October 30, 2021

Top 10 Bisnis Waralaba Kopi

Bisnis waralaba kopi yang ditawarkan oleh beberapa brand kedai kopi Indonesia cukup menarik untuk dicoba, khususnya bagi Anda yang belum berpengalaman.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Usaha kedai kopi kini diramaikan oleh berbagai tawaran kemitraan bisnis waralaba kopi. Bagi Anda yang belum berpengalaman dalam membangun sistem usaha, waralaba adalah salah satu pilihannya. 

Bisnis waralaba kopi yang ditawarkan oleh beberapa brand kedai kopi Indonesia cukup menarik untuk dicoba, khususnya bagi Anda yang belum berpengalaman menjalankan bisnis ini. Dengan sistem kemitraan, Anda akan dipandu oleh pemilik brand bisnis waralaba Anda agar bisa berhasil menjalankan bisnis ini.  

Berikut ini adalah 10 brand bisnis waralaba kopi yang menawarkan kemitraan dengan Anda. 

1. Kopi Janji Jiwa

Berdiri pertama kalinya pada tahun 2018, kini brand lokal Kopi Janji Jiwa telah membuka lebih dari 800 kedai di seluruh Indonesia. 

Dikutip dari Kompas.com, bila Anda bermitra dengan Janji Jiwa dan membeli paket lengkap franchise, maka Anda berhak atas lisensi untuk menggunakan brand Janji Jiwa, perlengkapan pembuatan produk, seragam, media promosi berupa menu, desain banner, flyer, pelatihan dan SOP book,  standard booth yang didesain oleh Kopi Janji Jiwa, peralatan hot menu, kulkas, freezer, HP Android kasir, dan alat kebersihan. Sedangkan yang tidak didapat dari paket lengkap franchise Janji Jiwa adalah bahan baku. 

Kopi Janji Jiwa
Gambar: Grid ID

Brand ini konsepnya penyajian kopi yang trendi dan menghadirkan produk-produk klasik bercita rasa kopi.  Janji Jiwa telah dua tahun berturut-turut, 2020-2021, meraih penghargaan Top Brand Award di Indonesia. Produk kopinya dinilai sudah menjadi Top of Mind Share, Top of Market Share, & Top of Commitment Share di hati penikmat kopi Lokal, terutama kalangan milenial. Menu favorit Janji Jiwa adalah es kopi susu dengan gula aren. Segelas kopi Janji Jiwa dibanderol dengan harga mulai dari Rp15 ribu - Rp30 ribu. 

 

Baca Juga : 6 Jenis Franchise Murah dan Menguntungkan 

2. Kopi Kulo

Kopi Kulo
Gambar: Kata Data

Berdiri pada Desember 2017, Kopi Kulo sekurang-kurangnya telah membuka 300 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Menu andalan dari brand ini adalah Avocatto yakni kombinasi antara jus alpukat, espresso, dan topping es krim. Segelas Kopi Kulo dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 12 ribu -  Rp 27 ribu. Oh ya, grup usaha makanan dan minuman waralaba ini selain mendirikan Kopi Kulo,  juga telah mendirikan delapan brand  lainnya. Yakni: Pochajjang, Kitamura, Mazeru, Oseng Mie Jontor, Xiboba, Xiji, Bu Eva Spesial Sambal, dan Mo Tahu Aja. Dari  9 brand milik Kulo Grup, jumlah outlet yang ada di seluruh Indonesia adalah lebih dari 1.500 outlet. 

3. Coffee Toffee 

Dimulai dari Surabaya, Coffe Toffe kini telah merambah ke banyak kota di Indonesia. Brand ini menawarkan franchise kopi yang fun dan penuh lifestyle kepada Anda. 

Coffee Toffee
Gambar: Sesamecoffee.com

Dikutip dari website Coffee Toffee, terdapat 4 jenis tipe franchise bisnis waralaba kopi ini. Yaitu:

  • Express : luas area  > 70m2, lokasi di kampus universitas, perkantoran, airport, stasiun. Harga Rp500 juta-800 juta.
  • Origin:  luas area  < 150m2, lokasi di mall, airport, stasiun, independen. Harga Rp900 juta – 1,3 Milyar.
  • Specialty : luas area 150m2 - 250 m2, lokasi independen. Harga Rp 1,3 Milyar – 1,6 Milyar.
  • Premium: luas area  > 250m2, lokasi independen. Harga Rp 1,6 Milyar – 2,5 Milyar.

Lokasi outlet tidak memerlukan perubahan struktur. Selain itu luas area yang tersebut di atas tidak termasuk dengan area parkir. Investasi yang Anda tanamkan dengan paket franchise diatas, sudah termasuk dengan  furniture, renovasi, biaya pengiriman, training dan  recruitment dan license fee.  

4. Kopi Lain Hati 

Berdiri Maret 2018, Kopi Lain Hati di bawah naungan Nikmat Group hingga Oktober 2021 telah membuka 500 outlet di 95 kota di seluruh Indonesia.  Bisnis waralaba kopi ini didirikan oleh seorang artis sinetron,  Ririn Ekawati.  Selain es kopi susu, salah satu produk unggulannya adalah es kopi durian. Nama-nama menunya dibuat dengan tema cinta. Misalnya, Es Duda Keren, Es Lajang, Es Kopi Cemburu, dan sebagainya. 

Kopi Lain Hati
Gambar: Grid ID

Beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai franchisee adalah luas tempat usaha  3,5 x 2 m atau 7,5 m2, listrik 3200 W, memiliki jalur air bersih dan jalur air kotor. Seragam, peralatan kopi, SOP dan sistem POS akan diberikan kepada Anda bila bermitra dengan Kopi Lain Hati.

5. Kopi Soe

Sejak dimulai tahun 2018 di Jakarta, brand Kopi Soe bertekad dikembangkan dengan sistem bisnis waralaba kopi. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 200 outlet yang tersebar di 83 kota 24 provinsi. Nama Soe berasal dari bahasa Jawa “su” yang artinya baik atau bagus. Jadi, karena nama adalah doa, maka pemiliknya memberikan nama brand nya dengan nama Soe. 

Kopi Soe
Gambar: SasameCoffe

Salah satu menu andalan di Kopi Soe adalah kopi regal rum, yakni kombinasi antara kafein dengan essence rum ditambah regal. Segelas kopi dijual dengan harga Rp 18 ribu – 30 ribu.  Bisnis waralaba Kopi Soe yang berkembang pesat sampai-sampai harus dibatasi agar tidak tidak timbul gesekan antar sesama pemilik waralaba dikarenakan terlalu dekatnya jarak antar outlet. Jadi, Kopi Soe tidak membuka cabang waralaba lagi untuk area Jakarta Barat, Jambi, Semarang, Surabaya, Batam, dan Pekanbaru.

6. Kopi Cuan

Kopi Cuan
Gambar: Glitzmedia

Bisnis waralaba Kopi Cuan berjalan di tengah ketatnya persaingan bisnis kopi. Berawal dari Pejaten Jakarta pada tahun 2017, hingga November 2020, sudah buka 15 outlet di Jakarta dan sekitarnya. Nama brand diambil dari bahasa Hokkian yang artinya keuntungan. Meski namanya terkesan tradisional, namun Kopi Cuan adalah kopi kekinian dengan rasa creamy oreo, creamy legal, dan creamy waffle.  Konsep outletnya berupa indoor dan outdoor, dengan bentuk mini cafe, ukuran minimal 16 meter persegi. Luasan kedai segitu cukup untuk menampung 4-5 orang pelanggan. 

7. Foresthree Coffee 

Foresthree Coffee
Gambar: Kontan

Dimulai dari Bogor pada tahun 2016, bisnis waralaba kopi Foresthree Coffee telah memiliki 55 cabang di seluruh Indonesia. Menu segelas kopi di sini harganya mulai dari Rp 18 ribu – 30 ribu. Topping sea salt cream menjadi citra rasa andalan dari kedai kopi ini. Krim tersebut rasanya terasa asin namun pas di lidah ketika bercampur dengan kopi susu yang manis. Rasa asin krim tersebut tidak  terlalu pekat. Foresthree Coffee menawarkan kemitraan bisnis waralaba kopi. Luas tempat usaha yang diperlukan minimal adalah 2 x 5 m saja. 

8. Kopi Kong Djie 

Kopi Kong Djie
Ilustrasi Kopi Koong Djie. (Gambar: Ultimagz Online)

Brand Kopi Kong Djie merupakan kedai kopi yang sudah cukup lama berdiri, yakni sejak 1943. Kopi Sumatra yang menjadi bahan dasar kedai ini juga menawarkan konsep bisnis waralaba kopi. Hingga kini sudah ada kurang lebih 85 outlet Kopi Kong Djie di seluruh Indonesia. 

9. Segede Gaban

Kopi Segede Gaban
Gambar: Femina

Segede Gaban mengusung konsep kopi makanan serba besar ukuran atau kemasannya. Menu andalannya adalah Brown Sugar Coffee, yakni kopi kemasan ukuran  2,2 liter. 

Baca Juga: Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil Untung Besar 

10. Kopi Yor 

Kopi Yor 
Gambar: Merdeka

Kopi Yor adalah bisnis waralaba kopi dengan menu khas berupa kopi dengan kelapa kopyor dalam. Investasi awal dari franchise ini sekitar Rp75 juta - Rp100 juta.  Investasi ini memberikan hak kepada Anda untuk menggunakan lisensi brand selama 3 tahun, manual machine coffee, peralatan produksi sudah siap jual, serta bahan baku free senilai 300 cup.

Demikianlah 10 bisnis waralaba kopi yang bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa gunakan Youtap untuk mengelola berbagai kebutuhan laporan penjualan, program kasir, pembayaran non tunai, pencetakan struk, dan lain sebagainya yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan satu aplikasi usaha Youtap, Anda dapat mengatur semua kebutuhan dalam mengelola usaha bisnis waralaba kopi. 

CTA Banner Artikel

Youtap tak hanya digunakan untuk mengelola bisnis online, namun juga untuk semua bisnis yang Anda rintis dan kembangkan. Mulai dari bisnis ritel, toko kelontong, restoran, kafe, barbershop, dan lain-lain bisa dikelola secara online melalui aplikasi usaha Youtap. Yuk, download aplikasi Youtap di Google Play Store atau Apps Store


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama