October 1, 2021

5 Cara Cepat Cek Laporan Hasil Penjualan

Salah satunya adalah kecepatan dalam membuat analisis laporan hasil penjualan. Melalui aplikasi digital, laporan penjualan & bisnis semakin cepat diterima

Kemajuan teknologi kini menghadirkan kemudahan. Salah satunya adalah kecepatan dalam membuat analisis laporan hasil penjualan.  Melalui aplikasi digital,  laporan penjualan semakin cepat diterima dan keputusan bisnis bisa semakin cepat dibuat. 


Laporan hasil penjualan adalah kumpulan informasi penjualan yang disusun dan diinformasikan sebagai bahan pencatatan dan analisa penjualan. Laporan penjualan sangat penting untuk membuat evaluasi. Apakah produk yang dijual benar-benar dibutuhkan,  kapan sebaiknya menambah satu jenis produk,  bagaimana metode pembayaran yang cocok,  kapan waktu yang tepat untuk menjual suatu produk tertentu dll. 

Berkat kemajuan teknologi, manajer atau pemilik usaha kini  dapat mengakses semua laporan penjualan secara real-time dari smartphone, tablet atau komputer. Kapanpun dan dimanapun. Berbagai software dan aplikasi kini banyak hadir untuk memudahkan mendapat laporan penjualan, salah satu contohnya aplikasi kasir online Youtap. 

Mudah,  lengkap dan cepat adalah tiga keuntungan yang didapatkan dari aplikasi kasir online. Penjualan tercatat dengan mudah,  lebih sedikit human error dalam pencatatan sehingga lengkap,  dan cepat dalam hitungan hari tersaji. 

Pada analisis penjualan, pengklasikasian penjualan berdasarkan metric tertentu akan  lebih mempermudah pengkajiannya. Sebanyak 5 metric dipakai dalam membagi cara mengecek laporan penjualan berikut.  Bagaimana cara cepat cek laporan penjualan? 


  1. Cek Laporan Rekap Penjualan

Rekap atau ringkasan keseluruhan laporan penjualan, biasanya dimuat pada menu utama laporan penjualan pada software atau aplikasi,  akan memberi gambaran umum tentang penjualan secara keseluruhan untuk jangka waktu tertentu. 

Laporan penjualan juga harus menunjukkan harga pokok penjualan, laba kotor, margin, dan pajak, sehingga penjual dapat memiliki gagasan yang lebih baik tentang berapa banyak uang yang sebenarnya akan kembali ke bisnis. 

Laporan ringkasan penjualan memberikan tampilan yang lebih makro tentang penjualan ritel. Misalnya,  berapa keuntungan  bulan lalu dengan bulan ini atau, bagaimana penjualan setahun lalu dengan tahun ini.

Angka-angka ini menawarkan beberapa wawasan umum seputar kesehatan bisnis usaha dan laporan ini dapat menginformasikan keputusan jangka menengah hingga jangka panjang. 


  1. Cek Penjualan per Produk

Memiliki rekap penjualan itu bagus, tetapi untuk mendapatkan wawasan yang lebih bermakna, pelaku usaha juga harus terperinci dalam analisa penjualannya. Inilah fungsi analisa penjualan per laporan produk. 

Jenis laporan ini memudahkan untuk mengidentifikasi produk penjualan terbaik dan terburuk, sehingga penjual dapat menentukan tindakan yang tepat.

Jika produk tertentu laris manis misalnya, penjual dapat mempertimbangkan untuk memesan lebih banyak. Di sisi lain, jika suatu produk tidak berkinerja, maka  mengetahui lebih cepat lebih baik untuk menguranginya daripada nanti merugi.  Atau,  kalaupun ingin mempertahankan produk jadi mengetahui kapan harus lebih digenjot promosinya.

Pada aplikasi kasir online, misalnya Youtap,  pemakai bisa mengecek penjualan per jenis produk untuk meningkatkan jumlah penjualan dengan memperbanyak jumlah produk yang direkomendasikan. 

Laporan penjualan per produk adalah cara yang bagus untuk dijalankan jika penjual ingin mengidentifikasi tren atau wawasan yang lebih luas.

Ambil contoh, misalnya seorang penjual atau pengecer alas kaki. Ia bisa melihat  merek atau gaya sepatu tertentu yang dengan cepat mendapatkan popularitas. Atau, mungkin penjual memperhatikan bahwa rata-rata ukuran sepatu tertentu terjual lebih cepat. Laporan juga bisa misalnya melihat warna yang banyak diminati,  untuk sepatu pria atau wanita dan lain-lain. 

Analisa produk dalam dunia marketing sendiri cukup penting. Setiap produk dinilai memiliki siklus hidup mulai dari produksi,  pemasaran,  pembelian sampai masa penurunan. Pada saat penurunan penjualan itulah harus dilakukan strategi untuk mendongkrak penjualannya. 

Tiga hal bisa dilakukan untuk meningkatkan siklus hidup sebuah produk yakni pertama,  meningkatkan kualitasnya,  kedua,  merubah gaya produknya dan ketiga,  menambah keunikan produk tersebut. 

Laporan penjualan per produk bisa digunakan untuk mengevaluasi pemesanan stok dan keputusan pemasaran. 


  1. Cek Laporan Penjualan per Metode Pembayaran

Berkembangnya metode pembayaran kini bisa menjadi pilihan.  Membayar secara non tunai kini menjadi pilihan. Melalui aplikasi, laporan penjualan bisa memperlihatkan mana penjualan yang dilakukan secara tunai atau melalui metode pembayaran lain.

Pembayaran non tunai pada satu sisi mempermudah transaksi. Namun,  pada sisi lain seperti disimpulkan dari hasil beberapa penelitian sosial,  berpengaruh untuk mempertinggi perilaku konsumtif masyarakat. Namun,  hal ini tak menjadi masalah bagi pedagang selama pembayaran tersebut lancar dan tidak bersistem kredit sehingga berpotensi macet. 

Laporan keuangan pada aplikasi misalnya kasir online bisa menyajikan berapa persentase pembayaran secara online yang non tunai dan berapa yang tunai. Berdasarkan kecenderungan tersebut,  bisa diperhatikan pada produk mana saja yang biasa dibayar tunai dan yang non tunai. 

Laporan keuangan akan secara detail menunjukkan berapa jumlah uang yang keluar masuk. Pada aplikasi Youtap misalnya,  pembayaran non tunai melalui aplikasi bisa dilihat atau pembayaran secara langsung yang akan masuk ke rekening pribadi.

Melalui analisis laporan hasil penjualan per metode pembayaran,  bisa dilihat tren atau kecenderungan produk mana yang diminati dengan metode pembayaran tertentu. 


  1. Cek Laporan Penjualan per Periode Waktu

Laporan penjualan kini bisa diakses dengan cepat bahkan per jam dibantu teknologi seperti aplikasi penjualan atau kasir online. 

Laporan penjualan bisa dilihat per hari,  per minggu,  per bulan bahkan per tahun.  Keuntungan mendapat laporan keuangan per hari misalnya,  penjual bisa membuat keputusan lebih cepat terhadap stok barang dan jenis produk apa yang akan dijual keesokan harinya. 

Dengan laporan penjualan harian, penjual dapat dengan mudah menunjukkan masalah dan mengatasinya sebelum menjadi berlebihan.  Laporan harian pada bidang usaha lebih besar juga bisa digunakan untuk memotivasi tenaga pemasaran. 

Laporan penjualan mingguan dapat membantu manajer memantau jumlah transaksi yang ditutup oleh tim atau pendapatan yang dihasilkan. Laporan penjualan bulanan memberikan gambaran yang lebih besar tentang aktivitas penjualan, kinerja perwakilan penjualan, dan kinerja tim secara keseluruhan.

Laporan per periode waktu juga bisa memperlihatkan pada hari,  atau jam berapa transaksi banyak dilakukan. Hal bisa jadi pertimbangan untuk memperbanyak stok atau menambah staf penjualan dll sehingga bisa memaksimalkan penjualan. 


  1. Cek Laporan Penjualan per Pelanggan

Pada transaksi yang lebih spesifik bisa dilakukan pemasukan data pelanggan. Misalnya, pembeli yang memiliki kartu keanggotaan pada minimarket atau rumah makan. Bisa juga pelanggan yang lebih sering memakai e wallet tertentu,  kerja sama dengan bank dll. 

Pada penjualan online,  pelanggan dengan ID tertentu bisa dimasukkan datanya. Langkah ini akan memperlihatkan siapa atau perusahaan mana saja yang melakukan pembelian terbanyak. 

Data pelanggan pada skala lebih besar juga bisa ditambahkan seperti dari wilayah mana,  atau pada pembelian di outlet/ cabang yang mana. 

Memiliki database pelanggan yang akurat dan lengkap dapat membantu dalam menentukan potensi pasar dilihat dari kelompok umur atau letak demografisnya.

Data pelanggan memudahkan dalam menentukan produk mana yang cocok untuk ditawarkan pada target pasar tertentu. Bila dari database pelanggan terlihat adanya penurunan penjualan di suatu daerah, maka bisa segera menentukan strategi pemasaran seperti apa yang kira-kira mampu mendongkrak penjualan di lokasi tersebut.

Data pelanggan pada laporan penjualan  bisa dijadikan untuk pertimbangan untuk memberikan bonus,  diskon atau promosi. Sebaliknya,  pelanggan yang bandel bisa dimasukkan dalam daftar hitam. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang