August 3, 2022

Wajib Tahu, Ternyata Ini Fase Perjalanan Bisnis yang Harus Dilewati

Selain membuat perencanaan dan strategi yang tepat, kamu juga perlu tahu beberapa fase perjalanan bisnis yang harus dilewati. Apa saja, ya?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Sebagian orang yang ingin membangun sebuah bisnis pasti akan mencari berbagai macam tips, metode, model usaha, hingga membuat perencanaan. Namun, hal lain yang perlu kamu ketahui adalah fase perjalanan bisnis yang pasti dilewati. Apa saja, ya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini yuk. 

Fase Perjalanan Bisnis yang Harus Dilewati

Fase perjalanan bisnis
Gambar: freepik.com/tirachardz

1. Fase euforia 

Bagi semua orang yang baru saja membangun sebuah bisnis, tentu timbul perasaan semangat yang begitu besar. 

Pasti hampir seluruh mimpi, ide dan rencana yang ada di dalam pikiranmu akan terdengar menarik dan mudah untuk diwujudkan. Khususnya jika hal tersebut juga didukung dengan revenue dari klien pertama. 

Meskipun, kamu merasa semangat tapi sebenarnya pada fase inilah sangat penting untuk membahas The Why dalam bisnis. Pastikan kamu mengetahui alasan suatu bisnis bisa bertahan dan tetap relevan di pasaran masyarakat. 

2. Fase realita

Selanjutnya, ketika usia bisnis sudah di atas 1 tahun, kamu akan menghadapi fase realita. Tahapan ini, kamu akan mulai menyadari bahwa menjalankan bisnis tidak melulu mudah dan menyenangkan.

Pada fase inilah kamu akan tersadar karena dihadapkan pada berbagai macam masalah bisnis. Contohnya seperti masalah kualitas kerja, hubungan dengan partner hingga tim kerja serta juga ada kendala pada klien. 

3. Fase refleksi 

Apabila mampu melewati fase realita, setelah itu kamu akan mulai memahami tentang bisnis secara utuh. Pada tahap inilah, kamu akan belajar tentang bersyukur dan pastikan untuk selalu melihat segalanya dari sudut pandang yang berbeda-beda. Pastikan kamu melihat masalah tidak lagi sebagai rintangan, tetapi tantangan dan penyemangat yang akan memacu bisnis lebih maju lagi.

4. Fase pendewasaan

Tiga fase sebelumnya akan membuat kamu merasakan tahap pendewasaan. Kamu mulai banyak terlibat dengan manajerial perusahaan hingga strategi yang dijalankan. Pada tahap ini, pasti akan ada selalu hal-hal yang bisa kamu pelajari, baik dari diri sendiri maupun orang lain.

5. Fase misioner

fase perjalanan bisnis
gambar: freepik.com/8photo

Fase misioner adalah tahapan atau fase perjalanan bisnis yang terakhir. Tahap ini membuat kamu mulai memikirkan tentang perusahaan dan seluruh orang yang terlibat di dalamnya apakah tetap bisa terus bertahan hingga 10,20 atau 30 tahun ke depan. 

Jadi, kamu perlu perhatikan bahwa untuk dapat menciptakan perusahaan yang menguntungkan dan dapat memberikan dampak positif agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, cobalah pahami beberapa fase perjalanan bisnis. Dengan begitu bisnis milikmu akan bisa bertahan lebih lama di pasaran. Lalu, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya menggunakan Youtap POS.

Ini merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia yang memiliki macam-macam fitur canggih untuk membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis. Beberapa fitur Youtap POS yang dapat digunakan adalah POS Kasir, E-menu, QRIS dan semua Cashless, Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, dan masih banyak lagi.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama