October 1, 2021

9 Cara Memulai Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil

Cara memulai bisnis kuliner bisa diawali dengan langkah-langkah kecil. Jika passion Anda di bidang makanan dan minuman, maka bisnis kuliner dengan modal kecil bisa segera dilakukan

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Bisnis kuliner adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Meski hanya punya modal kecil, bisnis kuliner bisa segera dimulai. Tapi sebelum memulai, pelajari dulu beberapa tips penting cara mulai usaha di bidang kuliner dengan modal kecil ini.

Cara memulai bisnis kuliner bisa diawali dengan langkah-langkah kecil. Jika passion Anda di bidang makanan dan minuman, maka bisnis kuliner dengan modal kecil bisa segera dilakukan. Namun, jangan hanya ikut-ikutan membuka bisnis kuliner. Berikut ini adalah 9 cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil yang dapat Anda lakukan. 

1. Matangkan Konsep 

Langkah awal dari cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil adalah matangkan dulu konsep menu dan bagaimana usahanya akan dijalankan. Kapan Anda memasak, sebelum atau sesudah ada pesanan masuk? 

Banyak pihan menu kuliner yang disukai konsumen saat ini. Anda mau jualan apa? Sekarang ini sudah ada aneka minuman kekinian seperti boba, kopi, es krim. Kemudian jajanan pasar, kue kering, atau kue-kue manis seperti donat, brownis, pisang coklat, martabak,  roti. Lalu aneka nasi dengan menu utama ayam dan bebek seperti pecel ayam, ayam geprek, bebek goreng. Ada masakan Jepang seperti ramen, tempura, sushi. Masakan Korea,  masakan Chinese, masakan Timur Tengah, masakan Thailand, masakan India, makanan cepat saji; serta menu yang sudah sangat populer seperti sate, sea food, bakso, soto, sop iga, bakmie, dan sebagainya. 

korean instant noodle tteokbokki korean spicy
Gambar: Freepik/@jcomp

Keunikan, value, harga, perlu dipikirkan sejak awal. Dalam hal ini penting untuk melakukan pengamatan dan survei lapangan. Matangkan juga darimana bahan baku bisa diperoleh dan tempat penyimpanan bahan baku. 

Selain itu, matangkan juga konsep pemasaranya. Apakah Anda akan memulai dengan pemasaran online sebagai mitra GoFood, Grab Food, dan Shopee Food?   Promosinya seperti apa ? Anda perlu memikirkan tempat usaha, bentuk desain booth usaha atau gerobak jualan, display etalase, serta perlengkapan dan peralatan masak. Jika tidak buka lapak, bagaimana cara pesan antar dikelola? Siapa kurir untuk mengantar pesanan ke konsumen? 

Baca Juga : 6 Jenis Franchise Murah dan Menguntungkan

2. Survei, Riset, Kumpulkan Informasi Tentang Peluang Pasar

Survei Peluang Pasar
Gambar: Freepik/@chayanuphol

Sebelum memulai bisnis kuliner penting sekali untuk melakukan survei atau riset pasar untuk mengetahui peluang dari menu kuliner yang akan anda pilih. Caranya adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pesaing bisnis yang ada.  Cek apa kelebihan dan kekurangan dari menu yang mereka jual, dari sana dapat ditemukan peluang apa yang terbuka untuk Anda. 

3. Bikin Rencana Usaha atau Business Plan yang Jelas

Rencana yang matang dan detil merupakan separuh keberhasilan usaha. Cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil juga memerlukan rencana usaha atau business plan. Maksudnya agar dapat terbayangkan tentang perputaran uang (cash flow) -nya. Rencana Usaha merupakan simulasi cara memulai bisnis kuliner, perputaran uang,  dan strategi pengembangan. Selain itu, pentingnya membuat business plan adalah agar sekiranya Anda membutuhkan partner atau investor, maka Anda dapat mempresentasikan rencana bisnis kuliner tersebut dengan jelas.

Gambar: Freepik/@rawpixel

Business Plan antara lain berisi mengenai:   

  • Rencana keuangan, jumlah modal usaha dan rincian detil penggunaannya. 
  • Tim kerja: koki, admin, kasir, kurir, asisten, marketing promosi, dan lain-lain. Untuk usaha dengan modal kecil, biasanya pekerjaan dirangkap oleh pemilik usaha. 
  • Menu dan harga jual, sehingga tergambarkan berapa besar potensi keuntungan bisnisnya. 
  • Strategi pemasaran.  
  • Waktu pelaksanaan. 

4. Memilih Tempat Usaha yang Tepat dan Strategis 

Cara memulai bisnis kuliner, baik dengan modal kecil maupun besar, adalah memiliki tempat usaha yang tepat dan strategis. Lokasi yang strategis memerlukan pengamatan survei lapangan. Anda perlu mengamati langsung pada waktu sarapan pagi, makan siang, makan malam, diantara jam makan siang dan makan malam. Siapa saja dan berapa banyak orang yang melintasi lokasi pengamatan Anda. 

Piya Bar Kitchen
PIya Bar Kitchen - Gambar (TripAdvisor)

Selain itu juga amati bagaimana keamanan dan  lahan parkirnya, serta tanyakan pada orang-orang yang tinggal di sekitarnya apakah lokasi tersebut bebas banjir atau tidak. Jangan sembarang pilih lokasi saat memulai bisnis kuliner. Pertimbangkan pula bagaimana daya beli masyarakat di sekitar lokasi usaha yang anda pilih, agar produk Anda dapat terjangkau oleh konsumen.  

5. Ciptakan Nama Usaha dan Menu 

Menu Kopi Kenangan
Menu Kopi Kenangan. (Gambar: Femina)

Penciptaan nama atau merek usaha sangat penting. Manfaatnya adalah agar dapat dikenali calon konsumen yang lewat lapak Anda atau yang mencarinya di Google Maps. Nama usaha dapat Anda kreasi, namun pilihlah nama yang nyantol dengan produk yang Anda buat. Jadi jika nama usaha terdiri dari dua kata, maka  salah satu kata merupakan keyword dari jenis menu yang anda jual. Sedangkan kata yang lain adalah nama yang Anda ciptakan. Nama-nama item menu juga sebaiknya dibuat sekreatif mungkin agar menarik perhatian konsumen. Sebagai pendatang baru dalam bisnis kuliner, tentunya produk Anda perlu menarik perhatian secara penamaan maupun rasa dan harganya.  

Namun tidak hanya sekadar memiliki nama item yang unik dan kreatif, tapi pastikan juga cukup mudah dilihat oleh para konsumen. Salah satu caranya dengan membuat  e-menu dengan layanan PHP (Pesan dari HP). Di mana layanan Youtap satu ini menawarkan cara paling praktis dan mudah untuk memesan hingga melakukan pembayaran hanya melalui e-menu. Menariknya lagi, e-menu tersebut sudah langsung terintegrasi dengan Tablet Usaha dan Portal Usaha Youtap. Anda sebagai mitra pelaku usaha juga dapat menggunakan layanan PHP ini untuk e-menu dine-in, take-away, pick-up, maupun delivery.

Baca Juga : 4 Jenis Alat Pembayaran Non Tunai untuk UMKM

6. Promosikan Produk Anda

Promosikan Produk Usaha
Gambar: Freepik/@atstockproductions

Memperkenalkan nama usaha dan menu kuliner  Anda melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter adalah salah satu cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil yang sangat efektif. Anda dapat membuat  akun dan fanpage sesuai dengan nama usaha Anda. Buatlah logo yang mudah diingat orang. Lalu buat konten-konten promosi yang menarik setiap hari, berupa foto dan video, yang memperlihatkan bentuk menu kuliner Anda. Mungkin bisa juga ditampilkan harganya. Bagikan konten-konten promosi tersebut melalui Whats App dan Telegram. Sebaiknya,  usaha kuliner Anda bermitra dengan Go Food, Grab Food, dan Shopee Food agar semakin dikenal orang. 

Baca Juga: 5 Langkah Digital untuk Bisnis Sukses

 7. Bentuk Tim Kerja 

Patissier-Pembuat-Kue
Patissier (Pembuat Kue). Gambar: Freepik

Bisnis kuliner bisa sukses dengan bantuan tim kerja. Anda setidaknya memiliki  satu orang asisten untuk membantu usaha kuliner Anda. Merekrut 1-2 orang asisten merupakan salah satu cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil agar dapat berjalan dan berkembang cepat. Harus ada pembagian tugas dalam menyiapkan bahan baku, memasak dan mengolah bahan baku, mengurus pesanan pembeli, membuat konten promosi, melakukan pembukuan, dan sebagainya. 

8. Menyiapkan Modal

Menyiapkan Modal
Gambar: Freepik

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kuliner dengan modal kecil sangat bervariasi, tergantung pada Business Plan yang Anda rancang. Bisnis kuliner dapat dimulai dari modal: 

  • Ratusan ribu rupiah
  • Rp1 juta - Rp 5 juta
  • Rp5 juta - Rp 10 juta
  • Rp10 juta - Rp 50 juta
  • Rp50 juta - Rp100 juta 

9. Pengembangan Usaha

Pengembangan Usaha

Selagi menjalankan cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil, sebaiknya Anda juga memikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha kuliner Anda. Tujuannya agar Anda bisa menjual lebih banyak produk dan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Pengembangan usaha dapat dilakukan dengan cara : 

  • Menambah menu-menu atau  varian produk kuliner
  • Membuka cabang atau outlet baru
  • Memperluas outlet yang sudah ada
  • Merekrut tenaga kerja baru 
  • Menambah modal, dengan cara mengajak  investor atau partner bisnis; atau pinjaman dari bank 
Baca Juga: 7 Strategi Penjualan Online Paling Efektif Meningkatkan Omzet

Demikian 9 cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil yang bisa Anda coba. 

Kelebihan menggunakan Youtap yang bisa diunduh langsung di PlayStore dan AppStore ini bagi pengusaha, selain memudahkan pembayaran dengan QRIS, transaksi juga tercatat otomatis, data penjualan bisa dianalisis untuk menentukan strategi penjualan berikutnya. Jadi gunakan aplikasi usaha Youtap supaya pembayaran lancar dan bisnis juga lancar.

Banner Youtap


AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama