October 30, 2021

7 Cara Memulai Bisnis dari Nol

Bingung bagaimana cara memulai bisnis dari nol? Simak 7 cara memulai bisnis dari nol sampai menjadi pengusaha sukses!

Kebebasan waktu dan finansial adalah dua alasan umum mengapa orang ingin terjun ke dunia bisnis. Namun bagaimana cara memulai bisnis dari nol, hanya sedikit saja orang yang paham.  

Motivasi untuk menghasilkan uang lebih banyak dari yang didapat pada saat ini menyebabkan sebagian karyawan atau pekerja kantoran mempertimbangkan untuk terjun ke dunia bisnis. Berbagai peluang bisnis dipelajari dari  webinar, podcast, talkshow, konten tutorial bisnis, hingga percakapan virtual di grup-grup WhatsApp dan Telegram. Pada umumnya, banyak orang membutuhkan saran dan motivasi tentang cara memulai bisnis dari nol.

Dari berbagai literasi dan pengalaman yang ada, sejatinya cara memulai bisnis dari nol bukanlah berarti menjalankan usaha tanpa modal sama sekali. Namun, pengertiannya lebih kepada membangun bisnis dari awal, dari titik nol, menuju ke titik tujuan tertentu. 

Oleh karena itu, memulai bisnis dari nol tetap membutuhkan modal, perencanaan, dan tujuan. Apa saja yang Anda miliki saat ini adalah modal dalam memulai bisnis dari nol. Otak, skill, ilmu, rumah, kendaraan, semangat adalah modal Anda. 


Baca Juga: Strategi Sukses UMKM Melek Digital dalam Era New Normal

Bisnis Ibarat suatu Perjalanan Jauh 

Sebuah bisnis ibarat suatu perjalanan jauh ke depan. Bisnis menyimpan misteri,  karena Anda akan melewati jalan yang belum pernah Anda lalui untuk mencapai suatu titik tujuan. Peta jalan menjadi sangat penting dan diperlukan, agar Anda tidak nyasar. 

Tak jarang, nantinya di tengah perjalanan Anda akan mendapat berbagai masalah. Nah, keberhasilan bisnis dari nol yang Anda bangun akan sangat tergantung dari kemampuan menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul setiap hari.  

Bagaimana mengatasi kendala dan tantangan dalam memulai bisnis dari nol? Berikut ini tujuh tips cara memulai bisnis dari nol yang bisa Anda gunakan untuk mengawali perjalanan bisnis Anda.  

1. Menentukan ide bisnis, mengamati masalah orang lain

Menentukan ide bisnis adalah langkah pertama dalam memulai bisnis dari nol. Ide bisnis tercetus dari berbagai masalah yang dialami oleh banyak orang. Masalah tersebut kemudian menjadi peluang bisnis. Misalnya masalah jerawat pada remaja, memunculkan beberapa peluang bisnis seperti pemasaran produk skincare, masker herbal, obat jerawat, dan sebagainya. 


Menentukan ide bisnis
Gambar: Freepik

Sebagai pelaku bisnis yang akan memulai bisnis dari nol,  Anda perlu menemukan solusi atas permasalahan orang lain di sekitar Anda. Dari sanalah ide bisnis akan muncul. Anda perlu mencari ide bisnis dengan lebih banyak memperhatikan masalah orang lain dan menemukan ide cemerlang untuk mengatasi masalah tersebut. Itulah hakikatnya bisnis. Berbagai produk dan jasa yang tercipta, bermula dari pengamatan terhadap masalah orang lain. 

2. Membuat perencanaan bisnis ( business plan

Membuat perencanaan bisnis
Gambar: Freepik

Ide bisnis dapat menguap dari pikiran lalu dilupakan begitu saja, jika tidak dituangkan ke dalam rencana bisnis. Inilah yang membedakan antara pebisnis dengan pengkhayal. Jika Anda ingin menjadi pebisnis yang melakukan cara memulai bisnis dari nol, maka tulislah rencana bisnis Anda secara rinci. 

Rencana bisnis sebaiknya  memuat, antara lain:

Rencana bisnis ini ibaratnya peta jalan untuk memandu Anda sampai ke tempat tujuan. Tanpa peta jalan, kemungkinan Anda akan tersesat. Walaupun akhirnya sampai ke tempat tujuan, namun butuh waktu lebih lama. Jadi, buatlah rencana bisnis yang detail. 

3. Menyiapkan modal finansial dan mental

Modal berupa uang tunai jelas diperlukan dalam memulai bisnis dari nol. Uang tunai inilah yang akan Anda belanjakan untuk sewa tempat usaha, bayar gaji karyawan, biaya bahan baku, promosi, transportasi, dan lain-lain. 

Menyiapkan modal finansial
Gambar: Freepik

Namun modal mental juga penting disiapkan. Pasalnya, tidak ada satu bisnis pun yang berjalan tanpa hambatan atau masalah. Berbagai masalah akan muncul setiap hari dalam perjalanan Anda membangun bisnis dari nol. Dengan modal mental yang kuat, Anda bakal kuat menghadapinya.  Sebaliknya, jika mental Anda rapuh bisnis bisa berhenti. Pasalnya, tim kerja yang ada di bawah kendali Anda juga akan menjadi rapuh karena terpengaruh oleh Anda. 


Baca Juga: 4 Usaha Modal Kecil yang Layak Kamu Coba Saat Pandemi


4. Membentuk tim kerja yang solid

Dalam cara memulai bisnis dari nol dibutuhkan pula sebuah tim kerja yang solid dan terpercaya. Anda tidak mungkin melakukan semua kegiatan usaha sendirian. Sekurang-kurangnya ada satu orang asisten yang ikut membantu kegiatan bisnis Anda.  Pilihlah tenaga kerja yang berkualitas yang bukan hanya menggunakan tenaganya tetapi juga pemikiran atau ide-idenya dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Membentuk tim kerja yang solid
Gambar: Freepik

Tim kerja yang solid dapat terbentuk jika memiliki tujuan bersama. Pembagian tugas dan tanggung jawab juga harus jelas. Dan yang terpenting adalah setiap pekerjaan harus bisa dikerjakan secara efisien, dari segi biaya maupun waktu.  Selain itu, ciptakan kebersamaan di dalam tim kerja Anda. 

5. Tentukan waktu yang tepat untuk mulai launching bisnis

Penentuan waktu tentunya menjadi sangat penting dalam peluncuran atau launching produk atau jasa yang akan Anda pasarkan kepada konsumen. Berbagai faktor penting yang biasanya menjadi pertimbangan dalam menentukan waktu launching produk baru adalah : 

6. Melakukan promosi 

Di tengah ketatnya kompetisi bisnis, promosi merupakan senjata bagi para pebisnis untuk memenangkan persaingan. Sebagus apapun produk dan jasa yang Anda ciptakan, bila tak dipromosikan maka peluangnya untuk dibeli orang sangat kecil. Oleh karena itu, salah satu cara memulai bisnis dari nol adalah melakukan promosi secara efektif. Anda bisa lakukan melalui media sosial. Buatlah konten promosi yang menarik perhatian banyak orang lalu share di Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Youtube. Pilih media sosial yang sesuai dengan target market Anda. 

Promo Youtap, UNTUNGNOV


Promosi juga bisa dilakukan dalam kegiatan atau event tertentu yang dihadiri oleh banyak orang atau orang-orang yang merupakan target market Anda. Misalnya, acara arisan, kumpul keluarga, kerumunan orang di pasar, dan sebagainya. Pada setiap momen, sebagai pelaku bisnis yang tengah memulai bisnis dari nol, Anda tak boleh berhenti berpromosi. Semakin sering berpromosi maka semakin besar peluang untuk dapat memasarkan produk dan jasa yang Anda jual. 

7. Inovasi dan jangan berhenti untuk belajar  

Inovasi
Gambar: Freepik

Selanjutnya yang tak kalah penting dalam cara memulai bisnis dari nol adalah untuk selalu  melakukan inovasi. Inovasi dapat terjadi apabila Anda memiliki ilmu dan pengetahuan. Oleh karenanya, Anda tidak boleh berhenti mempelajari berbagai pengetahuan baru yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda. 

Salah satu contoh inovasi tersebut adalah penggunaan aplikasi usaha dalam sistem pengelolaan bisnis Anda. Anda bisa gunakan Youtap dan menjadi Teman Youtap agar dapat mengelola laporan penjualan, program kasir,  transaksi non tunai, QRIS, cetak struk dan sebagainya. Youtap hadir di bisnis yang Anda mulai dari nol untuk membantu dan memberdayakan, sehingga Anda dapat pencapaian yang terbaik. 

CTA Banner Download


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang