February 27, 2022

Penting! 5 Keuntungan Membuat Promo Bagi Kesuksesan Usaha

Tak hanya sekadar meningkatkan penjualan produk, tetapi juga ada beberapa keuntungan membuat promo yang bisa berdampak besar untuk kemajuan bisnis usaha.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Promo bisa dikatakan sebagai salah satu strategi marketing yang penting dilakukan untuk membantu meningkatkan bisnis atau usaha. Hampir seluruh skala bisnis, baik UMKM, Menengah, bahkan bisnis dengan skala besar pun menerapkan strategi ini. Namun nyatanya tak hanya sekadar meningkatkan penjualan produk, tetapi juga ada beberapa keuntungan membuat promo yang bisa berdampak besar untuk kemajuan usaha. 

Keuntungan Promo sebagai Strategi Marketing

1. Meningkatkan loyalitas pelanggan 

Perlu kamu ketahui bahwa pada umumnya, pelanggan akan tertarik jika sebuah usaha menawarkan berbagai macam promo. Kemudian, promo yang lebih sering diperbarui secara berkala ternyata akan meningkatkan kesetiaan atau loyalitas pelanggan lama dan juga mampu menarik banyak pelanggan baru. 

2. Meningkatkan kesadaran merek di pasaran

Menawarkan berbagai macam promo untuk produk-produk usaha milikmu cenderung menciptakan kesadaran merek sehingga lebih dipertimbangkan oleh banyak pelanggan. Dengan membuat promo-promo tersebut akan meningkatkan daya beli pelanggan, sekaligus menaikkan jumlah pesanan secara berulang. Biasanya ketika pelanggan merasa cocok dengan produk yang telah dibeli, mereka percaya untuk memesan kembali.

Perlu diketahui sebuah promo ini tidak melulu harus potongan harga lho, melainkan bisa berupa kolaborasi bisnis. Kerjasama yang dilakukan bisa dengan berbagai macam pihak, seperti komunitas, brand atau merek usaha tertentu. Namun pastikan bahwa pihak yang akan kamu ajak kerjasama memiliki target pasar serupa, tujuannya untuk memperluas jangkauan usaha. 

Baca Juga: 7 Tips Sukses Bisnis untuk Anak Muda

3. Mampu menarik pelanggan baru

Tak hanya sekadar meningkatkan loyalitas pelanggan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keuntungan membuat promo juga bisa menarik pelanggan baru. Hampir semua calon pembeli pasti akan tertarik dengan tawaran diskon. Apabila pelanggan merasa diuntungkan, tentu mereka tidak ragu-ragu untuk membeli atau menggunakan barang karena ada dalam promo.

Tetapi sebelum melakukan promosi, sebaiknya tentukan target pasar terlebih dahulu. Kemudian, usahakan juga promosi yang dilakukan menggunakan bahasa yang tidak kaku sehingga bisa menarik perhatian dari semua kalangan muda maupun tua. 

Promo Sale
Ilustrasi strategi promo dengan mengadakan sale/diskon. (Gambar: Unsplash)

4. Menciptakan komunikasi yang baik dengan pelanggan

Dengan memberikan promosi pada usaha, kamu bisa membangun komunikasi dengan pelanggan. Tentu tidak hanya komunikasi dengan pelanggan lama, tetapi juga bisa menjangkau pelanggan baru secara lebih intens. 

Ketika melihat sebuah promo, selain produk ataupun jasa yangdiberikan umumnya calon pembeli atau pelanggan akan bertanya mengenai syarat dan ketentuan berlaku dari promo tersebut.  Dan saat mereka bertanya, bisa menjadi awal mula kamu membangun atau menciptakan komunikasi yang baik dengan pelanggan. 

Baca Juga: 5 Hal Penting Yang Harus Dikuasai Pengusaha UMKM

5. Membuat ciri khas yang membedakan dengan brand lain

Terakhir adalah membuat ciri khas usaha milikmu. Sehingga pelanggan bisa membedakan atau merasakan keunggulan usaha milikmu dengan kompetitor atau brand lain. Ketika kita memberikan promo, hal tersebut akan langsung membuat orang tertarik dengan  barang dagangan. Promo ini berlaku untuk barang atau produk lama maupun baru. 

Namun, pastikan juga bahwa kualitas produk yang kamu miliki terjamin. Jadi tidak hanya sekadar promo dengan harga murah, tetapi pelanggan bisa mendapatkan kualitas yang baik pula. 

Itulah beberapa keuntungan membuat promo yang menjadi faktor pendukung dalam kesuksesan sebuah bisnis ataupun usaha. Tidak hanya sekedar membantu untuk meningkatkan penjualan, dengan strategi promo juga mampu menarik pelanggan baru sehingga jangkauan target pasar bisa lebih luas lagi. 

Dan bagi kamu yang ingin Mulai Usaha sendiri, bisa langsung bergabung bersama dengan Youtap karena kami memiliki berbagai solusi usaha terpercaya dengan produk terlengkap yang sesuai dengan jenis usaha kamu. Hanya dengan satu aplikasi kamu bisa segera Mulai Usaha dan mengelolanya secara efektif dan efisien. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi usaha Youtap sekarang juga!

 

CTA Banner Artikel


AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama