September 29, 2021

7 Tips Jitu Memulai Usaha Toko Kelontong

Usaha toko kelontong identik dengan harga barang yang lebih murah, warung non AC (pendingin udara), lantai kotor, pembukuan dengan sistem manual, tidak diterima

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Usaha toko kelontong identik dengan harga barang yang lebih murah, warung non AC (pendingin udara), lantai kotor, pembukuan dengan sistem manual, tidak menerima pembayaran non tunai, dan kadang masih bisa diutangin. Ingin tahu gimana toko kelontong bisa menerima pembayaran non tunai dan pembukuan usaha dikerjakan secara modern? Ini dia 7 tips jitu memulai usaha toko kelontong yang tak kalah keren sistemnya dengan toko swalayan. 


Perkembangan teknologi digital telah membuat kita melakukan digitalisasi di segala bidang. Tak terkecuali, digitalisasi juga berlangsung dalam bidang usaha toko kelontong. Kini tak asing lagi melihat alat scanner barcode digunakan untuk melakukan transaksi penjualan di toko kelontong. Tablet, PC,  dan aplikasi program kasir, misalnya, kini mulai menggantikan cara-cara manual yang biasanya cuma mengandalkan peralatan berupa kalkulator dan mesin cash register, dalam perdagangan  di toko atau warung kelontong. 


Jika Anda ingin memulai usaha toko kelontong, lupakan cara-cara manual yang boros waktu, tenaga, dan pikiran. Gunakan cara-cara baru yang berbasis pada teknologi digital, agar usaha toko kelontong Anda lebih cepat berkembang. 


Apa saja yang harus diperhatikan saat memulai usaha toko kelontong, berikut adalah 7 tips jitu yang dapat diterapkan dalam memulai usaha toko kelontong.


1. Lokasi Usaha Toko Kelontong yang Strategis


Lokasi merupakan faktor paling penting untuk sukses memulai toko kelontong. Pilihlah lokasi yang strategis. Beberapa pertimbangan dalam memilih lokasi yang strategis, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Lokasi yang mudah terlihat orang banyak, seperti di pinggir jalan boulevard atau jalan utama di komplek perumahan.
  • Di dalam area permukiman padat penduduk. 
  • Lokasi yang sering dikunjungi banyak orang, seperti pasar, dekat bangunan tempat ibadah, dan gedung sekolah. 
  • Lokasi yang memiliki lahan parkir, dimana konsumen yang membawa kendaraan bermotor akan merasa aman dalam memarkir kendaraannya.
  • Lokasi yang bebas banjir. Musim hujan kerap menimbulkan banjir yang dapat merusak stok barang dalam usaha toko kelontong Anda. Jadi cek terlebih dahulu, apakah toko kelontong Anda berada di area bebas banjir atau tidak.
  • Berjarak cukup jauh dengan toko swalayan atau minimarket.

Jika beberapa poin di atas terpenuhi, maka jangan ragu untuk memulai usaha toko kelontong Anda. 

Baca Juga : Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil Untung Besar

2. Inovasi Teknologi Digital 


Waktu yang tercurah dalam mengelola usaha toko kelontong kini bisa dipangkas dengan mengaplikasi teknologi digital. Berbagai inovasi yang dikembangkan oleh para ahli teknologi digital, dapat dimanfaatkan untuk mengelola usaha apapun, termasuk usaha toko kelontong. 


Lakukan inovasi teknologi digital agar usaha toko kelontong Anda dapat menerima transaksi pembayaran non tunai. Aplikasi yang memiliki fitur pembayaran QRIS (Quick Response Indonesia Standard) dan semua transaksi non tunai (cashless) yang dikembangkan oleh  Youtap dapat menjadi pilihan untuk memulai usaha toko kelontong Anda. 


Pilihan satu aplikasi untuk semua kegiatan usaha toko kelontong merupakan langkah cerdas. Anda tak perlu menggunakan bermacam-macam aplikasi hingga membuat Anda kerepotan sendiri. Cukup gunakan satu aplikasi yang memiliki fitur lengkap. 


Fitur-fitur aplikasi kelola usaha toko kelontong dapat membantu Anda untuk:  

  • Mencatat  stok barang keluar-masuk secara akurat dan cepat. 
  • Membantu kasir dalam menyelesaikan transaksi di toko melalui program kasir yang terintegrasi, mencetak struk belanja, melayani transaksi non tunai (cashless). 
  • Mengevaluasi produk yang banyak dibeli konsumen.
  • Memiliki data pelanggan, sehingga anda dapat mengetahui dan memberikan pelayanan kepada pelanggan yang loyal di toko kelentong Anda.
  • Memantau dari jarak jauh perkembangan usaha, dapat melihat secara real time transaksi usaha toko kelontong. 


3. Survei Kebutuhan Konsumen


Perputaran barang sangat penting dalam usaha toko kelontong. Barang yang terlalu lama tersimpan di gudang stok penyimpanan barang bisa saja rusak sehingga pembeli enggan membelinya. Agar tidak terjadi demikian, maka sebelum menyetok barang berlebihan adalah penting untuk mengetahui apa saja barang yang dibutuhkan oleh konsumen Anda.  

Baca Juga : 5 Tips Sukses Memulai Usaha Rumahan

Hal itu dapat dilakukan melalui survei kebutuhan konsumen. Anda bisa melihat barang-barang yang ada di toko-toko dan warung di sekitar usaha toko kelontong Anda, mana yang cepat habis dan mana yang bertumpuk lama di toko. Dalam survei ini juga dapat dicari tahu siapa pesaing dari usaha toko kelontong anda. Selain itu dalam survei kebutuhan konsumen juga dapat diketahui bagaimana para pesaing menetapkan harga jual sembako dan  barang-barang lainnya yang banyak diminati konsumen. 


4. Modal Usaha

 

Usaha toko kelontong jelas membutuhkan modal usaha. Karena barang-barang yang Anda pasarkan biasanya harus dibeli secara tunai dari agen penjualnya. Kecuali Anda membeli dalam partai besar, mungkin ada keringanan dalam cara pembayarannya. Oleh karena itu, cermatlah dalam mengelola modal usaha yang ada. 

 

Di awal memulai usaha, jangan sampai Anda terbebani oleh bunga pinjaman dana dari bank. Apalagi perputaran barang, jumlah pelanggan, masih belum jelas.  Jadi sumber permodalan dalam memulai usaha toko kelontong sebaiknya berasal dari dana tabungan sendiri. 

 

5. Mencari Agen Penjual Barang yang Murah

 

Menjamurnya usaha toko kelontong, mini market, toko swalayan, membuat persaingan menjadi semakin ketat. Sehingga kualitas barang dan harga jual harus benar-benar diperhatikan oleh pelaku usaha ini. Untuk dapat memberikan harga jual yang terbaik dari setiap item barang yang dijual, maka Anda harus pintar mencari penyedia barang bahan baku yang paling murah. Tanpa mendapat harga beli yang murah maka usaha toko kelontong Anda akan sulit untuk bersaing memberikan harga terbaik. 

 

6. Mengatur Barang yang Menarik Pengunjung Toko


Konsumen datang ke toko terkadang karena terpikat barang-barang yang terpajang di depan toko. Oleh karena itu penataan barang di dalam memulai usaha toko kelontong janganlah diabaikan. Mungkin anda bisa amati dan tiru bagaimana  penataan barang atau display barang pada minimarket atau toko swalayan yang modern. 


Penataan letak barang berdasarkan kategori fungsinya akan memudahkan pengunjung menemukan barang yang dicarinya. Misalnya, kategori deterjen, sabun mandi, jangan dicampur dengan barang-barang dalam kategori makanan.  


Pencantuman harga barang-barang tertentu menggunakan huruf besar, sehingga mudah terlihat orang, juga akan  menarik perhatian pengunjung datang ke toko Anda. 


Tak kalah pentingnya adalah jangan menjual barang yang sudah lewat tanggal kadaluarsanya, karena hal ini dapat membuat konsumen pergi dan tak akan kembali ke toko Anda. 

Baca Juga : 4 Jenis Alat Pembayaran Non Tunai untuk UMKM

7. Memberikan Pelayanan yang Baik

 

Mendapatkan pelayanan yang ramah dan tulus merupakan salah satu alasan konsumen datang kembali ke toko kelontong. Keramahan dalam pelayanan ini merupakan salah satu faktor kesuksesan dalam memulai toko kelontong. 

 

Demikianlah 7 tips jitu memulai usaha toko kelontong yang dapat Anda pergunakan. Dan jangan lupa, perlu sistem pembukuan yang baik dalam mengelola usaha toko kelontong. Pembukuan transaksi penjualan barang setiap hari, jumlah stok barang, harga beli barang, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan usaha toko kelontong dapat Anda lakukan secara digital menggunakan aplikasi usaha. 

 

Youtap dapat membantu untuk memulai usaha toko kelontong Anda dengan berbagai fitur solusi dalam satu aplikasi saja. Unduh segera  aplikasi Youtap dan lakukan registrasi cuma semenit saja!  


Kelebihan menggunakan Youtap yang bisa diunduh langsung di PlayStore dan AppStore ini bagi pengusaha, selain memudahkan pembayaran dengan QRIS, transaksi juga tercatat otomatis, data penjualan bisa dianalisis untuk menentukan strategi penjualan berikutnya. Jadi gunakan Youtap ya supaya pembayaran lancar dan bisnis juga lancar.


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama