December 17, 2021

Mengapa Melakukan Analisis Penjualan di Akhir Tahun Itu Penting?

Tak resolusi bisnis di tahun baru, namun kamu juga wajib melakukan analisis penjualan ketika akhir tahun. Namun, apa pentingnya melakukan analisis tersebut?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Demi mencapai target penjualan, tentu dibutuhkan data dan laporan yang jelas serta akurat. Hal ini menjadi penting, karena kamu bisa melakukan analisis penjualan untuk membuat strategi baru dan mengambil keputusan yang tepat dalam menjalankan langkah selanjutnya. Dan berikut ini alasan pentingnya analisis penjualan hingga cara melakukan analisis penjualannya. 

Mengapa Melakukan Analisis Penjualan Itu Penting?

Analisis penjualan adalah sebuah data perusahaan dalam durasi waktu tertentu yang berisi laporan analisis untuk melihat peningkatan atau penurunan pada angka penjualan. Dengan adanya peninjauan ulang atau melakukan analisis ini, kamu bisa mengetahui produk mana paling tinggi dan rendah penjualannya. Dalam analisis penjualan ini, kamu akan melakukan pemeriksaan laporan untuk mengevaluasi performa setiap produk.

Kamu juga bisa melakukan perbandingan pencapaian penjualan dari tahun sebelumnya dengan target yang telah ditentukan saat awal tahun. Selain itu, melalui analisis penjualan ini kamu bisa mengetahui jumlah permintaan produk di pasaran, adanya acuan untuk memperkirakan harga pasaran, serta melakukan perbandingan antara repeat sales dan penjualan baru. 

Cara Melakukan Analisis Penjualan yang Tepat 

1. Identifikasi Data Penjualan

analisis penjualan
Gambar: freepik.com//KamranAydinov

Hal pertama untuk bisa melakukan analisis penjualan yang tepat, mulailah dengan melihat target departemen atau produk yang ingin kamu fokuskan. Setelah itu, lakukan identifikasi sumber data yang relevan dengan hal-hal penjualan seperti produk paling laris sebagai dampak kampanye marketing, atau menentukan karakteristik konsumen yang selalu repeat order.

Kamu juga perlu tentukan rentang waktu untuk pengambilan data penjualan bisa bulanan atau tahunan tahunan. Hal itu biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan analisis dan pastikan untuk melakukan secara teratur. 

2. Gunakan Tools untuk Melakukan Analisis Penjualan

Agar analisis penjualan bisa berjalan efektif dan efisien, kini kamu bisa memanfaatkan aplikasi Youtap yang menyediakan berbagai fitur canggih dan mampu memberikan laporan penjualan secara lengkap.

3. Bagikan Hasil Analisis dengan Stakeholders

analisis penjualan
Gambar: freepik.com/pressfoto

Terakhir, kamu juga perlu membagikan hasil analisis data penjualan tadi kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam menjalankan bisnis. Pembagian insight ini perlu dibagikan kepada tim pemasaran dan penjualan agar bisa mengambil keputusan bisnis bersama hingga mencapai kata sepakat. Di bisnis lain mungkin ada tambahan dengan tim purchasing atau konten. Hal ini dikembalikan kepada bisnis masing-masing.

Dan menjelang pergantian tahun seperti sekarang ini ternyata menjadi waktu paling tepat untuk mengumpulkan data penjualan dan menginterpretasinya secara detail. Jika kamu sudah mengetahui hasil dari analisis, tentu akan lebih mudah dalam menentukan strategi penjualan di tahun berikutnya. 

Semakin canggihnya dunia teknologi saat ini, kamu bisa gunakan aplikasi Youtap untuk membantu membuat laporan penjualan secara digital. Selain itu, bisa juga Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama