February 8, 2022

Pentingnya Aplikasi Pembukuan Usaha untuk Mendukung Kemajuan Bisnis

Kenapa penggunaan aplikasi pembukuan usaha menjadi hal penting dalam mendukung kemajuan bisnis? Berikut alasannya!

Tidak hanya untuk perusahaan besar saja, tetapi pembukuan juga sangat dibutuhkan bisnis dengan skala kecil seperti UMKM. Ini penting dilakukan agar bisa mengelola, menganalisis hingga mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian yang diperoleh secara rinci. 

Seperti yang kita tahu, bahwa pembukuan sebelumnya dilakukan secara manual, namun agar bisa berjalan lebih praktis tak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi pembukuan. Dan berikut ini beberapa alasan penting lainnya menggunakan aplikasi pembukuan

Apa itu Pembukuan?

Pembukuan merupakan sebuah kegiatan pengorganisasian dan penyimpanan dokumen keuangan serta akuntansi bisnis. Hal-hal yang termasuk dalam kegiatan ini adalah membuat jurnal, laporan keuangan, buku besar, catatan pajak penghasilan, dan masih banyak lagi. Pembukuan tidak hanya cukup dilakukan ketika perusahaan sudah berskala besar, namun juga perlu diterapkan pada perusahaan yang masih berskala kecil. 

Tujuan pembukuan ini dibuat untuk bisnis baik berskala besar dan kecil untuk bisa mengetahui masalah keuangan dengan tepat. Selain itu juga bisa terhindar dari kesalahan penghitungan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Memiliki pembukuan yang baik sejak awal bisnis, maka bisa mengetahui dan memiliki kekuatan finansial secara kuat. 

Pembukuan usaha
Ilustrasi pembukuan usaha. Gambar: Freepik.com

Pentingnya Aplikasi Pembukuan Usaha untuk Kemajuan Bisnis?

Di era yang sudah serba digital seperti sekarang ini kamu bisa membuat pembukuan dengan cepat, akurat dan praktis dengan aplikasi pembukuan. Tak hanya itu saja, berikut ini juga beberapa pentingnya penggunaan aplikasi pembukuan bagi perkembangan bisnis kecil:

1. Dapat membantu menghindarkan kesalahan pelaporan keuangan

Umumnya, kesalahan pelaporan ini terjadi karena proses pembukuan yang tidak baik sejak awal bisnis.  Hal itu pun membuat bisnis tidak memiliki data yang akurat tentang pendapatan dan pengeluaran selama bisnis berlangsung.  Dan demi menghindari hal tersebut, sangat penting bagi bisnis untuk memiliki pencatatan pembukuan yang baik salah satunya dengan penggunaan aplikasi. 

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Usaha yang Tepat

2. Menghindari terjadinya audit pada bisnis

Pemilik bisnis kecil wiraswasta dan UMKM memang paling berisiko untuk menerima audit, oleh sebab itu pembukuan yang tepat menjadi hal penting dari sebelumnya. Semakin akurat sebuah pembukuan bisnis maka akan semakin cepat bagi para auditor untuk melakukan pemeriksaan. 

3. Dapat meningkatkan analisis keuangan dan manajemen yang baik

Pembukuan yang rinci dan jelas membuat kamu bisa menganalisis serta mengelola arus kas lebih akurat tentang situasi keuangan usaha atau bisnis. Ini juga membantu kamu untuk tetap membayar faktur kepada vendor secara tepat waktu dan bisa mengetahui di mana uang habis dibelanjakan. Perusahaan yang memiliki kontrol keuangan baik dan kondisi keuangannya selalu dalam performa bagus, memungkinkan untuk lebih mudah mendapatkan partner bisnis.

Itulah beberapa alasan penting penggunaan aplikasi pembukuan untuk mendukung kemajuan bisnis. Kemudian sebagai aplikasi usaha terbaik di Indonesia, Youtap juga memiliki fitur laporan penjualan untuk membantu pencatatan segala transaksi yang berlangsung.  Atau kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan Youtap karena memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

cta banner artikel


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang