4 Tren Teknologi Pemasaran yang Wajib Digunakan Saat Menjalankan Bisnis

Dari banyaknya tools yang digunakan untuk bisnis, empat tren teknologi pemasaran berikut sebaiknya wajib digunakan untuk mendukung perkembangan. Apa saja?

Saat ini memang ada banyak sekali tools atau tren teknologi pemasaran yang digunakan untuk membantu menjalankan bisnis. Teknologi digital marketing ini tidak hanya digunakan untuk perusahaan besar, tetapi juga bisnis-bisnis berskala kecil atau UMKM. Namun, dari sekian banyak tools tersebut, terdapat empat tren teknologi pemasaran yang sebaiknya wajib digunakan. 

Tren Teknologi Pemasaran untuk Bisnis

1. Tren Konten untuk Pemasaran

Behind the scene of beauty influencer recording makeup brush review filming tutorial with smarphone camera in studio. content creator vlogging cosmetic podcast for social media channel. close up
Gambar: freepik.com/DCStudio

Pertama, tren konten untuk pemasaran. Ini dapat menjadi salah satu alat pemasaran dan menjadi strategi penjualan yang cukup efektif untuk bisnis, khususnya usaha kecil dalam meningkatkan omset. Contohnya adalah TikTok. Selain itu, jika kamu memiliki website strategi penggunaan konten berbentuk artikel di halaman blog dalam website juga kini banyak digunakan dengan tujuan menciptakan minat konsumen pada produk bisnis sekaligus membangun merek. 

Cobalah untuk menulis topik menarik untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk yang kamu tawarkan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan berbagai tips yang melibatkan penggunaan produk agar banyak orang semakin penasaran dan tertarik untuk mencoba hingga membelinya. 

Baca Juga: 8 Cara Memulai Bisnis Online yang Tepat

2. Tren Teknologi Chatbots

Wow check this out. surprised and excited girl looking at mobile phone screen, online shopping with big discounts, standing in casual clothes against white wall
Gambar: freepik.com/cookie_studio

Kedua, tren teknologi chatbots. Ini merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan intelektual dengan beberapa orang secara audio dan juga teks. 

Chatbots menjadi salah satu tren teknologi pemasaran yang juga penting untuk digunakan karena dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan secara online. Setiap pelanggan tentu menginginkan pertanyaan yang mereka ajukan dibalas dengan cepat, baik itu saat siang dan malam hari.  Sehingga, penggunaan chatbots adalah cara paling tepat untuk memberikan informasi yang diperlukan oleh pelanggan secara cepat. 

3. Tren Pencarian Melalui Suara (Voice Search)

Sideways shot of emotional dark skinned woman with curly hairdo, uses voice recognition app on modern cell phone, holds takeout coffee, wears spectacles, rosy turtleneck, poses over white wall
Gambar: freepik.com/wayhomestudio

Ketiga, tren pencarian melalui suara atau disebut Voice Search. Menurut penjelasan dari Google, pencarian melalui suara ini ternyata sudah digunakan lebih dari 50% user pengguna internet. Tetapi sayangnya, di Indonesia pencarian melalui suara tidak terlalu disukai karena terkadang sistem perekam tidak dapadengan baik apa yang dikatakan oleh user. Kondisi ini menyebabkan orang masih tetap memilih mengetik keywords pada kolom mesin pencarian.

4. Tren Analisis Data dan juga Produk

Business presentation on a laptop screen
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Keempat, tren analisis data dan produk merupakan bagian dari cara riset pasar yang bertujuan tujuan untuk mengumpulkan testimonial dari pelanggan setelah membeli produk bisnis milikmu. Nantinya, dari hasil data testimonial tersebut dapat terlihat dengan jelas produk apa saja yang paling laris dan kurang laris. Hasilnya kamu dapat menentukan produk best seller dalam bisnis dan mencantumkannya pada website atau media sosial.

Pastikan juga kamu membagikan atau share testimonial dari pelanggan sehingga pengunjung website atau media sosial bisnis mempercayai kualitas produk yang dijual, ya. Setelah menentukan produk paling laris tersebut, kamu dapat dengan mudah menganalisis hasil penjualan serta merencanakan planning untuk bulan yang akan datang. 

Baca Juga: Analisa Bisnis Katering Rumahan dan Cara Memulai

Kesimpulan

Itulah beberapa tren teknologi pemasaran yang penting untuk digunakan saat menjalanakan bisnis. Namun tidak hanya itu saja, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaan bisnis agar berjalan lebih efektif dan efisien. Agar dapat menunjang kemajuan bisnis khususnya dalam hal pengelolaan, kamu juga dapat menggunakan aplikasi kasir online Youtap POS dari Youtap Indonesia.

Pasalnya, dengan Youtap POS ini kamu akan mendapatkan berbagai macam fitur canggih yang dapat membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis. Tak hanya itu saja, Youtap POS juga menyediakan berbagai macam fitur canggih untuk membantu mengelola usaha. Beberapa fiturnya seperti POS Kasir, E-menu, QRIS dan semua Cashless, Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Kalkulator Digital, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk. 

Selain itu, kamu juga dapat langsung untuk Mulai Usaha apapun dengan menggunakan aplikasi usaha Youtap yang memiliki berbagai macam solusi pengelolaan secara lengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga berbagai macam tips, promo, informasi, hingga event di halaman blog Youtap. 

Jadi, tunggu apalagi? Kini saatnya  untuk bergabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.

Banner Download Youtap POS

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang