Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 15, 2023

5 Strategi Bisnis yang Perlu Dilakukan Agar Cepat Bangkit di Masa-Masa Sulit

Seperti yang kita tahu, kendala yang terjadi dalam bisnis memang menjadi hal biasa. Namun, kamu perlu membuat strategi bisnis paling tepat untuk menghadapi masa-masa sulit.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Setiap pebisnis pasti pernah menghadapi tantangannya masing-masing, baik itu kendala dalam skala besar maupun kecil, seperti  mengalami stuck (tidak ada peningkatan), kerugian, bahkan hampir terancam gulung tikar. Sehingga para BOS harus selalu memiliki strategi khusus untuk menghadapinya. 

Strategi Bisnis Agar Cepat Bangkit di Masa-Masa Sulit

strategi bisnis
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Lakukan Pengelolaan Bisnis dari Ulang

Strategi pertama adalah melakukan pengelolaan bisnis dari ulang. Pasalnya, ketika bisnis berada pada titik puncak, biasanya akan mulai meninggalkan pengelolaan dengan benar, dan hanya sekadar menerima laporan saja, lalu menyerahkan seluruh proses tugas ke orang lain.

Jadi, ada baiknya BOS selaku pemilik bisnis tetap melakukan monitor atau pengelolaan secara langsung dari hari ke hari. Hal ini menjadi bagian penting agar bisnis bisa berjalan sesuai dengan visi dan misi saat awal dibangun. Selain itu, BOS juga bisa melihat bagian mana yang kira-kira perlu ditingkatkan dan tidak perlukan lagi dalam bisnis.

2. Coba untuk Meningkatkan Harga Produk atau Jasa Bisnis

Strategi kedua adalah meningkatkan harga produk atau jasa bisnis. Walaupun benar jika semakin murah harga produk atau jasa bisnis, maka lebih banyak peminat. Tapi  jika tidak diperbarui, maka keuntungan yang didapat tidak akan menutup kebutuhan dan pengeluaran. 

3. Pahami Kebutuhan Pelanggan

strategi bisnis
Gambar: freepik.com

Strategi ketiga adalah memahami kebutuhan pelanggan. Seperti yang kita tahu, kebutuhan orang pasti akan selalu berubah, dan sama halnya dengan pelanggan. Jadi, ada kemungkinan apa dibutuhkan oleh pelanggan saat ini akan sangat berbeda dengan sebelumnya. 

Sehingga apabila, para BOS tidak update dengan kebutuhan pelanggan atau target pasar maka produk yang dijual pun bisa tidak memiliki peminat. Oleh karena itulah, selalu update dengan kebutuhan pelanggan, caranya bisa melakukan survey baik online maupun langsung. Lalu, hadirkan produk atau jasa tersebut sesuai jenis bisnis.

4. Selalu Monitor Kinerja Karyawan

Strategi keempat adalah melakukan monitor pada kinerja karyawan. Pastikan bahwa mereka tetap bekerja sesuai dengan prosedur dan tujuan perusahaan. Tak hanya itu saja, pastikan juga kesesuaian skill atau keahlian dengan posisi dijalani saat ini. 

5. Pastikan untuk Selalu Menjaga Keseimbangan Lingkungan Kerja 

Strategi kelima adalah memastikan keseimbangan lingkungan kerja selalu terjaga. Umumnya, bisnis stuck terjadi karena adanya permasalahan internal, seperti tingkat stres yang tinggi pada karyawan.

Pasalnya, tingkat tekanan yang terlalu tinggi hanya akan berdampak buruk pada tim. Di mana mereka justru tidak bisa bekerja secara maksimal, karena kesulitan berpikir untuk menemukan ide-ide baru. Oleh karena itulah, perhatikan lingkungan kerja dan bangun suasana yang nyaman. 

Itulah beberapa strategi bisnis yang perlu dilakukan agar cepat bangkit di masa-masa sulit. Kemudian untuk mendukung perkembangan bis, BOS bisa menggunakan Aplikasi Kasir Digital Youtap POS yang di mana seluruh fitur canggihnya mempermudah seluruh kegiatan jadi lebih efektif. Caranya, cukup download Youtap POS di Google Play Store atau Apps Store.dan nikmati kemudahan dalam setiap transaksi usaha. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama