October 18, 2021

5 Cara Mengatur Keuangan Usaha yang Tepat

Demi mendapatkan keuntungan dan kesuksesan dalam berbisnis, berikut ini 5 cara mengatur keuangan usaha yang tepat.

Cara mengelola keuangan usaha yang benar bisa berdampak besar bagi kesuksesan sebuah usaha baik UMKM ataupun usaha dengan skala besar. Selain kedisiplinan, dan strategi pengelolaan usaha kamu juga harus memiliki pemahaman yang cukup untuk melakukan pengelolaan uang usaha. Dan berikut ini beberapa cara mengatur keuangan usaha. 

Tips Mengatur Keuangan Usaha

Mengelola keuangan usaha dengan baik menjadi salah satu kunci sukes jika ingin mendapatkan keuntungan maksimal. Oleh sebab itu, agar kamu bisa terus mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan, berikut ini beberapa cara mengatur keuangan usaha yang bisa kamu lakukan:

1. Pencatatan rincian biaya pengeluaran

Sebelum mulai usaha, pastikan untuk mengetahui tips mengatur keuangan usaha yang pertama adalah memastikan untuk selalu mencatat semua biaya pengeluaran secara rinci dan jelas. Mencatat semua biaya pengeluaran ini penting dilakukan, agar kamu bisa mengetahui dengan pasti setiap uang yang digunakan. Dengan begitu kamu bisa mengukur berapa laba atau keuntungan yang didapatkan dari setiap barang yang telah terjual.

Selain itu, dengan mencatat semua biaya pengeluaran kamu bisa mengatasi selisih angka yang terjadi karena besar kemungkinan setiap usaha pasti mengalaminya. 

Baca Juga: 5 Cara Cepat Cek Laporan Hasil Penjualan

2. Pastikan untuk memisahkan keuangan pribadi dan usaha

Selanjutnya, sangat penting bagi para pelaku bisnis khususnya yang masih pemula untuk memisahkan keuangan pribadi dan usaha. Salah satu faktor yang membuat keuangan usaha menjadi berantakan karena sering bercampurnya keuangan pribadi dan usaha. Perlu kamu pahami terlebih dahulu bahwa keuangan pribadi akan sulit dilacak karena pergerakan uang yang masuk dalam usaha skala kecil sangat lambat. Tentu, jika uang usaha yang kamu miliki tercampur akan sangat sulit untuk melihat pergerakan keuntungan. 

Sebagai alternatif kamu bisa membuat dua akun keuangan, yaitu untuk pribadi dan usaha. Dengan begitu pergerakan uang untuk kehidupan sehari-hari dan keuntungan usaha akan lebih mudah dilacak.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan UMKM

3. Wajib menghitung pemasukan dan keuntungan usaha

menghitung pemasukan dan keuntungan usaha
Ilustrasi menghitung pendapatan dan keuntungan usaha. (Gambar: Freepik)

Cara mengatur keuangan usaha selanjutnya adalah kamu wajib menghitung pemasukan dan keuntungan secara rinci. Selain mencatat biaya pengeluaran yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga wajib menghitung hingga mencatat semua pemasukan serta keuntungan. 

Pertama hitung setiap pemasukan yang telah didapat, kemudian potong dengan setiap kewajiban yang harus dibayarkan, lalu kamu akan mendapatkan hitungan murni keuntungan yang didapat dari usaha. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui jumlah pemasukan dan keuntungan yang didapat dari usaha secara rinci. Jika ingin usaha yang kamu jalankan sukses dan berjalan dengan baik pastikan untuk bijak mencatat setiap arus keuangan yang terjadi.

4. Laba untuk mengembangkan usaha

Keuntungan yang didapat dari usaha yang dijalankan adalah laba. Salah satu pencapaian yang selalu diinginkan oleh setiap pelaku usaha adalah mendapatkan laba yang sangat tinggi. Namun sayangnya banyak yang justru langsung tergiur menggunakan laba untuk kepentingan pribadi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cara mengatur keuangan usaha yang baik adalah laba tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi. Jadi, pastikan menyimpan laba yang didapatkan untuk selanjutnya digunakan sebagai modal mengembangkan usaha. Baik itu besar atau kecil, laba yang telah diperoleh harus dialihkan untuk mengembangkan usaha.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Laporan Penjualan Saat Menjalankan Usaha

5. Gunakan aplikasi usaha Youtap untuk mengelola keuangan dan penjualan usaha

Cara mengatur keuangan usaha yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi usaha yang tepat. Semakin berkembangnya dunia teknologi, tentu akan memudahkan kamu dalam berbisnis karena segala aktivitas baik jual beli hingga proses pencatatan transaksi hingga pembukuan usaha sudah bisa dilakukan online. Terutama bagi kamu yang masih pemula, penggunaan aplikasi usaha ini bisa menjadi solusi digital usaha yang tepat dalam mengatur keuangan. Para pelaku usaha nantinya akan dikirimkan sebuah laporan penjualan setiap hari melalui email maupun WhatsApp. 

Tak hanya itu saja, dengan penggunaan aplikasi usaha Youtap ini kamu juga akan diberikan laporan penjualan mingguan, bulanan atau tahunan dengan perbandingan sebelumnya. Tentu laporan penjualan seperti ini bisa membantu kamu dalam hal perencanaan yang lebih baik di periode selanjutnya.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan usaha yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan keuntungan serta kesuksesan yang maksimal. Tak ketinggalan, proses mengatur keuangan usaha ini juga bisa dibantu oleh aplikasi usaha Youtap yang sangat terpercaya.

------------------

Youtap Indonesia sebagai aplikasi usaha gratis yang memiliki produk dan fitur terlengkap sebagai solusi digital untuk membantu mengelola usaha untuk pengusaha UMKM, bisnis skala menengah, hingga enterprise. Salah satunya fitur laporan penjualan yang dilengkapi dengan grafik sehingga memudahkan pemilik usaha dapat melihat keuntungan sekaligus sebagai keputusan menentukan strategi bisnis yang akan dijalankan.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi, tips, promo, hingga event di Blog Youtap dalam website Youtap.id. Bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi Youtap di Google Play Store atau Apps Store sekarang dan #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang