October 18, 2021

7 Tips Sukses Bisnis untuk Anak Muda

Ini dia 7 tips sukses bisnis untuk anak muda agar usaha milikmu mampu bersaing di era teknologi seperti sekarang ini.

Dunia bisnis saat ini memang telah banyak didominasi oleh generasi milenial. Banyak dari mereka yang sukses memulai usaha dan mengembangkannya dengan mengimplementasi strategi digital marketing dan salah satu cara promosi dengan menggunakan berbagai platform media sosial. Bagi kamu yang ingin memulainya, berikut beberapa tips sukses bisnis untuk anak muda. Namun sebelum itu, perlu juga kamu ketahui bahwa untuk menjadi seorang pengusaha perlu persiapan yang cukup matang. Bila hal tersebut tidak dilakukan dengan benar, risiko kerugian yang didapat pun juga besar. 

Tips Sukses Bisnis untuk Anak Muda

1. Lakukan bisnis sesuai dengan hal yang kamu sukai

Ketika berbisnis, kamu harus memulai dengan hal-hal yang disukai tentu dengan begitu saat proses pengerjaannya pun akan sepenuh hati. Apabila dilakukan dengan rasa senang dan tekad yang kuat kemungkinan besar bisnis bisa menghasilkan keuntungan yang fantasti. Tak lupa juga harus diimbangi dengan sistem bisnis yang tepat, ya. 

Sebagai salah satu contoh, bagi kamu yang mencintai dunia musik, ada beberapa peluang bisnis yang bisa dilakukan. Misalnya membuka les privat seperti guru seni musik baik guru vokal atau mengajarkan alat musik lain. Tak hanya sekadar dalam bidang saja, kamu juga bisa menjual peralatan musik. Ketika menjalankan bisnis pada bidang yang kamu ketahui secara rinci, hal itu akan mempermudah proses pengembangannya. 

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis dari Nol

2. Pastikan untuk mempelajari ilmu bisnis dengan benar

Tak hanya bermodalkan uang dan ide yang cemerlang, menjalankan sebuah bisnis juga harus didasari pada ilmu atau teori yang matang. Jadi, pastikan kamu mempelajari atau memperdalam ilmu bisnis dengan benar. Sebagai pelaku bisnis tentu akan dihadapkan dengan berbagai tantangan, namun hal tersebut bukan menjadi sebuah beban atau ketakutan. Justru kamu harus siap menghadapinya dengan strategi-strategi yang telah dipersiapkan. 

3. Cobalah untuk mengembangkan jaringan bisnis

Memiliki jaringan bisnis yang luas juga menjadi salah satu faktor sukses sebuah bisnis. Untuk menambah jaringan bisnis ini, kamu sebagai generasi milenial bisa mengikuti sebuah komunitas. Cobalah untuk mengambil kesempatan bisnis dengan bergabung dengan komunitas-komunitas tersebut. Selain bisa memberikan ilmu atau sudut pandang baru, besar kemungkinan juga ada kemajuan bisnis karena semakin dikenal. 

4. Fokuskan pada satu bisnis 

Sangat disarankan untuk fokus pada satu bidang terlebih dahulu ketika baru mulai berbisnis. Hal ini karena ketika menjalankan bisnis kamu membutuhkan tenaga dan pikiran sepenuhnya. Selain itu, kamu harus mengetahui dan menyusun strategi-strategi jitu untuk mengembangkannya. Namun, apabila banyak cabang dan tak ada yang fokus tentu bisa membuat kamu rugi dan menimbulkan bisnis tak berjalan dengan baik.

Baca Juga: 7 Jenis Usaha yang Cocok Untuk Pemula

5. Pastikan memilih lokasi bisnis yang strategis

Dalam berbisnis kamu juga harus mengetahui target pasar yang ingin dituju. Hal itu pun juga harus disesuaikan dengan lokasi bisnis apabila kamu ingin membuka sebuah toko.  Menyesuaikan jenis usaha dengan lokasi bisnis sangat berpengaruh besar. Kamu harus mengetahui apa yang paling dibutuhkan oleh orang-orang yang berada disekitar toko. Namun, jika kamu sudah lebih dulu memiliki usaha online, dan ingin memiliki sebuah toko pilihlah lokasi yang strategis. 

6. Lakukan promosi online dan offline

Agar bisnis semakin berkembang dan dikenal banyak orang tentunya harus melakukan promosi yang tepat. Semakin canggihnya dunia teknologi saat ini, kamu bisa melakukan promosi secara gratis maupun berbayar melalui media sosial.  Lalu, untuk promosi secara offline bisa dengan membuat kartu nama atau spanduk dan banner yang dipasang di tempat lokasi bisnis. Walaupun media promosi seperti ini lebih banyak membutuhkan biaya dan kurang praktis, tetapi masih dianggap efektif. 

Baca Juga: Tips Pengelolaan Bisnis Agar Untung Besar

7. Mampu mengelola keuangan

Tips sukses bisnis untuk anak muda yang terakhir, yaitu pastikan kamu mengelola keuangan dengan baik. 

Kamu harus memiliki laporan penjualan atau pembukuan keuangan yang rinci dan tepat. Hal ini wajib dilakukan tentunya untuk menghindari terjadinya kerugian di awal-awal membuka bisnis. Ada baiknya bila keuntungan di awal jangan dulu diambil untuk kepentingan pribadi. Tetapi bisa disimpan untuk menambah modal dan mengembangkan bisnis yang kamu kelola.

Agar laporan penjualan bisa dilakukan secara cepat dan tepat, kamu bisa menggunakan aplikasi usaha Youtap. Di mana proses pencatatan transaksi bisa dilakukan dengan mudah. Jadi kamu tak perlu lagi mencatatnya secara manual yang tentu akan menghabiskan waktu lebih lama. Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi usaha Youtap di sini yang bisa menjadi solusi bisnis dan perusahaan paling tepat hanya untuk kamu.

CTA Banner Artikel
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang