Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
December 7, 2021

Wajib Tahu, Begini Konsep Strategi Pemasaran yang Tepat!

Upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis agar bisa mencapai target tertentu disebut sebagai strategi pemasaran. Dan berikut konsep strategi pemasaran yang tepat.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Serangkaian upaya yang dilakukan agar bisa mencapai target tertentu dalam menjalankan bisnis disebut sebagai strategi pemasaran. Dalam hal ini, kamu harus mengetahui konsep strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai hasil maksimal. 

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Sebelum memahami tentang konsep, ada baiknya kamu mengetahui pengertian dari strategi pemasaran itu sendiri. Strategi pemasaran merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa. Umumya, strategi pemasaran ini dilaksanakan dengan menggunakan suatu pola perencanaan dan juga metode yang memang sudah terstruktur. Lalu, tujuan dari strategi pemasaran tentu agar bisnis mampu menjual produk atau jasa dalam jumlah banyak. 

Konsep Strategi Pemasaran

konsep strategi pemasaran

Strategi pemasaran ini perlu dibuat untuk meningkatkan kualitas koordinasi dalam sebuah tim marketing sehingga seluruh kegiatan bisnis bisa berjalan efektif dan efisien. Agar bisa mencapai hasil yang maksimal, tentu ada beberapa konsep khusus dalam strategi pemasaran baik untuk produk maupun jasa. Konsep strategi pemasaran yang jelas ini dapat membantu kamu melaksanakan seluruh kegiatan bisnis menjadi lebih terarah. Dan berikut konsep strategi pemasaran: 

1. Segmentasi Pasar

Langkah pertama yang wajib dilakukan yaitu perlu melakukan klasifikasi pasar atau market, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Tujuan dari segmentasi pasar ini untuk meningkatkan efektifitas pemasaran produk maupun jasa bisnis. Pasalnya, dengan memiliki data valid terkait target konsumen, maka proses pemasaran akan jauh lebih terarah. Baik itu dari sisi promosi, produksi, distribusi, hingga hal-hal lainnya. 

BACA JUGA: 7 Cara Riset Pasar yang Efektif untuk Pemula

2. Positioning Market

Selanjutnya, kamu harus menentukan dengan jelas pola yang spesifik agar bisa mendapatkan konsumen sesuai dengan bisnis. Pola ini dibuat agar perusahaan memiliki posisi kuat dalam sebuah market sehingga segmen yang ditentukan bisa menguntungkan bisnis. 

3. Market Entry Strategy

Konsep strategi pemasaran
Gambar: freepik.com

Kemudian, sebagai salah satu upaya yang bisa dilakukan agar perusahaan bisa memiliki posisi  kuat dalam sebuah pasar tertentu yaitu menggunakan cara market entry strategy. Cara tersebut dijalankan dengan membeli perusahaan lain, adanya internal development, dan melakukan kerjasama bersama perusahaan lain.

4. Marketing Mix Strategy

Ini merupakan sebuah kumpulan dari berbagai variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan dari konsumen. Variabel yang terdapat pada marketing mix strategy ini terdiri dari product, price, place, promotion, participant, process dan people physical evidence

5. Timing Strategy

konsep strategi pemasaran
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Terakhir adalah persiapan di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar atau disebut juga sebagai timing strategy.  Pemilihan waktu yang tepat, kamu dapat melakukan persiapan konsep strategi pemasaran di bidang produksi. 

Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menentukan waktu yang tepat untuk bisa melakukan distribusi produk ke pasar.

Itulah beberapa konsep strategi pemasaran yang perlu kamu ketahui, agar produk-produk bisa menarik minat beli sesuai pada target pasarnya. Setelah memahami seluruh konsep strategi pemasaran di atas, yuk segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap POS yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama