September 29, 2021

5 Tips Sukses Memulai Usaha Rumahan

Usaha rumahan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Selain menghasilkan uang, juga memberikan waktu yang berharga untuk sang buah hati di rumah.

Usaha rumahan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Selain menghasilkan uang, juga memberikan waktu yang berharga untuk sang buah hati di rumah. Bekerja dari rumah dengan membuka usaha rumahan telah menjadi sebuah lifestyle. Bagaimana memulai usaha rumahan? Berikut 5 tips sukses memulai usaha rumahan yang perlu Anda ketahui.   


Usaha rumahan atau home business biasanya dimulai dari skala kecil, coba-coba, usaha sampingan atau tambahan untuk menunjang penghasilan dari pekerjaan di luar rumah. Kemudian setelah produk atau jasa yang dijual semakin laris, barulah usaha rumahan ini dipertimbangkan menjadi bisnis utama yang dikelola secara profesional.  


Namun ada pula pelaku usaha rumahan yang memang sejak awal telah menetapkan bahwa profesi utama yang digelutinya adalah membangun usaha milik sendiri. Usaha pribadi bisa dimulai dari dapur rumah, garasi, teras, ruang tamu, atau ruangan di rumah yang khusus didedikasikan untuk tempat usaha. 


Apapun motivasinya, usaha rumahan dapat membuat Anda tetap dekat dengan keluarga meskipun sedang sibuk mengurusi usaha. Anda bisa dapat uang sekaligus juga waktu yang berharga untuk keluarga, terutama bagi pasangan muda yang baru memiliki buah hati.  


Nah, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk merintis usaha rumahan, berikut ini 5 tips sukses untuk memulai usaha rumahan yang kami rangkum dari berbagai sumber. 


1. Memilih Bidang Usaha Sesuai  Passion


Para pelaku usaha rumahan yang sukses selalu mempertimbangkan beberapa alasan sebelum menjatuhkan pilihan pada bidang usaha tertentu. Salah satu alasan yang paling sering dijadikan pertimbangan penting adalah passion.  


Setiap orang punya passion yang berbeda. Passion adalah gairah besar, semangat, spirit yang dapat menggerakkan seseorang secara sadar, meski sejuta kendala menghadang, untuk melakukan sesuatu. Orang yang memiliki passion di bidang seni akan lebih bersemangat untuk melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesenian. Misalnya, mendengarkan genre musik tertentu,  melukis, menonton film, pertunjukan teater, mengoleksi benda-benda bernilai seni, dan sebagainya. 


Sementara orang yang punya passion di bidang kuliner akan lebih mudah tergerak untuk memasak, mencoba resep menu-menu baru, mendatangi kafe atau restoran, mencari bahan-bahan makanan yang segar ke pasar-pasar, dan sebagainya. 


Nah, sebaiknya pilihlah bidang usaha yang sesuai dengan passion pada saat Anda merintis usaha rumahan.  


2. Perhitungkan Modal Usaha


Berapa modal yang perlu Anda siapkan untuk memulai usaha rumahan? Jawabannya tergantung dari Anda sendiri. Mungkin Anda mau memulai usaha dengan modal di bawah Rp1 juta, Rp5 juta, Rp10 juta, Rp 50 juta ? 

  

Modal usaha harus diperhitungkan sejak dalam perencanaan merancang usaha. Dengan demikian Anda dapat memperkirakan skala usaha, perputaran uang, lama waktu untuk balik modal, dan mengevaluasi perkembangan usaha Anda. Gunakan modal berupa uang dengan seoptimal mungkin. Bila misalnya bisa mempergunakan barang-barang yang ada di rumah, maka jangan terburu-buru membeli barang yang sama.  


3. Tentukan Keunikan Produk


Dalam setiap produk barang dan jasa yang diperjualbelikan saat ini, seringkali kita menemukan kesamaan satu satu sama lainnya. Hal ini membuat kita pasti bingung untuk memilih yang mana. Sebagai seorang pelaku usaha rumahan, Anda jangan membuat bingung calon pembeli. Oleh karena itu, produk yang Anda tawarkan harus memiliki keunikan. Jika ada sejumlah barang yang sama, pada umumnya orang akan memilih yang  terunik diantaranya. Keunikan bisa dihasilkan dari nilai suatu barang. Jadi buatlah keunikan pada produk usaha rumahan Anda. 


4. Lakukan Promosi


Di tengah persaingan usaha yang kian ketat, produk usaha rumahan Anda harus lebih sering dipromosikan agar dapat menarik perhatian para calon pembeli. Promosi dari mulut ke mulut merupakan salah satu teknik yang sering digunakan oleh para pelaku usaha rumahan. Anda bisa gunakan acara arisan keluarga, pertemuan kelompok, reuni sebagai sarana promosi. Selain itu bisa juga gunakan sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter untuk mempromosikan produk usaha rumahan Anda. Buatlah foto-foto, video, story, konten yang menarik untuk mempromosikan produk. Lakukan terus secara rutin. Sebarkan konten promosi produk Anda pada waktu yang tepat, waktu dimana calon pembeli biasanya sedang main hp atau gadget.   


5. Berikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen  


Pengalaman konsumen dalam berbelanja, menggunakan produk, dan pengiriman barang, akan menjadi alasan mereka untuk melakukan repeat order untuk pesanan berikutnya. Pembeli adalah raja. Jika mereka kecewa dengan pelayanan Anda, kemungkinan besar mereka bakal berhenti memesan atau membeli dari Anda. Oleh karena itu, berikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen. Ini merupakan tips yang sangat penting diperhatikan bagi setiap usaha rumahan, baik yang baru merintis usaha maupun yang sudah berkembang. Pelayanan terbaik yang diterima oleh konsumen bakal menjadi bahan promosi gratis bagi produk usaha Anda. Sebab, konsumen akan menceritakan  pengalamannya itu kepada pasangan, keluarga, teman, dan lain-lain.  


Pelajari Aplikasi Usaha 


Selain lima tips di atas, kunci kesuksesan dalam membangun usaha rumahan adalah menjadi seorang fast learner atau pembelajar cepat yang mau mempelajari berbagai hal baru. Jangan malas untuk belajar, jika hal itu dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu kemajuan usaha rumahan Anda. 


Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pelajari dalam membangun usaha rumahan.

  1. Aplikasi Usaha untuk mengelola  usaha agar lebih mudah dan tampak keren. Misalnya, dengan berbagai fitur seperti fitur kasir, kalkulator digital, riwayat transaksi, cetak struk, transaksi pembayaran QRIS dan non tunai. 
  2. Aplikasi POS atau Poin of Sales untuk dapat melayani pembayaran non tunai, cashless, laporan penjualan, penyesuaian harga pajak, dan sebagainya. 
  3. Cara melakukan analisa penjualan produk, mulai dari laporan transaksi pembayaran, laporan penjualan, grafik, dan sebagainya, yang berbasis website. 
  4. Cara membuat berbagai konten promo, program loyalti, dan berbagai teknik untuk membuat pelanggan Anda loyal. 

 

Bangun Usaha Rumahan dengan Youtap


Hal-hal yang mungkin baru pertama kali Anda dengar dan membuat sedikit pusing itu, sebetulnya akan mudah Anda kuasai. Caranya dengan bergabung dengan para pakar solusi usaha yang ada di dalam aplikasi Youtap. 


Youtap mengembangkan berbagai solusi yang dapat digunakan untuk mengelola usaha. Baik usaha rumahan maupun usaha dalam skala besar. Anda bisa lakukan pendaftaran pada fitur Registrasi Instan di Youtap. Tinggal download aplikasinya lalu hanya perlu waktu satu menit untuk melakukan pendaftaran agar akun Youtap Anda siap untuk bantu kelola usaha menjadi langsung mantap.   


Tentunya penggunaan aplikasi Youtap  dalam usaha rumahan ini agar penjualan Anda semakin meningkat, sehingga bisnis akan berkembang positif. Anda bisa pergunakan Fitur Akun Basic Teman Youtap, dimana selain Registrasi Instan juga tersedia Fitur Kasir, Kalkulator Digital, Pembayaran Tunai, dan Riwayat Transaksi. Fitur-fitur ini akan sangat membantu dalam mencatat setiap transaksi usaha rumahan Anda. 


Selain Fitur Akun Basic, untuk skala bisnis yang lebih besar Youtap merancang paket Do More dimana di dalamnya terdapat fitur Aplikasi Usaha, Tablet Usaha, Portal Usaha, dan SNAP by Youtap. Anda bisa meng-upgrade akun Youtap untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang