October 1, 2021

10 Ide Bisnis Online Dengan Untung Besar

Ide bisnis online berkembang dari waktu ke waktu. Seiring kemajuan dan penyebaran teknologi digital, kini kian terbuka peluang bagi setiap orang untuk bisnis

Kemajuan teknologi digital melahirkan berbagai ide bisnis online, membuka peluang pasar semakin besar hingga melintasi batas-batas negara. Anda bisa bertindak sebagai pemilik merek (brand) yang memproduksi barang atau jasa, atau sebagai seller, reseller, dan dropshipper. Berikut ini 10 ide bisnis online dengan untung besar yang kami pilihkan untuk Anda coba.

Ide bisnis online berkembang dari waktu ke waktu. Seiring kemajuan dan penyebaran teknologi digital, kini kian terbuka peluang bagi setiap orang untuk melakukan bisnis. Marketplace yang mempertemukan pembeli dan penjual secara online sedang tumbuh pesat. Berbagai ide bisnis online pun bermunculan dengan beraneka ragam produk dan jasa yang dipasarkan. 

Bisnis online bisa dimulai dari  modal kecil bahkan tanpa modal sedikitpun. Ide bisnis online dapat dimulai dengan menempatkan posisi Anda sebagai:

  1. Pemilik merek (brand)
  2. Seller 
  3. Reseller
  4. Dropshipper

Berikut ini 10 ide bisnis online dengan untung besar yang bisa Anda coba, diantaranya membuka toko online sebagai seller, reseller, dan dropshipper di marketplace.  

1. Seller, Reseller, Dropshipper

Pembagian "kasta" dalam menjalankan ide bisnis online berkaitan dengan kemampuan modal. Pemilik merek atau brand adalah yang paling kuat modalnya, dibandingkan dengan seller, reseller, dan dropshipper. Mereka bisa memproduksi sendiri dengan label atau merek sendiri. Ide bisnis online ini dapat bertemu dalam suatu ekosistem bisnis atau  marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, Lazada, Zalora, Orami, Ralali, JD.ID, dan lain-lain. 

Perbedaan seller VS reseller adalah seller merupakan pedagang tangan pertama. Sementara reseller adalah pedagang tangan kedua yang mendapatkan barang dari tangan pertama. Sedangkan dropshipper adalah pedagang tangan kedua atau ketiga yang bertindak sebagai broker. 

Dropshipper  membuat toko online atau toko virtual di marketplace, tak perlu menyetok barang, tak butuh modal banyak. Hanya perlu rajin mencari seller yang bersedia bekerja sama, kemudian dropshipper akan memajang foto atau video dan deskripsi barang beserta harganya di toko online-nya di dalam marketplace. Bila konsumen tertarik, dropshipper akan menghubungi seller untuk mengirimkan ke alamat konsumen. 

Keuntungan dari menjalankan ide bisnis online di marketplace tentunya dari margin harga. 

2. Menjual Jasa di Platform Digital  untuk Para Freelancer

Platform digital  yang mempertemukan orang-orang dengan keahlian tertentu dengan para pemberi kerja saat ini kian diminati di seluruh dunia. Sebutlah misalnya Fiverr, Fastwork, Upwork, dan Freelancer. Di marketplace tersebut, Anda bisa mendapatkan penghasilan dollar dengan bekerja dari Indonesia. Ada beribu-ribu kesempatan dari seluruh dunia di marketplace untuk para freelancer yang ingin memasarkan keahliannya. 

Beberapa kategori jasa yang saat ini dibutuhkan, misalnya di Freelancer.com, adalah jasa di bidang :

Dari masing-masing kategori jasa di atas, Anda akan temukan sub-sub kategori serta item-item pekerjaan jasa yang dibutuhkan oleh para pemberi kerja atau pemilik proyek. Harga jasa bersifat negosiasi dalam mata uang dollar, dengan perhitungan per jam atau per proyek pekerjaan. 
3. Fotografi 

Karya foto dapat menjadi ide bisnis online juga. Perusahaan startup banyak bermunculan di internet, dan selalu membutuhkan tampilan visual yang menarik. Karya foto Anda dapat dijual kepada perusahaan-perusahan baru yang juga sedang memasarkan ide bisnis online masing-masing itu. Anda juga dapat bergabung dengan platform digital semacam Freepik, Shutterstock,  dimana Anda dapat menjual karya-karya foto Anda di sana. Selain itu Anda juga bisa menjual karya-karya foto yang bernilai berita dan human interest kepada kantor berita atau media massa di luar negeri, melalui internet. 

4. Bisnis Footage Video 

Footage video dengan durasi pendek juga merupakan ide bisnis online yang bisa menghasilkan untung besar. Selain membuka studio videografi dengan pemasaran secara online, Anda bisa menjual karya video, cuplikan video untuk tema-tema umum dan khusus, melalui Shutterstock. Footage video ini dibutuhkan oleh kalangan profesional yang bergerak di bidang industri kreatif.  

5.  Membuat konten video di Youtube
Salah satu ide bisnis online yang dapat mendatangkan keuntungan besar adalah dengan membuat konten-konten video hiburan, tutorial, dan edukasi, yang di-upload dan dipublikasikan melalui Youtube. Platform berbagi video ini akan membayar Anda berdasarkan jumlah views, durasi, dan iklan di channel Youtube anda. Channel anda mulai dapat menghasilkan uang dari Youtube apabila sudah memenuhi persyaratan monetisasi. Adapun persyaratan monetisasi itu, saat ini, adalah apabila channel Anda dapat memiliki  1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang dalam tempo satu tahun. 
Bagaimana syarat monetisasi tersebut dapat tercapai tergantung dari kreativitas, kedisiplinan, dan kerja keras Anda sendiri. Upload dua konten video per minggu pada hari dan jam yang sama secara rutin merupakan salah satu kunci keberhasilannya. Durasi video sebaiknya berkisar 10-15 menit per video.    
6.  Bisnis Domain atau Nama Website

Ide bisnis online yang juga dapat memberikan keuntungan yang besar adalah bisnis jual beli domain atau nama sebuah website. Ada kalanya perusahaan ataupun pribadi menginginkan nama tertentu untuk nama domain website-nya. Namun sayang nama tersebut kadang sudah dimiliki oleh orang lain. Pemilik domain tersebut bisa saja melepas nama domain website itu kepada peminat. 

Bisnis yang populer sejak kemunculan internet ini dinamakan flipping. Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan situs-situs seperti Flippa, Ads.id, Trademysite, Afternic, atau Empire Flipper untuk jual beli domain. 

Anda dapat memulainya dengan membuat sebuah webiste mulai dari nol dengan domain baru dengan performa yang bagus lalu menjualnya dengan meningkatkan nilainya. Selain itu, juga bisa dengan beli website atau domain yang sudah jadi, namun performanya kurang, lalu tingkatkan performanya dan jual dengan harga lebih tinggi. Atau dapat juga dengan membeli webiste atau domain yang performancenya sudah bagus, dan menjualnya dengan harga lebih tinggi lagi. Anda bisa menghasilkan uang ratusan juta hingga milyaran rupiah dari bisnis jual beli domain ini. 

7.  Membuka Jasa Web Developer

Para pelaku bisnis UMKM saat ini sudah semakin melek teknologi dan membutuhkan website untuk memasarkan produk usaha mereka. Membuka jasa sebagai web developer untuk para pelaku UMKM bisa menjadi ide bisnis online yang cukup menjanjikan. Karena pelaku UMKM ini terus bertumbuh setiap harinya, maka ide bisnis online ini berpotensi menghasilkan untung besar. 

 8. Kursus Online

Kursus online juga dapat menjadi ide bisnis online dengan keuntungan besar. Sebab, salah satu alasan orang menggunakan internet adalah untuk mencari informasi, pengetahuan, tutorial mengenai topik-topik tertentu. Jika Anda memiliki passion di bidang pendidikan dan pengajaran,  cobalah buat kursus online.

9. Berjualan Lewat  Sosmed

Selain berjualan melalui marketplace,  para penjual barang dan jasa juga dapat menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk memasarkan produk. Selain itu, pemasaran online  juga efektif dilakukan melalui Whats App secara personal dan grup. 

10. Membuat dan menjual E-Book

Sebagian orang memiliki hobi membaca buku. Pada era internet ini buku dalam format digital atau E-Book dapat menjadi ide bisnis online dengan untung besar. Dengan sekali menyusun, Anda dapat menjualnya kepada banyak orang di seluruh dunia melalui pemasaran online. Buatlah E-Book dengan topik dan judul yang bermanfaat bagi kehidupan orang-orang di sekitar kita. Contohnya mengenai marketing, FB Ads, Trading, Investasi, pengajaran, fitness, aerobic dan lain sebagainya.

Demikianlah 10 ide bisnis online dengan untung besar yang bisa Anda lakukan saat ini.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang