October 3, 2022

Cara Tepat Melakukan Pemasaran Bisnis Skala Kecil

Tappers, bagi yang ingin produk atau jasanya lebih mudah dikenal oleh banyak orang di pasaran, simak beberapa cara tepat untuk melakukan pemasaran bisnis yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Kamu ingin melakukan pemasaran bisnis tapi masih tidak tahu harus mulai dari mana? Jangan khawatir, Youtap akan bantu memberikan beberapa cara tepat untuk melakukan pemasaran bisnis skala kecil agar lebih mudah dikenal banyak orang di pasaran. 

Pemasaran tentu menjadi salah satu hal penting saat menjalankan bisnis, karena dapat membantu meningkatkan penjualan. Jika penjualan bisnis semakin banyak, maka pendapatan serta keuntungan yang kamu terima pun akan lebih maksimal. 

Cara Melakukan Pemasaran Bisnis Skala Kecil

Pemasaran bisnis
Gambar: freepik.com/ijeab

Melansir penjelasan dari laman  Ahrefs, berikut ini beberapa cara melakukan pemasaran bisnis skala kecil: 

Langkah 1: Pastikan produk bisnis sesuai dengan target pasar

Sebagai langkah awal, kamu harus memastikan bahwa produk bisnis sudah sesuai dengan kebutuhan target pasar. Apabila kamu masih bingung cara untuk menyesuaikannya, berikut langkah-langkahnya: 

  • Tentukan bagaimana produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis milikmu bisa menjadi solusi terbaik untuk masalah-masalah yang dihadapi oleh pelanggan. 
  • Buat daftar fitur unggulan dari produk atau jasa bisnis milikmu.  
  • Buatlah produk atau jasa yang kamu tawarkan memang sangat bermanfaat bagi kebutuhan pelanggan. 
  • Buat landing page review atau ulasan dari pelanggan yang isinya menjelaskan tentang produk atau layanan bisnis. 

Langkah 2: Tentukan harga jual yang menguntungkan

Langkah selanjutnya untuk memasarkan bisnis adalah mempertimbangkan dan memutuskan harga jual produk atau jasa sehingga kamu bisa mendapatkan pemasukan sekaligus keuntungan maksimal. 

Sebagai contoh sederhana, apabila kamu menjual produk fisik, maka strategi penetapan harga yang paling cocok adalah dengan menaikkan biaya produksi, pengiriman, dan pengiriman untuk mendapatkan keuntungan.

Langkah 3: Tetapkan target bulanan bisnis 

Langkah ketiga adalah menetapkan target bulanan bisnis, artinya kamu harus memiliki tujuan yang jelas sehingga lebih mudah dalam menyusun strategi pemasaran bisnis. Tiga tujuan utama pemasaran bisnis skala kecil adalah dapatkan pelanggan baru (akuisisi), jual ke pelanggan yang sudah ada saat ini (upsell), dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada (retensi). 

Langkah 4: Pilih platform yang tepat untuk menjual produk atau jasa bisnismu

Dalam melakukan hal ini, cobalah untuk pertimbangkan dan pikirkan semua tempat di mana kamu dapat menjual produk atau jasa bisnis. Sebagai contoh, bila produk yang kamu jual berkaitan dengan fashion maka bisa jual melalui situs website, channel media sosial, dan mitra secara online dan offline.

Langkah 5: Lakukan promosi produk atau jasa bisnis

Pemasaran bisnis

Berikut adalah beberapa saluran pemasaran paling umum yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis: 

1. Situs Website

Situs website adalah platform pemasaran paling utama untuk sebuah perusahaan, produk, dan jasa bisnis. Pasalnya, traffic situs website biasanya dihasilkan dari seberapa sukses kamu  mempromosikan merek dan produk ke pasaran. Di dunia sekarang ini, hampir semua orang membutuhkan situs web.

2. SEO dan content marketing

SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara untuk menumbuhkan traffic situs web dari hasil pencarian secara organik. Jika target audiens terus-menerus mencari informasi produk secara online, maka kemungkinan besar kamu harus menjadikan SEO sebagai salah satu prioritas cara pemasaran paling efektif. Agar bisa menerapkan SEO, kamu perlu melakukan riset kata kunci (keyword) dan membuat konten serta tautan di dalam tulisan. 

3. Pencarian berbayar

Pencarian berbayar atau iklan PPC (Pay per Click) adalah tempat di mana setiap pelaku bisnis harus membayar biaya tertentu setiap seseorang mengklik iklan di hasil pencarian. 

Pencarian berbayar adalah pilihan yang sangat baik jika kamu memiliki budget pemasaran untuk dibelanjakan dan sedang mencari traffic situs web. Pasalnya, cara satu ini langsung dapat mendorong prospek atau penjualan bisnis.

4. Mitra, sponsor, dan afiliasi

Banyak bisnis menggunakan mitra atau afiliasi untuk menjangkau dan mempromosikan produk serta layanan mereka kepada calon pelanggan.

5. Pemasaran dalam aplikasi

Pemasaran dalam aplikasi adalah jenis pemasaran di mana iklan atau pesan muncul dalam perangkat lunak (software) dan aplikasi seluler.

6. Pemasaran di dalam toko

Pemasaran di dalam toko adalah praktik mempromosikan produk dan jasa di toko ritel. Ini dapat mencakup iklan di rak toko, papan nama, pajangan, materi point-of-sale, dan lain-lainnya. 

Langkah 6: Lakukan evaluasi dan tinjau hasil dari pemasaran 

Setelah beberapa cara di atas selesai dilakukan, kini saatnya untuk mengevaluasi dan meninjau hasil dari pemasaran. Pastikan kamu menganalisa mana saja cara yang paling efektif dalam mempromosikan produk atau jasa bisnis. 

Langkah 7: Terapkan kembali cara promosi yang terbilang sukses

Di setiap akhir bulan, setelah evaluasi dan meninjau bersama hasil dari promosi, pastikan untuk mempelajari kesalahan apapun yang telah dibuat. Kemudian, ulangi cara-cara yang dinilai berhasil agar bisa mencapai target penjualan.

Jadi, itulah beberapa cara melakukan pemasaran bisnis skala kecil. Tidak hanya sekedar memberikan informasi di media sosial, tapi ada juga beberapa strategi lain seperti menyesuaikan produk dengan target pasar, menentukan harga jual dan lain-lainnya. 

Oleh karena itulah, pastikan kamu sudah menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Sehingga tidak perlu lagi merasa lelah untuk mencatat seluruh proses transaksi bisnis.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama