October 19, 2021

7 Cara Riset Pasar yang Efektif untuk Pemula

Pahami dulu cara riset pasar efektif untuk pemula ini sebelum mulai usaha agar tahu produk dan jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau tidak!

Melakukan riset pasar menjadi salah satu hal penting sebelum membangun sebuah bisnis. Ini dilakukan agar bisa membuat strategi bisnis yang efektif. Dan berikut informasi mengenai riset pasar yang meliputi pengertian, tujuan, dan cara riset pasar yang efektif khususnya bagi para pemula bisnis.

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar atau disebut juga sebagai marketing research adalah salah satu aktivitas dalam bagian dari strategi marketing untuk melihat efektifitas produk dan jasa yang ditawarkan di masyarakat umum. Tujuan dari riset pasar ini sendiri untuk mengumpulkan data sebagai ide dalam melakukan pemasaran atau marketing.

Tujuan Riset Pasar

Selain melihat efektifitas dari produk atau jasa yang ditawarkan ke masyarakat, riset pasar juga memiliki tujuan lainnya seperti;

riset pasar
riset pasar untuk tahu produk apa yang sesuai kebutuhan masyarakat. (Gambar: Freepik/@pressfoto)

Tujuan Riset Pasar

1. Riset Segmentasi Pasar

Jenis ini bertujuan untuk mencari target pasar dan menentukan target konsumen yang sesuai dengan produk atau jasa yang akan ditawarkan ke masyarakat luas. Ini menjadi penting untuk bisa menyesuaikan produk atau jasa dengan minat konsumen dan menjawab kebutuhan konsumen.

2. Riset Penjualan

Jika dilihat riset penjualan memang memilki perbedaan konsep dengan riset pemasaran namun keduanya masih berkaitan. Dengan riset penjualan, akan memudahkan melihat data-data penjualan. Dengan demikian, dengan data ini kita bisa melihat aktivitas marketing apa yang berpengaruh terhadap jumlah atau pencapaian target penjualan.

3. Riset Perencanaan Pemasaran

Riset perencanaan menjadi bagian dari sebuah perencanaan bisnis yang harus dilakukan ketika ingin mulai usaha. Pasalnya dengan riset perencanaan pemasaran ini, nantinya dapat memiliki gambaran target marketing produk atau jasa yang akan dijual sekaligus menentukan strategi marketing.

riset target konsumen
Riset target konsumen sebagai stratari marketing. (Gambar: Freepik/@igorkorter)

4. Riset Branding

Tujuan dari riset branding dilakukan untuk mengetahui apakah produk atau jasamu sudah dikenal oleh masyarakat. Ini karena branding memiliki peran yang sangat penting dalam keseluruhan aktivitas marketing, dimana dengan branding yang kuat akan membuat masyarakat lebih percaya akan produk jasamu dan ini akan membantu meningkatkan penjualan.

5. Riset Analisa Kompetitor

Adanya riset analisa kompetitor akan memberikan informasi tentang persaingan produk/jasa yang kemungkinan sama dengan kompetitor. Dengan kata lain, melakukan analisa kompetitor, kamu akan mengetahui kelebihn, kekurangan dari kompetitor sekaligus melihat peluang yang kamu ambil untuk bisa memenangkan kompetisi di pasar.

6. Riset Harga Barang/Jasa

Riset ini juga menjadi hal penting, karena ini akan memudahkan kamu menentukan harga yang sesuai dengan kemampuan konsumen  sebelum produk/jasa diluncurkan ke pasar.

Cara Riset Pasar yang Efektif bagi Pemula

Setelah mengetahui tentang pengertian, tujuan, dan jenis-jenis riset pasar bagaimana cara riset pasar yang efektif untuk kamu yang baru akan memulai membuka sebuah usaha. Berikut ini 7 cara yang bisa dilakukan untuk pemula dalam melakukan riset pasar;

1. Tentukan fokus dengan tujuan riset

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dengan jelas produk atau jasa apa yang ingin ditawarkan dan bisa diterima oleh masyarakat. Hal ini penting untuk dilakukan agar riset pasar lebih efisien dan tentunya tidak melebar ke arah lainnya yang justru membingungkan.

Sebagai salah satu contoh ketika kamu ingin mengetahui platform mana yang menjadi kesukaan pelanggan ketika belanja online, cukup ambil data dari masing-masing platform. Kemudian, buatlah peringkat dari yang paling banyak sampai sedikit. Begitu juga ketika melakukan riset pasar untuk produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan.

2. Pilih jenis dan metode riset yang ingin digunakan

Dalam melakukan riset pasar ini, ada empat jenis cara dengan tujuan berbeda-berbeda yaitu:

Empat cara di atas harus kamu pertimbangkan secara matang agar strategi dalam bisnis bisa berjalan lancar dan dapat diterima baik oleh masyarakat karena sesuai dengan kebutuhan banyak orang.

Selain itu, kamu harus menentukan metode pengumpulan data. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti kualitatif, kuantitatif, pengumpulan data primer, survei, wawancara, fokus grup, melakukan pengamatan, tes produk, hingga mengumpulkan data sekunder.

3. Melakukan identifikasi Buyer Persona

Representasi tipe pelanggan sebuah bisnis disebut juga sebagai buyer persona. Umumnya, buyer persona ini dibuat untuk mencerminkan profil pelanggan secara nyata. Seperti data demografis, kepribadian pelanggan, hingga bagaimana perilaku mereka ketika membeli sebuah produk. Melalui identifikasi buyer persona, riset pasar yang telah dilakukan bisa lebih akurat, sebab kamu sudah memahami target riset.

Contoh kasus untuk mengidentifikasi buyer persona ini, jika sebagian konsumen produk  berusia muda, maka kamu bisa menggunakan komunikasi yang santai saat melakukan riset. Tak hanya sekadar itu saja, kamu bisa lebih mudah menentukan platform apa yang tepat untuk berkomunikasi dengan mereka jika memiliki target konsumen berusia muda.

4. Belajar untuk mengenali kompetitor bisnis

Riset pasar juga bisa membantu kamu mengenali kompetitor bisnis. Tujuan kamu mengenali kompetitor bisnis untuk memastikan produk atau jasa yang dijual dapat bersaing di pasaran. Lakukan riset kompetitor mana yang menghasilkan produk sama dengan milikmu. Apabila sudah mengetahui produk yang dijual sama, tentu target pasar pun akan sama. Dari situ kamu bisa mulai mempelajari kelebihan produk serta strategi yang dijalankan oleh kompetitor.

Tak hanya itu saja, mempelajari tentang kompetitor juga bisa membantu kamu mengetahui bagaimana mereka mempromosikan produk-produknya. Apabila cara yang telah dilakukan oleh kompetitor cukup efektif, tak ada salahnya untuk menerapkan strategi yang sama bagi konsumen. Tetapi harus diperhatikan dan disesuaikan dengan jenis produknya.  

5. Memilih sumber pengumpulan data

Sumber pengumpulan data ini bisa dilakukan secara acak dan menyeluruh. Pastikan memilih sumber data yang relevan dengan target pasar. Hal ini penting, agar kamu bisa merepresentasikan tujuan bisnis yang sudah direncanakan.

anaӏіѕis data hasil riset
analisis data hasil riset pasar untuk mengambil keputusan. (Gambar: Freepik/@our-team)

6. Melakukan anaӏіѕis data hasil riset

Setelah mendapatkan data yang lengkap, kini saatnya untuk melakukan analisis data. Dalam melakukan hal ini, untuk data kuantitatif biasanya menggunakan software khusus. Sedangkan bagi kamu yang memiliki data kualitatif perlu dikembangkan metode analisis mandiri. Contohnya seperti menggunakan anaӏіsis S.W.O.T (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats).

7. Menemukan rekomendasi yang tepat berdasarkan hasil riset pasar

Cara riset pasar yang terakhir, perencanaan dan pengumpulan data yang telah dilakukan akan sia-sia begitu saja, apabila tidak menghasilkan rekomendasi tepat untuk menjalankan bisnis milikmu. Jika hasilnya justru menampilkan adanya kekurangan pada produk yang kamu tawarkan, sangat disarankan untuk segera lakukan penyesuaian dengan target pasar. Seiring berjalannya waktu, penelitian yang dilakukan akan membantu menentukan target pasar yang tepat bagi bisnis milikmu.

Selain melakukan riset pasar sebelum memulai usaha, tentu kamu juga harus menggunakan tools berupa aplikasi yang dapat membantu dalam pengelolaan usaha. Tujuannya agar pengelolaan usaha menjadi lebih mudah dan efisien. Salah satu tools yang dapat digunakan adalah Aplikasi Usaha Youtap dengan fitur Analisa Penjualan.  
Selain itu, Youtap juga memiliki Aplikasi POS (Point of Sales) atau lebih dikenal dengan sebutan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital untuk membantu pengelolaan usaha. Menariknya bisa diakses via tablet ataupun handphone, lho.  Youtap Indonesia juga memiliki fitur terbaru yakni Belanja Stok, fitur belanja grosir online yang akan memudahkan para pemilik usaha dalam memenuhi stok barang dan kebutuhan usaha dari supplier terpercaya dengan harga terjangkau.

Tertarik untuk bergabung menjadi salah satu merchant dan merasakan kemudahan mengelola usaha dengan Youtap? Daftarkan usaha kamu sekarang di https://mulaiusaha.youtap.id/ atau download Aplikasi Kasir Digital Youtap POS di Google Play Store atau Apps Store sekarang juga, ya!

Aplikasi Kasir Digital, Youtap POS
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang