October 1, 2021

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil Untung Besar

Strategi pemasaran yang jitu sangat dibutuhkan agar usaha minuman kekinian modal kecil Anda bisa menghasilkan untung besar. Selain menunggu pembeli datang

Hidup di negara beriklim tropis membuat beragam usaha minuman berpeluang sukses di Indonesia. Salah satunya, usaha minuman kekinian. Bagaimana merealisasikan ide usaha minuman kekinian dengan modal kecil tapi bisa untung besar? Apa saja jenis usaha minuman kekinian modal kecil yang berpotensi untung besar? Simak di sini!

Usaha minuman kekinian dapat dimulai dengan modal kecil. Hanya dengan modal ratusan ribu rupiah saja, Anda bisa memulai usaha minuman. Modal tersebut sebagian besar untuk membeli bahan baku dan gelas plastik kemasan. Sementara tempat usahanya sendiri bisa gratis, karena Anda bisa mulai usaha minuman kekinian dari rumah saja. 

Membuat Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil jadi Untung Besar

Strategi pemasaran yang jitu sangat dibutuhkan agar usaha minuman kekinian modal kecil Anda bisa menghasilkan untung besar. Selain menunggu pembeli datang, Anda juga harus aktif menawarkan kepada calon pembeli melalui strategi pemasaran digital berikut ini.

1. Promosi dengan konten foto dan video yang menarik perhatian 

Buatlah konten promosi yang menarik, baik dalam bentuk foto maupun video yang telah dipercantik tampilan visualnya, agar  produk Anda dikenal oleh masyarakat luas. Lakukan promosi setiap hari agar transaksi penjualan minuman kekinian Anda terus meningkat. 

2. Manfaatkan sosial media untuk digital marketing 

Manfaatkan sosial media untuk digital marketing
Social Media. (Gambar: Freepik.com)

Gunakan fitur story yang ada di Instagram dan Facebook untuk membagikan konten foto dan video yang berisi promosi menu-menu usaha minuman kekinian Anda kepada teman-teman dan publik. Gunakan pula fitur Status di WhatsApp untuk membagikan konten tersebut kepada teman-teman dan kenalan Anda. Sosial media cukup powerfull dalam menjalankan misi digital marketing usaha kecil Anda.  

3. Bermitra dengan aplikasi layanan pesan antar makanan dan minuman 

Bermitra dengan aplikasi Go-Food, Grab Food, atau Shopee Food dapat membantu promosi sekaligus menghemat biaya sewa tempat atau lokasi usaha minuman kekinian Anda. Sebab, saat mendaftarkan diri sebagai partner usaha dari aplikasi layanan pesan antar makanan dan minuman, Anda  hanya diminta menunjukkan foto Anda dengan latar belakang spanduk atau banner usaha, menu produk, serta meja atau dapur dan peralatan Anda mengolah usaha minuman kekinian. Anda hanya menyediakan banner minimal ukuran 1x1 meter yang tertulis  nama usaha, alamat,  logo Go-Food, Grab Food, atau Shopee Food serta gambar atau foto produk yang menarik. 

Baca Juga : 6 Jenis Franchise Murah dan Menguntungkan

4. Membuka  Open PO (Pre Order)

"Open PO" atau open pre order merupakan istilah yang tak asing lagi untuk layanan pesan di muka dan diantar kepada pemesan pada hari yang telah ditentukan. Jadi, Open PO ini biasanya ditawarkan 1-2 hari sebelum pesanan diantar. Supaya usaha minuman kekinian modal kecil Anda bisa dapat untung besar, cobalah buat penawaran "Open PO" kepada para tetangga atau kenalan lewat fitur Status WhatsApp atau WhatsApp Grup. 

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil Untung Besar, Apa Saja?

Setelah paham dengan strategi pemasaran digital, berikutnya Anda perlu menentukan menu usaha minuman kekinian yang modalnya kecil tapi berpeluang untung besar. 

Berikut ini adalah beberapa ide usaha minuman kekinian yang bahan dasarnya adalah teh susu, kopi, dan coklat yang disajikan dalam keadaan dingin.   

1. Boba

Boba berasal dari sebuah eksperimen kedai teh milik Liu Han Chieh di Taiwan. Sang pemilik kedai ingin membuat pengalaman baru dalam menikmati teh susu. Maka ia menciptakan topping boba dan memasukkan es batu  ke dalam teh susu. Eksperimen tersebut rupanya disukai anak-anak muda. Kini usaha minuman kekinian bebasis teh susu dingin ini telah mendunia. 

Boba sendiri berbahan dasar tepung tapioka yang dibentuk seukuran biji kelereng, lalu  dimasak hingga teksturnya kenyal dan lembut. Boba menjadi topping pada teh susu dingin. Anda bisa membuat kreasi sendiri dengan puluhan varian milk tea boba.   

2. Thai Tea

Thai tea adalah minuman kekinian yang juga berbahan dasar  teh dan susu. Teh yang digunakan adalah teh hitam atau  cha yen tea atau ceylon yang dicampur dengan rempah. Thai tea dipopulerkan oleh para pedagang di Thailand sejak tahun 1980-an dan telah mendunia hingga kini.  

3. Cheese Tea

Cheese tea atau teh keju bisa menjadi ide usaha minuman kekinian modal kecil untung besar. Minuman kekinian ini disukai banyak orang, terutama saat dahaga di hari yang panas. Bahan dasarnya  tetap sama, yakni milk tea tapi diberikan topping  krim keju cair di bagian atasnya. Minuman ini pun berasal dari Taiwan.

Minuman Bubble Tea
Minuman Bubble Tea (Gambar. Freepik.com)

3. Bubble Tea

Bubble Tea agak mirip dengan boba. Bahan dasarnya adalah teh susu dan tapioka. Namun bubble tea memiliki beberapa jenis teh. Yakni teh melati, hijau, oolong, matcha, teh buah, earl grey, dan lainnya. Bubble tea merupkan bola mutiara dari tepung tapioka yang direbus dengan mencampurkan sirup karamel manis selama berjam-jam. 

Baca Juga : 9 Cara Memulai Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil

4. Es Kopi 

Ide usaha minuman kekinian dengan modal kecil tapi bisa untung besar berikutnya adalah es kopi.  Minuman dingin dengan bahan dasar susu dan kopi yang dicampur dengan gula aren cair ini banyak dipesan dalam kemasan botol dari kafe-kafe yang tidak boleh melayani minum di tempat selama masa pembatasan kegiatan masyarakat saat pandemi. Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual es kopi dalam kemasan sebagai ide usaha minuman kekinian yang modalnya kecil tapi bisa untung besar.   

5. Milkshake

Meski sudah lebih lama dikenal dibandingkan minuman kekinian yang lainnya, milkshake merupakan minuman dingin yang tak bisa dilupakan sejak dulu. Minuman ini berbahan dasar susu dan coklat serta vanila dengan berbagai varian topping seperti biskuit, stik biskuit, boba, dan sebagainya. 

6. Es Coklat  

Usaha minuman kekinian yang berbahan dasar coklat juga dapat dilakukan dengan modal kecil namun berpotensi menghasilkan untung besar. Anda dapat mengembangkan varian menu seperti coklat banana smothie dimana terdapat potongan pisang, whipped cream, dan menggunakan susu kedelai. Es coklat Dalgona juga dapat menjadi variasi menu usaha minuman kekinian Anda. 

Tips Memulai Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil Supaya Untung Besar

Beberapa tips di bawah ini bisa Anda lakukan untuk memulai usaha minuman kekinian. Meskipun Anda cuma punya modal kecil, jangan berkecil hati. Justru dari yang kecil bisa berpeluang memperoleh untung besar. 

Tips # 1 Inovasi dan variasi  

Belajar dari pengalaman para pelaku usaha minuman kekinian yang sukses di Taiwan, dapat disimpulkan bahwa suksesnya minuman boba dipasarkan di seluruh dunia adalah diawali dengan suatu inovasi dan variasi cara menikmati teh susu. Jadi, lakukan inovasi dan buat variasi menu yang menarik bagi konsumen anda.  

Baca Juga : 5 Hal yang Perlu Dipelajari dari Aplikasi Kasir Online

Tips # 2 Perhatikan kualitas bahan baku 

Minuman kekinian pada umumnya manis rasanya. Namun jangan gunakan pemanis buatan untuk menciptakan sensasi rasa manis di lidah, karena hal itu justru akan bikin eneg dan ujung-ujungnya konsumen tidak akan kembali lagi membeli di lapak Anda. 

Tips # 3 Kemasan harus menarik

Kemasan yang menarik akan sangat berpengaruh pada nilai jual produk minuman kekinian Anda. Meski hanya modal kecil, namun jangan abaikan soal kemasan supaya anda dapat untung besar dari penjualan dengan sistem pesan antar.  

Tips # 3 Pilih lokasi strategis 

Lokasi yang strategis dalam usaha apapaun merupakan faktor penting. Tentu saja akan sulit menjual minuman dingin pakai es batu di kota yang tiap hari turun hujan dan cuacanya dingin. Minuman hangat tentunya akan lebih cocok dijual di kota tersebut. Jadi, cermatlah dalam memilih lokasi Anda memasarkan ide usaha minuman kekinian bermodal kecil tapi bisa untung besar. 

Tips # 4 Rajin promosi 

Terakhir, Anda harus rajin melakukan promosi kepada masyarakat. Tunjukan keunikan usaha minuman kekinian Anda melalui sosial media sebagaiamana telah disebutkan di awal artikel ini. Semakin sering anda berpromosi maka akan semakin besar peluang Anda untuk mendapartkan pembeli. 

Kelebihan menggunakan Youtap yang bisa diunduh langsung di PlayStore dan AppStore ini bagi pengusaha, selain memudahkan pembayaran dengan QRIS, transaksi juga tercatat otomatis, data penjualan bisa dianalisis untuk menentukan strategi penjualan berikutnya. Jadi gunakan Youtap ya supaya pembayaran lancar dan bisnis juga lancar.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang