October 30, 2021

7 Ide Jualan Online Modal Kecil Menguntungkan

Ide jualan online yang dapat dilakukan dengan modal kecil namun memiliki peluang keuntungan yang cukup besar adalah dengan memasarkan produk-produk berikut ini.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Memulai jualan online tidak selalu membutuhkan modal besar. Faktor lain seperti cara memasarkan, kerapihan dan kecepatan pengiriman pesanan juga menentukan. Simak 7 ide jualan online modal kecil yang menguntungkan berikut. 


Ide jualan online yang dapat dilakukan dengan modal kecil namun memiliki peluang keuntungan yang cukup besar adalah dengan memasarkan produk-produk berikut ini.  

1. Pakaian

Salah satu kelebihan berjualan pakaian online adalah barang tahan lama sehingga aman di stock dan kecilnya resiko rusak karena pengiriman. Hal ini membuat bisnis pakaian dapat dilakukan dengan modal kecil. 

Berbagai produk pakaian termasuk aksesorisnya yang banyak dicari di pasaran adalah jilbab,  kaos,  celana pria,  daster,  pakaian dalam sampai gamis muslimah. Produk-produk tersebut merupakan komoditas andalan dalam jualan online. 

  • Jilbab

Beberapa merk jilbab yang banyak diminati seperti Hijab Alila. Afra, Jilbab Princess,  Diario atau Heaven Lights. Kaos-kaos bertema KPop atau Disney masih terus digemari terutama untuk kalangan remaja putri.

  • Daster

Ide jualan online pakaian lainnya adalah produk daster. Daster batik memiliki pangsa tersendiri dan terus meningkat karena penjualan online,  bahkan bisa menembus luar negeri seperti Malaysia.


Baca Juga: Tips Sukses Memulai Usaha Rumahan


  • Pakaian dalam 

Pakaian lainnya yang bisa menjadi ide jualan online modal kecil yaitu pakaian dalam. Merk seperti Sorella atau Felancy masih digemari selain merk lain dengan harga di bawahnya.

  • Gamis 

Untuk gamis ada yang harga jualnya tidak sampai Rp 100 ribu dan selalu dicari karena pasar Indonesia lumayan besar untuk produk fashion muslim. Gamis dengan bahan seperti balotelli atau moscrepe paling diincar.  Selain itu gamis brokat menjadi pilihan untuk acara lebih resmi dan harganya cukup bersaing di pasar online. 

2. Alat Kesehatan 

Ide jualan online selanjutnya adalah alat kesehatan termasuk masker anti virus. Beralih dari masker kain,  kini masyarakat lebih suka memakai masker sekali pakai. Beberapa jenis masker sekali pakai yang banyak diburu yaitu masker bedah non medis 3 ply dan duckbill. 

Masker bedah non medis memiliki desain 3 lapis yang melindungi terhadap kelembaban dari luar dan melindungi 95 persen debu, serbuk sari, bakteri, virus, dan partikel udara lainnya.

Masker duckbill biasanya memiliki bahan yang lebih lembut dan desainnya lebih keren jadi disukai para remaja. 

3. Makanan dan minuman

Ide jualan online dalam kategori makanan dan minuman memiliki pilihan produk yang luas. Makanan instan dan awet seperti cemilan sudah biasa menjadi pilihan pada penjualan online. Kini mulai dilirik makanan yang lebih cepat masa awetnya seperti sayur dan buah. 

Beberapa produk makanan di pasaran online yang selalu dibutuhkan tentu saja sembako. Selain itu, minyak goreng adalah produk online yang banyak dicari selain mie instan,  gula,  tepung atau bumbu-bumbu. 

Aneka keripik,  kue kering,  oleh-oleh adalah beberapa andalan yang sudah teruji selama ini.  Jenisnya bisa dimulai dengan mencari produk-produk lokal yang banyak ketersediaan stoknya. 


Baca Juga: 9 Cara Memulai Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil


  • Desert box

Jualan lain seperti desert box merupakan salah satu makanan online yang sedang tren.  Dessert box merupakan makanan penutup (cake) yang ada di dalam kotak makanan. Satu alasan terbesar mengapa dessert box sangat disukai adalah karena mudah disantap,  bentuknya manis dan bisa dijadikan bingkisan. 

  • Cemilan sehat 

Ide jualan online berikutnya adalah cemilan sehat. Tidak menutup kemungkinan akan beralihnya pembeli kepada makanan yang lebih sehat. Teh herbal dan produk herbal lainnya contohnya.

Membuat cemilan permen manis sehat seperti permen gourmet atau popcorn gourmet juga bisa jadi ide. Ini adalah bisnis yang dapat dimulai di rumah dengan biaya awal yang rendah, dan berkembang. Permen gourmet yang mengandung bahan alami dan sedikit gula juga akan menjadi usaha camilan sehat yang cemerlang.

  • Frozen food

Frozen food olahan sendiri juga bisa menjadi pilihan untuk bersaing dengan merk-merk yang sudah terkenal di pasaran.  Aneka tempura, olahan sushi atau bahan/alat untuk membuatnya bisa dikreasikan. Untuk selera lokal,  bisa juga memasarkan lauk olahan kering seperti abon, serundeng, kremes ayam dan lainnya.


4. Alat Tulis

Seiring kembalinya murid bersekolah tatap muka,  maka kebutuhan alat tulis dan perlengkapan sekolah akan meningkat lagi.

Kelebihan berjualan alat tulis yaitu barang yang tahan lama.  Beberapa alat tulis yang dijual mulai dari pena,  pensil,  keras,  lem,  penggaris, cutter,  amplop, buku tulis,  sampai tas sekolah. Untuk keperluan kantor seperti staples, spidol, paper tray,  kwitansi, dan lainnya. 

Alat tulis yang dijual memiliki kelebihan kalau ia lucu,  unik,  atau imut bentuk dan warnanya. Peralatan sekolah yang diperkirakan kembali dibutuhkan selain tas sekolah,  juga sepatu sekolah. 

5. Perawatan Tubuh

Skincare merupakan produk yang banyak diminati dan menjadi tren dalam daftar produk online.  Selain menjamurnya produk-produk skincare, pengaruh budaya seperti KPop juga mengubah selera terutama generasi muda. 

Beberapa jenis perawatan kulit yang diminati seperti exfoliating toner, banyak dipakai untuk mengangkat sel kulit yang mati dan mempertegas garis halus pada kulit.

Jenis skincare lainnya seperti sleeping mask untuk menjaga kelembaban dan memperbaiki tekstur kulit ketika proses regenerasi atau booster. Fungsi dari booster ini adalah untuk menutrisi kulit serta mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare yang akan kita pakai selanjutnya.

Serum dan essence adalah dua kategori produk skincare yang semakin dikembangkan juga oleh produsen yang telah ternama. Serum vitamin C contohnya, digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Serum yang mengandung snail extract ini digunakan untuk mengecilkan pori-pori dan memperbaiki struktur kulit. 

Sedangkan essence digunakan untuk membantu menghilangkan kerutan di kulit dan membantu meratakan warna kulit. Essence dipakai untuk membuat lapisan dasar agar kulit terasa lembab.


Baca Juga: 6 Jenis Franchise Murah dan Menguntungkan


6. Aksesoris handphone dan gaming

Handsfree bluetooth TWS (True Wireless Stereo) dan keyboard gaming adalah dua contoh dari beberapa aksesoris yang diminati. Handsfree bluetooth TWS biasanya dipakai oleh mereka yang beraktivitas di luar dan yang sering mengikuti seminar-seminar, didesain untuk dipakai lama dan tidak sakit di telinga. Handsfree juga diminati mereka yang gemar  mendengarkan musik melalui hp. 

Aksesoris hp lainnya yang banyak diburu yaitu dudukan hp yaitu stand holder,  tripod atau tongsis. Selain itu juga casing atau pelindung layar. 

Untuk keperluan gaming,  keyboard gaming masih banyak diminati. Keunikan keyboard gaming daripada yang biasa yakni memiliki LED RGB Backlight. 

7. Peralatan Dapur

Beberapa peralatan dapur yang banyak dicari di pasar online yaitu rice cooker,  blenderfood storage dan panci serta wajan penggorengan. 

Untuk berjualan peralatan dapur dengan modal terbatas bisa dimulai dari menjual food storage seperti toples, atau kotak makanan berukuran kecil. Sekarang juga banyak menyimpan makanan berbentuk toples persegi dari bahan plastik yang lebih ringan.

Rice cooker yang paling banyak diburu masih dalam kategori ekonomis. Namun, perkembangan teknologi memungkinkan rice cooker multifungsi berkembang dan dilirik.

Selain itu,  alat dapur seperti Food Chopper nampaknya akan semakin dilirik ibu-ibu yang gemar memasak. Beberapa produk lain yang laris online seperti set pisau dan timer masak.


Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online Dengan Untung Besar


Demikian beberapa ide jualan online modal kecil menguntungkan. Selain di e-commerce, jualan online juga bisa dilakukan di beberapa marketplace di medsos. Sedangkan untuk memantau hasil penjualan, kita bisa menggunakan aplikasi kasir online, sehingga tidak perlu repot mencatat semua data transaksi dan membuat analisa penjualan. Salah satu aplikasi untuk membantu berdagang ini adalah Youtap.

Melalui aplikasi usaha Youtap, penjual bisa mendapatkan laporan penjualan perhari, perminggu atau perbulan, berapa jumlah transaksi yang dicapai dan metode pembayaran apa yang digunakan. Penjual jadi lebih mudah membuat analisa untuk memantau penjualannya dan meningkatkan mutu serta tentu saja menaikkan omzet. Youtap memiliki fitur gratis dan Anda tinggal unduh langsung dari Playstore atau Appstore. Nah, sekarang kita bisa mulai jualan sekaligus menjadi teman Youtap untuk membantu manajemen penjualan kita.


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama