Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
October 21, 2021

8 Cara Memulai Bisnis Online yang Tepat

Bagaimana cara memulai bisnis online yang tepat sasaran ditengah perkembangan teknologi yang saat pesat? Simak ini 8 caranya!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Di era teknologi yang semakin canggih, tentu membuat jualan online saat ini menjadi magnet pemikat sekaligus alternatif untuk sebagian orang mulai usaha mereka. Apalagi, ditambah dengan banyaknya marketplace online yang memudahkan banyak orang untuk memulai usaha tanpa memikirkan biaya sewa tempat atau kios di food court yang biasanya terbilang tinggi.

Membangun bisnis online menjadi hal yang sangat menguntungkan dan tepat untuk dilakukan di era digital seperti sekarang. Selain lebih mudah dilakukan, kamu dapat bekerja di mana saja dan kapanpun. Bagi kamu yang ingin mencobanya, berikut ini 8 cara memulai bisnis online yang tepat.

Baca Juga: 7 Jenis Usaha yang Cocok Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online yang Tepat

1. Ketahui dan Pahami Dahulu Produk atau Jasa yang Ingin Dijual

Cara memulai bisnis online yang pertama adalah dengan memahami barang atau produk yang akan dijual. Tak hanya sekadar paham produk secara keseluruhan tetapi kamu juga perlu mengetahui dengan detail. Cara yang pertama ini akan membantu kamu mengetahui kualitas produk yang dijual. Dan dengan begitu pun, kamu bisa tahu berapa harga beli dan jual yang pantas di pasaran.

kenali produk yang akan dijual
Gambar: Freepik/odua

Selain itu, pastikan produk atau jasa yang kamu jual sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Cara gratis yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui seberapa banyak orang yang mencari produk tersebut, sebaiknya gunakan Google Keyword Planner. Melalui tools atau alat tersebut kamu bisa melihat volume pencarian dari produk yang akan dijual. Apabila volume pencarian dari barang yang dijual cukup tinggi, maka persaingan di pasaran pun juga semakin meningkat.  Sebagai alternatif kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari varian lain yang unik dari barang tersebut. 

Baca Juga: 9 Kiat UMKM Sukses di Era Digital

2. Lakukan Riset Pasar dan Kompetitor

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar dan kompetitor yaitu mereka yang menjual produk sama secara online. Saat melakukan riset kompetitor ini, kamu harus mencari tahu produk atau jasa apa yang ditawarkan. Selain itu perhatikan juga penilaian serta ulasan dari masyarakat terhadap penawaran produk atau jasa dari toko tersebut. 

Riset Pasar dan Kompetitor
Ilustasi bisnis pemula melakukan riset pasar dan kompetitor online. (Gambar: Freepik/tirachardz)

Setelah melakukan riset kamu pasti akan mengetahui kelebihan dan kekurangan apa yang dimiliki oleh kompetitor. Dari poin ini kamu bisa memanfaatkan kesempatan untuk memaksimalkan penjualan produk dari bisnis milikmu. Jadi, tak hanya sekadar barang yang murah tetapi pastikan juga berkualitas baik agar mampu bersaing di pasaran. 

3. Pilih supplier yang Terpercaya

Cara memulai bisnis online selanjutnya dengan mencari supplier yang terpercaya untuk memenuhi stok usahamu. Jangan menutup kemungkinan untuk mencari supplier luar negeri. Memiliki supplier yang terpercaya juga akan membantu usaha milikmu bisa berjalan lancar saat mendapatkan banyak pesanan dari para pembeli. 

pilih suppliers terpercaya
Ilustrasi memilih supplier melalui belanja grosir online. (Gambar: Freepik/sunnygb5)

Kamu bisa memanfaatkan belanja grosir semua kebutuhan usahamu, di mana biasanya belanja secara grosir harganya jauh lebih terjangkau. Bahkan sekarang banyak situs-situs belanja grosir online yang bisa kamu manfaatkan untuk belanja semua kebutuhan operasional usahamu.

4. Buatlah Brand Bisnis yang Terpercaya 

Kamu bisa mulai membuat brand terpercaya dengan memberikan nama hingga logo. Pembuatan nama dan logo ini, dapat meningkatkan kepercayaan orang-orang atau membangung citra bisnis itu sendiri. Selain logo, bisa juga membuat struk penjualan atau nota penjualan yang lengkap sehingga customer akan bisa melihat setiap transaksi yang dilakukannya secara detail.

Baca Juga: 7 Strategi Penjualan Online Paling Efektif Meningkatkan Omzet

5. Pembuatan Website atau Media Sosial

Bagi kamu yang menjalankan bisnis online tentu harus mulai promosi melalui media sosial atau website. Tujuan dari pembuatan website atau media sosial ini selain sebagai media promosi juga untuk menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan. 

6. Lakukan Promosi secara Gratis hingga Berbayar

promo youtap
Program Subscribe dan Cashless Youtap

Sudah menjadi rahasia umum bahwa melakukan promosi melalui media sosial sangat efektif. Pasalnya keuntungan promo melalui media ini kamu bisa melakukan iklan secara gratis maupun berbayar. Namun, apabila ingin meningkatkan volume penjualan, tak ada salahnya untuk mencoba iklan  berbayar melalui beberapa platform karena jelas lebih efektif untuk mencapai target. Dapat dipastikan promosi atau pemasaran adalah salah satu bagian dari cara memulai bisnis online yang sangat utama.

Baca Juga: 6 Promosi Usaha yang Paling Efektif untuk Dilakukan

7. Kelola Pelanggan Setia yang Telah Menggunakan Produk Milikmu

Ketujuh, apabila kamu sudah mendapatkan pelanggan tetap, maka wajib untuk menjaga hubungan baik dengan mereka. Alasannya, karena promosi untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal dibandingkan menjaga atau mengelola hubungan dengan pelanggan setia.

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat masyarakat menjadi pelanggan setia dengan memberikan reward, seperti potongan harga atau bonus produk sebagai rasa terima kasih. Dan sistem ini pun terbilang cukup efektif untuk menghargai pelanggan. 

8. Memaksimalkan Penggunaan Aplikasi Usaha untuk Bantu Pengelolaan Lebih Mudah

Youtap POS

Kedelapan atau yang terakhir, memaksimalkan penggunaan sebuah aplikasi untuk pengelolaan lebih mudah. Seperti yang kita ketahui kemajuan teknologi saat ini menghadirkan berbagai macam aplikasi untuk membantu mengelola usaha. 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara memulai bisnis online yang tepat. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Di mana kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia. Pasalnya, dengan Youtap POS ini kamu akan mendapatkan berbagai macam fitur canggih yang dapat membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis. 

Tak hanya itu saja, Youtap POS juga menyediakan berbagai macam fitur canggih untuk membantu mengelola usaha. Beberapa fiturnya seperti POS Kasir, E-menu, QRIS dan semua Cashless, Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Kalkulator Digital, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk. 

Selain itu, kamu juga dapat langsung untuk Mulai Usaha apapun dengan menggunakan aplikasi usaha Youtap yang memiliki berbagai macam solusi pengelolaan secara lengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga berbagai macam tips bisnis, promo, informasi, hingga event di Blog Youtap

Jadi, tunggu apalagi? Kini saatnya  untuk bergabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama