August 4, 2022

Cara Kerja Marketing dalam Bisnis

Tak hanya sekadar mengembangkan materi pemasaran dan penyampaiannya saja, ternyata seperti ini cara kerja marketing dalam bisnis. Simak penjelasannya, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Marketing sebenarnya tidak hanya sekadar mengembangkan materi pemasaran dan penyampaiannya, namun juga ikut andil dalam pengembangan produk, peningkatkan pelayanan, menetapkan harga, hingga implementasi iklan. Dan ini berarti hampir semua aspek dalam bisnis. Lebih jelasnya, berikut ini cara kerja marketing dalam bisnis. 

Cara Kerja Marketing dalam Bisnis

1. Pahami kebutuhan konsumen

Cara kerja marketing
Gambar: freepik.com/prostooleh

Cara kerja marketing dalam bisnis yang pertama adalah pahami terlebih dahulu kebutuhan konsumen. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi ketika mendengar segmenting, targeting dan positioning dalam proses pemasaran, bukan?

Ya, ini merupakan tahap pertama yang harus dilakukan dalam marketing. Di mana kamu harus melalui proses riset pasar dahulu untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Riset pasar nantinya akan membantu kamu untuk mengetahui tentang kompetitor, hingga menjawab keberadaan produk atau jasa di pasaran apakah menjawab kebutuhan konsumen atau tidak.

Setelah mengetahui target pasar, tentu kamu akan lebih mudah menyampaikan pesan apa yang harus disampaikan untuk mempromosikan produk. Pesan iklan yang berkualitas dan menarik akan memengaruhi konsumen membeli produk perusahaan. 

Cara kerja marketing yang pertama ini akan sangat membantu bisnis menghadapi persaingan pasar. Pasalnya dengan mengetahui bagaimana karakteristik target pasar akan membantu kamu menyampaikan pesan yang tepat kepada target audiens.

2. Pelajari dan pahami produk atau jasa

Cara kerja marketing
Gambar: freepik.com

Cara kerja marketing dalam bisnis yang kedua adalah pelajari dan pahami produk atau jasa yang akan kamu tawarkan. Banyaknya jumlah produk yang ditawarkan tentu akan membuat marketing harus memilih produk yang tepat dan sesuai kebutuhan konsumen. 

Sehingga, marketing harus mengetahui dan merencanakan produk yang ingin dipasarkan, apakah sesuai dengan minat masyarakat atau tidak. 

3. Melakukan perencanaan promosi

Promotion marketing advertising branding sale concept

Cara kerja marketing dalam bisnis yang ketiga adalah melakukan perencanaan promosi. Proses satu ini biasanya mencakup pemilihan channel atau media pemasaran yang tepat, budget promosi, hingga pesan seperti apa yang akan disampaikan. 

4. Mulai menjalankan iklan produk

Cara kerja marketing
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Cara kerja marketing dalam bisnis yang keempat adalah mulai menjalankan iklan produk. Setelah memilih produk, target pasar, channel atau media pemasaran, pesan yang  ingin disampaikan, kini saatnya eksekusi iklan produk. Kemudian tunggu hingga ada pembelian yang masuk.

5. Mulai rancang kembali strategi pemasaran berikutnya

Cara kerja marketing
Gambar: freepik.com/ijeab

Terakhir, mulailah untuk rancang kembali strategi pemasaran berikutnya. Jadi, perusahaan bisa terus memproduksi produk atau jasa yang baru untuk dipromosikan kepada target pasar lama 

Itulah beberapa cara kerja marketing dalam bisnis yang perlu kamu ketahui. Kemudian, agar kemajuan bisnis dapat berkembang pesat, pastikan juga menggunakan sistem berbasis digital yaitu Youtap POS

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama