput dan masih banyak lagi. Promo bisnis laundry ini bisa disebarluaskan melalui media sosial agar lebih banyak orang tau dengan cepat. 

BACA JUGA: Mau Buka Bisnis Cuci Sepatu? Perhatikan Hal Penting Ini Ya!

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry 

Lalu agar kamu sukses menjalankan bisnis laundry, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Lokasi Bisnis Harus Strategis

Sama halnya dengan jenis usaha lainnya, bila ingin menjalankan bisnis laundry maka pastikan bahwa kamu memiliki lokasi yang strategis. Oleh karena itulah, pastikan sebelum membuka bisnis kamu sudah melakukan survei tempat yang dapat memenuhi kriteria target pasar. 

2. Pastikan Perhitungan dan Persiapan Modal Matang

Lalu, pastikan seluruh perhitungan dan persiapan untuk modal bisnis laundry ini sudah terencana dengan matang. Apabila modal yang dibutuhkan cukup, maka segera lengkapi perlengkapan dan peralatan bisnis.

3. Memiliki Pemasok Perlengkapan yang Terpercaya

Selain itu, pilihlah pemasok perlengkapan yang terpercaya, karena bila kualitasnya terjamin maka juga akan berdampak pada hasil laundry. Di mana hal ini akan sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan saat menggunakan jasa laundry milikmu. 

4. Tentukan Harga

Jangan lupa dalam menentukan harga jasa laundry, kamu perlu melihat kompetitor dan juga mempertimbangkan target pasarnya. Faktor lain yang juga perlu masuk dalam perhitungan adalah apakah harga laundry dapat memenuhi kebutuhan operasional yang dihabiskan dalam sebulan. 

5. Gunakan Prosedur Laundry yang Praktis dan Efektif

Bila beberapa hal di atas telah dilakukan, maka langkah selanjutnya juga penting untuk mempelajari prosedur laundry yang praktis dan efektif. Hal ini termasuk cara mencuci, mengeringkan, menyetrika, sampai pada proses pengemasan pakaiannya. 

6. Lakukan Promosi 

Cobalah untuk membuat promosi yang menarik dan kreatif sesuai dengan minat target pasar. Tidak hanya dilakukan saat pembukaan bisnis laundry, tapi juga promosi secara berkala bila ada hari-hari libur spesial. Tidak ada salahnya juga memberikan harga diskon bagi pelanggan yang telah menggunakan jasa laundry milikmu dengan batas minimal tertentu. 

7. Sediakan Layanan Antar Jemput

Tidak ada salahnya kamu juga menyediakan layanan antar jemput laundry bagi pelanggan. Jadi, selain langsung di outlet laundry, kamu juga bisa tawarkan layanan penjemputan dan pengantaran pakaian agar mereka lebih mudah menjangkaunya bila tidak sempat ke toko. Oleh karena itu, sediakan kontak yang dapat dihubungi dan informasikan harga layanan antar jemputnya dengan rinci. Pastikan harga tersebut sesuai dengan jarak dari lokasi outlet ke tempat pengambilan pakaian, ya. 

8. Gunakan Sistem Pengelolaan Keuangan

Terakhir, jangan lupa gunakan sistem pengelolaan keuangan agar bisnis laundry berjalan dengan lancar dan berkembang pesat. Dalam hal ini kamu bisa gunakan Aplikasi Kasir Digital Youtap POS, di mana seluruh pencatatan transaksi sehari-hari akan dilakukan secara otomatis dan real time. Sehingga tidak akan memakan waktu lama untuk mencatat manual. Tidak hanya itu, kamu juga akan sangat terbantu karena Youtap POS memiliki fitur canggih seperti pembuatan laporan keuangan bisnis hingga analisis penjualan. 

BACA JUGA: Jenis-Jenis Bisnis Laundry yang Paling Menguntungkan

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Laundry?

inovasi bisnis laundry menarik banyak pelanggan
gambar: freepik.com

A. Kelebihan Bisnis Laundry

  1. Bisnis laundry salah satu jenis usaha yang cepat balik modal, karena permintaan pasar sangat tinggi.
  2. Tidak perlu menyediakan tempat atau gudang yang ukurannya besar. 
  3. Tidak harus selalu update mengikuti perkembangan tren, karena bisnis laundry hanya menawarkan jasa cuci yang memang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. 
  4. Tidak terlalu terpengaruh pada resesi ekonomi.  
  5. Adanya komunitas pengusaha laundry yang tersebar di berbagai daerah. 

B. Kelemahan Bisnis Laundry

  1. Membutuhkan lebih besar biaya untuk maintenance peralatan, karena ini akan sangat berdampak pada hasil cuci pakaian yang mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan. 
  2. Memiliki banyak pesaing, sehingga lakukan inovasi lebih baik dan pastikan lokasinya strategis. 

Berapa Modal Bisnis Laundry?

Ketika menjalankan bisnis laundry, tentu akan ada banyak kebutuhan. Tidak hanya sekadar beli mesin cuci tapi juga perlu peralatan pendukung lainnya. Oleh karena itulah, berikut ini gambaran harga jika kamu ingin membuka laundry dengan kisaran modal di bawah Rp 50 juta: 

  1. Mesin cuci kisaran harga Rp 5.000.000
  2. Mesin untuk pengering pakaian dengan kisaran harga Rp. 13.000.000
  3. Saluran air kisaran harga Rp 3.000.000
  4. Peralatan seperti alat penjemur, rak atau lemari kisaran harga Rp 3.000.000
  5. Setrika dan timbangan pakaian berkisar Rp 1.500.000
  6. Sewa tempat usaha selama satu tahun sekitar Rp 10.000.000
  7. Biaya untuk promosi Rp 4.000.000

Apabila dijumlahkan dari data di atas maka modal awal bisnis laundry sejumlah Rp 39,5 juta. Walaupun biaya awal yang dibutuhkan tidak sedikit, namun melihat minat masyarakat di pasar terhadap jasa laundry, maka potensi balik modal dengan cepat sangat besar bahkan ditambah keuntungan. 

Itulah penjelasan seputar bisnis laundry yang bisa kamu pelajari, mulai dari inovasi, tips menjalankan, kelebihan, kekurangan hingga modal yang dibutuhkan. Namun, agar bisnis berjalan dengan lancar pastikan kamu juga menggunakan sistem digital Aplikasi Youtap POS, ya. Pasalnya, penggunaan aplikasi satu ini akan sangat memudahkan dalam mengelola bisnis lebih efektif, praktis dan mudah. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama