Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 2, 2022

Apa Itu Branding dan Tujuan Melakukannya Dalam Bisnis?

Branding adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk memperkenalkan sebuah produk atau layanan ke masyarakat. Apa itu branding dan jenis-jenisnya?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu upaya agar sebuah merek bisa dikenal oleh masyarakat di pasaran dengan melakukan branding. Namun, apa itu sebenarnya branding dan tujuannya untuk kemajuan bisnis? Agar lebih paham, simak penjelasan berikut ini yuk. 

Apa Itu Branding?

apa itu branding
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Brand dapat diartikan sebagai identitas diri yang membedakan antar sesama manusia, produk, maupun tempat.

Jadi, branding adalah sebuah kegiatan komunikasi untuk memperkuat sebuah brand dalam rangka memberikan perspektif atau sudut pandang kepada orang lain yang melihatnya.

Semakin berkembangnya dunia bisnis saat ini, branding juga didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan sebagai proses membangun dan membesarkan brand.

Kegiatan branding bagi perusahaan tak hanya sekedar merek atau produk bisa dikenal masyarakat tetapi juga image secara keseluruhan atau bagaimana masyarakat merasa bahwa bisnis milikmu merupakan yang terbaik.

Tujuan Branding

Tujuan melakukan branding untuk membentuk persepsi masyarakat hingga membangun rasa percaya orang-orang pada brand bisnis milikmu. 

Dengan menggunakan strategi yang tepat saat melakukan branding akan membuat pelanggan lebih percaya dengan produk bisnis milikmu dan loyal terhadap perusahaan.

Lalu, Apa Pentingnya Branding untuk Kemajuan Bisnis?

Telah disebutkan sebelumnya bahwa branding merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengkomunikasikan pesan dari sebuah produk bisnis kepada para konsumennya.

Melalui cara komunikasi yang tepat, perusahaan bisa memberikan kesan yang baik kepada para pengguna, sehingga membuat mereka untuk terus loyal dan setia menggunakan produk tersebut.

Tak hanya itu saja, pentingnya branding untuk kemajuan bisnis juga dapat membuka jalan bagi perusahaan agar bisa dikenal lebih banyak orang, baik itu dari logo maupun campaign pemasarannya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa membangun sebuah brand jadi investasi yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan.

Jenis-jenis branding

apa itu branding
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Product branding

Ini merupakan jenis branding paling umum karena memasarkan produk atau merek dari sebuah bisnis. Jenis product branding ini mampu mendorong konsumen untuk memilih bisnis milikmu dibandingkan dengan kompetitor.

Jenis ini adalah salah satu upaya untuk membangun identitas pada sebuah produk yang mampu memengaruhi konsumen. Biasanya akan berfokus pada hasil produknya saja, bukan korporasi secara keseluruhan. 

2. Personal branding

Personal branding ini adalah strategi pemasaran yang paling populer di kalangan public figure seperti musisi, politisi, dan sosok terkenal lainnya sehingga memiliki pandangan tersendiri di mata masyarakat.

3. Corporate branding

Selanjutnya adalah corporate branding di mana kegiatan pemasaran bagi seluruh aspek perusahaan mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan dimata masyarakat. Corporate branding ini penting untuk mengembangkan reputasi perusahaan di pasar.

4. Destination branding

Tujuan dari jenis branding ini untuk mengenalkan produk atau jasa ketika suatu nama lokasi disebutkan seseorang. Contoh sederhananya, ketika seseorang menyebut nama sebuah kota, orang bisa langsung mengingat ikon paling khasnya seperti gudeg atau bakpia di Yogyakarta. Branding ini biasanya digunakan dalam mempromosikan suatu wilayah untuk kebutuhan pariwisata maupun bisnis.

5. Cultural branding

Terakhir adalah cultural branding di mana menjadi upaya pemberian identitas atau merek yang disesuaikan dengan keadaan budaya, kebiasaan suatu bangsa, lokasi atau bahkan orang-orang berada di daerah tertentu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan apa itu branding dan pentingnya melakukan hal tersebut. Tentu untuk mendukung kemajuan bisnis. Dalam melakukan branding sendiri, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis apakah untuk bertujuan memperkenalkan  produk, personal, perusahaan atau lainnya. 

Oleh karena itulah, kini saat yang tepat untuk menggunakan Aplikasi Bisnis Youtap agar kamu bisa membuat branding bisnis jadi lebih menarik karena sudah menggunakan sistem digital. Tak hanya itu saja, tapi membantu proses pembelian pelanggan jadi lebih mudah karena bisa diakses secara online.

Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Bisnis Gratis juga memiliki berbagai produk dan fitur terlengkap yang mampu bantu kamu mengelola bisnis secara digital. Salah satu fitur Youtap yaitu pencatatan laporan penjualan yang sudah dilengkapi dengan grafik agar lebih mudah melihat keuntungan dan menentukan strategi kedepannya.

Selain itu, kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga banyak informasi, tips, promo, hingga event di Blog Youtap. Jadi, tunggu apalagi? Sekarang waktu yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama