January 17, 2023

10 Tips Menentukan Lokasi Usaha Strategis dan Menguntungkan

Semakin strategis lokasi usaha, maka akan semakin besar juga peluang meraih kesuksesan. Oleh karena itu, simak 9 tips berikut untuk menentukan lokasi usaha yang tepat, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu hal wajib yang juga perlu kamu ketahui ketika akan memulai usaha adalah menentukan lokasi yang strategis dan juga menguntungkan. Pasalnya, lokasi usaha ini sangat  berpengaruh pada penjualan produk. Jadi, semakin strategis lokasinya, maka semakin besar juga peluang meraih kesuksesan. Berikut penjelasan pentingnya memilih usaha yang strategis dan tips menentukan lokasi usaha yang mampu mendatangkan keuntungan;

Mengapa Pemilihan Lokasi Usaha Penting?

Mengapa pemilihan lokasi usaha menjadi penting untuk jadi fokus perhatian? Khususnya untuk usaha-usaha offline, lokasi strategis menjadi salah satu pertimbangan yang membutuhkan waktu lama dalam memutuskannya. Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa memilih lokasi usaha menjadi sangat penting, berikut ini diantaranya;

1. Menghemat Biaya atau Modal Usaha

Menentukan lokasi usaha bagian penting dalam perencanaan usaha. Bahkan sebegitu pentingnya, penentuan lokasi usaha bisa mempengaruhi besar biaya atau modal usaha yang dibutuhkan. Tentu kita sama-sama ketahui bahwa semakin strategis lokasi usaha, pasti biaya sewa atau pembelian tempat usaha akan menjadi semakin mahal. Meskipun sekarang usaha sudah bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan ecommerce atau situs belanja online, namun disatu sisi dibutuhkan toko fisik sehingga memudahkan pembeli dapat datang dan melihat langsung kualitas dari produk yang dijual.

2. Membantu Menentukan Cara Promosi

Meskipun sekarang sosial media menjadi media promosi digital yang efektif, namun ternyata lokasi usaha juga bisa membantu dalam menentukan cara promosi usaha. Ketika memilih lokasi usaha di dekat kampus, tentu cara promosinya akan berbeda dengan tempat usaha yang berada di area perkantoran.

3. Berpengaruh pada Keuntungan Usaha

Bisakah? Tentu bisa dong! Mungkin BOS pernah mendengar ungkapan "lokasi menentukan prestasi". Bukan hanya untuk pendidikan, namun ungkapan ini related dengan lokasi yang bisa mempengaruhi keuntungan. Ketika memilih lokasi usaha strategis peluang untuk mendapatkan keuntungan akan terbuka luas.

Lokasi usaha
Lokasi usaha Keripik Tempe Rohani Malang. Dok: Foto Shafiyah Fakhrona (Google)

Tips Menentukan Lokasi Usaha Strategis

1. Pastikan Memilih Lokasi Usaha Sesuai dengan Budget 

Pertama, pastikan kamu memilih lokasi usaha sesuai dengan budget yang dimiliki. Selain biaya sewa atau beli, persiapkan juga dana lebih untuk mengurus berbagai surat perizinan yang dibutuhkan. Jangan lupa, pertimbangkan kemungkinan memberi deposit apabila lokasi usaha dalam bentuk sewa.

2. Menentukan Target Pasar

Kedua, tentukan target pasar sesuai dengan usaha yang akan dijalankan. Maksudnya, BOS harus mengetahui dengan jelas siapa target pasar dari produk atau jasa yang ditawarkan. Lakukan riset target pasar untuk mendapatkan informasi detail. Pasalnya, penentuan target pasar ini dapat membantu mempersempit pilihan lokasi usaha yang memang benar-benar sesuai. Sebagai contoh sederhana, apabila Bos berencana membuka toko alat-alat tulis dengan harga murah yang sedang tren, maka carilah lokasi berjualan dekat sekolah atau kampus. Di mana banyak sekali pelajar yang akan membutuhkan produk jualanmu. 

3. Ketahui Pendapat Warga Tentang Lingkungan Lokasi Usaha

Ketiga, Bos juga harus mengetahui pendapat warga tentang lingkungan lokasi usaha, ya. Hal ini seringkali diabaikan oleh para pelaku usaha, padahal mencari tahu rata-rata penghasilan warga di sekitar lokasi berjualan juga perlu diperhatikan. Alasannya, karena dapat berpengaruh pada omzet usaha milikmu.  BOS bisa coba menghitung apakah harga barang atau jasa yang ditawarkan dapat dijangkau oleh warga sekitar atau tidak. Bila dapat dijangkau dengan mudah, maka besar kemungkinan lokasi usaha sudah sesuai dengan target pasar. 

4. Urus Perizinan dengan Masyarakat di Lingkungan Sekitar

Perhatikan juga bagaimana pengurusan perizinan usaha di lingkungan sekitar lokasi usahamu. Ini menjadi hal penting, karena masyarakat di sekitar lokasi akan melakukan penolakan jika usaha yang kamu buka tersebut akan menimbulkan suara bising, bau yang menyengat, bahkan sampai menghasilkan limbah yang bisa merusak lingkungan sekitar.

5. Ketahui Seberapa Ramai Lingkungan Lokasi Jualan

Keempat, Bos juga harus mengetahui seberapa ramai lingkungan lokasi jualan. Pasalnya, semakin tinggi mobilitas di lokasi tersebut, maka makin tinggi pula kesempatan orang untuk mengunjungi tempat usaha milikmu.  Jangan lupa juga untuk memperhatikan apakah lokasi usaha terhalangi oleh gedung atau infrastruktur lain, ya. Jika iya, cobalah untuk mempertimbangkan kembali, karena dapat membuat banyak orang tidak menyadari tempat usaha milikmu walaupun sering dilalui.

Lokasi Usaha Sha Waregna Bandung
Lokasi Usaha Sha Waregna Bandung. Dok: Youtap

6. Sesuaikan Lokasi dengan Demografi Konsumen 

Kelima, kamu juga harus menyesuaikan lokasi usaha dengan demografi konsumen. Cara untuk menentukan demografi konsumen sendiri bisa dilihat dari beberapa faktor seperti gender, usia, dan tingkat pendapatan. Jadi, semakin mengetahui target bisnis yang dituju, maka Bos akan semakin mudah menentukan lokasi strategis. Menentukan demografi konsumen ini juga akan berpengaruh dalam langkah pemasaran usaha yang akan dijalankan nantinya.

7. Pastikan Akses Lokasi Mudah Dijangkau

Keenam, pastikan akses ke lokasi usaha mudah dijangkau oleh para konsumen nantinya. Akses yang harus diperhatikan seperti row jalan lebar, bisa dimasuki oleh berbagai kendaraan. 

8. Cobalah untuk Pilih Lokasi Usaha yang Berdekatan dengan Kompetitor

Ketujuh, cobalah untuk pilih lokasi usaha yang berdekatan dengan kompetitor. Banyak orang beranggapan bahwa lokasi usaha yang jaraknya berdekatan dengan kompetitor justru akan merugikan.  Padahal dengan menempatkan lokasi usaha berdekatan dengan kompetitor akan memberikan peluang sangat besar untuk bersaing dan terlihat menguntungkan jika dilihat dari segi pemasaran. 

Terlihat menguntungkan dari segi pemasaran karena pembeli yang datang mengunjungi kompetitor juga jadi mengetahui bahwa lokasi usaha milikmu. Selain itu, menentukan lokasi usaha yang strategis dan dekat dekat kompetitor juga akan mendekatkan tempat usaha pada target market yang dituju.

9. Pastikan Lokasi Usaha Mudah Terlihat Oleh Konsumen

Kedelapan, pastikan lokasi usaha mudah terlihat oleh konsumen. Dari segi pemasaran, lokasi yang mudah terlihat akan lebih efektif karena hemat biaya dan menguntungkan. 

10. Pastikan Faktor Kebersihan Tempat Usaha

Kesembilan, pastikan juga faktor kebersihan tempat usaha karena akan menjadi penentu apakah konsumen akan datang ke tempat usahamu lagi atau tidak. Jadi, upayakan untuk menjaga kondisi tempat usaha dan sekitarnya dan jaga agar tidak mengeluarkan bau menyengat, ya.  

Itulah penjelasan kenapa lokasi usaha menjadi faktor penting dalam bisnis dan tips dalam memilih sekaligus menentukan lokasi usaha yang strategis dan menguntungkan. Selain faktor lokasi, penggunaan teknologi seperti aplikasi usaha menjadi faktor penting dan sangat dibutuhkan demi menunjang perkembangan usaha para BOS. Apalagi Pemerintah tengah menggalakkan program usaha "UMKM Go Digital" dengan target 30 juta. Sehingga dibutuhkan aplikasi yang membantu pengelolaan usaha menjadi efektif dan efisien.

Salah satu platform efektif yang dapat membantu BOS dan pengusaha UMKM, adalah aplikasi usaha dari Youtap Indonesia. Selain itu Youtap juga memiliki produk Youtap POS sebagai Aplikasi Kasir Digital yang memiliki fitur terlengkap seperti QRIS dan semua Cashless, POS Kasir, E-menu, Analisa Pintar, Cetak Struk Sekali Tap, Riwayat Transaksi, Kalkulator Digital, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk untuk mengelola sekaligus mengembangkan usaha. Yuk #MulaiUsaha apapun dan bergabung menjadi dengan merchant Youtap menggunakan aplikasi Youtap POS, Bos! Download aplikasinya sekarang via Google Play Store atau Apps Store!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama