October 15, 2021

7 Peluang Usaha Rumahan yang Paling Menguntungkan

Tidak selalu bermodalkan banyak uang, kini ada juga beberapa peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Apa saja, ya?

Ketika berbicara peluang usaha, hal pertama yang menjadi fokus banyak orang adalah modal. Hal ini yang menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang akhirnya tidak memutuskan mulai usaha. Namun, tanpa kamu sadari ternyata ada juga beberapa peluang usaha yang memiliki modal kecil namun bisa mendatangkan banyak keuntungan. Ya, peluang usaha rumahan bisa menjadi langkah awal bagi kamu yang ingin berbisnis. 

Tak hanya sekadar modal yang dibutuhkan untuk membuka peluang usaha rumahan, tetapi faktor atau keahlian yang kamu untuk mengelola usaha tersebut sangatlah penting. Dan berikut beberapa contoh peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Apa saja ya? 

Peluang Usaha Rumahan yang Paling Menguntungkan 

1. Penjahit

Penjahit

Bagi kamu yang memiliki keahlian menjahit pakaian, membuka bisnis jasa jahit di rumah bisa sangat menguntungkan. Peluang usaha rumahan yang satu ini akan semakin bagus jika kamu tidak memiliki kompetitor di lingkungan yang sama. Jasa penjahit ini selalu dicari orang karena ukuran baju yang ada di toko sering kali tidak pas dengan badan setiap orang.

Baca Juga: 4 Usaha Modal Kecil yang Layak Kamu Coba Saat Pandemi

2. Usaha Katering

Peluang usaha katering ini bisa jadi pilihan tepat. Seperti yang kita tahu bahwa kesibukan bekerja terkadang membuat sebagian orang makan tidak teratur. Kebiasaan itu timbul akibat para pekerja jarang memiliki waktu luang untuk memasak makanan saat di pagi hari. Dan alternatifnya, cenderung memilih untuk memesan katering karena harga terjangkau dan lebih praktis. 

Usaha Katering

Cobalah untuk membuka usaha katering harian. Target pasar peluang usaha yang satu ini adalah para pekerja serta mahasiswa. Usaha katering sangat cocok untuk kamu yang memiliki keahlian memasak. Kamu bisa membuat deretan menu-menu makanan sehat dan lezat. Pastikan kamu membuat menu yang beragam ya, tujuannya agar konsumen tidak bosan dengan makanan yang disajikan. Usaha katering ini juga bisa dipromosikan melalui media sosial atau dari mulut ke mulut. 

3. Toko Kelontong

Peluang usaha rumahan selanjutnya, membuka toko kelontong. Apabila kamu menjalankan usaha yang satu ini, tentu pekerjaan rumah tidak akan terganggu sekaligus menjaga toko. Kamu pun tidak membutuhkan tempat khusus untuk membuka toko. Cukup memanfaatkan area depan rumah saja. Dengan cara itu, modal yang dibutuhkan pun juga tidak begitu besar. 

Ilustrasi Toko Kelontong. (Gambar: Freepik/@prosstoleh)

Langkah awal yang bisa kamu lakukan ketika ingin membuka usaha toko kelontong adalah menyediakan bahan pokok sebagai produk jualan nanti. Stok barang untuk toko bisa kamu sediakan secara perlahan mengikuti kebutuhan masyarakat di sekitar. Pada pelaksanaannya, kamu juga bisa membuat pembukuan atau pencatatan transaksi menggunakan aplikasi usaha Youtap. 

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis dari Nol

4. Kerajinan Tangan 

Selanjutnya, bagi kamu yang memiliki keterampilan dalam kerajinan tangan, ini bisa menjadi peluang usaha rumahan dengan modal kecil. Tentu ada banyak sekali usaha kerajinan tangan yang bisa kamu pilih seperti, membuat boneka rajut, membuat buket bunga, hingga membuat tas dari bahan bekas. Pastikan juga produk kerajinan tangan yang kamu jual memiliki keunikan tersendiri serta berkualitas, hal ini agar daya tarik masyarakat untuk membeli barang dagangan milikmu semakin meningkat.

Usaha Kerajinan Tangan
Usaha Kerajinan Tangan. (Gambar: Freepik/@drobotdean)

Cara untuk mempromosikan usaha ini, juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan berbagai macam tools atau alat gratis melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan Twitter.  

5. Bisnis Dropship

Bisnis Dropship
Gambar: Freepik/@jcomp

Salah satu usaha rumahan yang saat ini banyak diminati orang adalah bisnis dropship. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, bisnis dropship mudah untuk dilakukan kapanpun dan di mana pun. Bisnis dropship dilakukan dengan cara menjual produk orang lain tanpa memiliki stok barang terlebih dahulu. Jadi secara singkatnya, kamu hanya perlu bertindak sebagai perantara saja dalam usaha ini. Setelah kamu mendapatkan order atau pesanan, kamu bisa memesan barang dengan supplier

6. Usaha Frozen Food

Gambar: Freepik/@yuliyafurman

Makanan-makanan frozen food memang paling banyak diminati oleh kalangan ibu-ibu. Alasannya pasti karena praktis dan hemat sehingga tidak perlu lagi keluar rumah.  Jenis frozen food sendiri memiliki banyak sekali pilihan seperti nugget, sosis, bakso, siomay, risol, kebab, hingga empek-empek. Dari berbagai jenis frozen food pilihlah yang paling banyak dibutuhkan oleh banyak orang serta rasa yang lezat. 

Baca Juga: 7 Ide Jualan Online Modal Kecil Menguntungkan

7. Menawarkan Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis
Jasa atau Freelancer Desain Grafis. (Gambar: Freepik/@DC Studio)

Peluang usaha rumahan yang terakhir adalah membuka jasa desain grafis. Kamu yang memiliki keterampilan dan skill desain tak ada salahnya untuk mencoba usaha yang satu ini. Promosikan jasa di media sosial atau di beberapa situs pekerja lepas. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa coba membuka jasa mendesain kaos, desain logo, hingga beberapa ide desain lainnya sesuai dengan permintaan pelanggan. 

Itulah beberapa peluang usaha rumahan yang paling menjanjikan. Selain tak membutuhkan modal besar, kamu juga bisa lakukan dimanapun dan kapanpun atau dengan kata lain bisa lebih fleksibel. Kini, ada solusi digital terbaik untuk membantu dalam pengelolaan bisnis, baik UMKM hingga bisnis dengan skala besar hanya dengan download aplikasi usaha Youtap di sini.

Banner Download Aplikasi Usaha Youtap


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang