March 28, 2023

44 Ide Bisnis Rumahan Tahun 2023 yang Berpotensi Untung Besar, Apa Saja Ya?

Memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan besar, karena jangkauan pasar semakin luas dan banyak, berikut beberapa ide bisnis rumahan di tahun 2023. Apa saja, ya?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita tahu bahwa menjalankan usaha bisa dimulai dari mana saja dan kapan pun, termasuk dari rumah. Bagi kamu yang tidak memiliki banyak modal atau persiapan matang, bisa coba untuk mulai menjalankan bisnis rumahan, lho. Simak yuk sederet ide bisnis rumahan tahun 2023 yang bisa dicoba. 

Ide Bisnis Rumahan Tahun 2023 yang Bisa Dicoba

1. Bisnis Kuliner Frozen Food 

ide bisnis rumahan tahun 2023
jenis produk yang dijual pada bisnis frozen food. Gambar: freepik.com

Salah satu bisnis yang tidak pernah mati adalah kuliner, karena makanan dan minuman menjadi kebutuhan sehari-hari banyak orang. Selain itu, inovasi kuliner pun juga selalu berkembang sehingga variannya semakin banyak dan juga unik. Inovasi kuliner tersebut contohnya seperti frozen food atau makanan beku yang kini banyak dibeli oleh masyarakat karena cara penyimpanannya lebih mudah, tahan lama, serta mudah diolah. Hal itu pun membuat bisnis frozen food memiliki peluang bisnis cukup besar karena banyak peminat di pasaran. 

Baca Juga: Pengusaha UMKM Kuliner Manfaatkan Inovasi Digital di Era Transisi New Normal

2. Bisnis Jasa Virtual Assistant 

Melansir dari The Balance SMB, virtual assistant merupakan orang-orang yang memberikan layanan administratif dan juga dukungan bisnis kepada perusahaan dari jarak jauh atau remote. Pekerjaan virtual assistant ini sebenarnya hampir sama dengan asisten biasa, namun bedanya dilakukan secara online atau virtual saja. 

Sederhananya, virtual assistant ini dapat melakukan tugas-tugas tertentu yang diminta oleh perusahaan atau klien untuk mendukung bisnis agar berjalan lancar. Status kepegawaian dari profesi virtual assistant ini biasanya freelance, jadi dapat berpindah kontrak dari perusahaan satu ke yang lainnya. 

3. Bisnis Makanan Ringan

Ada juga bisnis bisnis makanan ringan yang sangat cocok untuk lingkup pasar hampir semua kalangan baik itu anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Bisnis ini punya peluang keuntungan yang cukup baik karena bisa dilakukan tanpa harus memiliki keahlian khusus atau tempat yang luas. selain itu, juga cocok dilakukan ibu-ibu rumah tangga atau mahasiswa. Kamu bahkan bisa melakukan bisnis ini secara online.

Sari Roti jualan di Youtap BOS
Sari Roti menjadi nasional supplier di YOUTAP BOS

Bagi pemula kamu bisa coba beli makanan ringan kiloan kemudian repack atau kemas kembali dengan nama bisnis milikmu sehingga lebih menarik. Bisa juga coba siapkan berbagai macam kemasan dengan ukuran yang bervariasi. Hal ini bertujuan agar konsumen bisa menemukan macam-macam produk sesuai pilihan dalam jumlah besar maupun kecil sesuai dengan kebutuhan. Melihat pasar yang besar ini, tentu membuat kamu mudah dalam melakukan promosi. Beberapa cara alternatifnya melakukan promosi dari mulut ke mulut, menitipkan produk jualan ke warung, kantin sekolah atau tempat-tempat lainnya. 

4. Bisnis Pulsa Online 

Seperti yang kita tahu, manusia merupakan makhluk sosial sehingga komunikasi menjadi salah satu hal paling penting untuk dilakukan. Dalam berkomunikasi pun ada berbagai macam bentuk dengan menggunakan bahasa. Kemudian, untuk berkomunikasi jarak jauh dimulai dengan surat menyurat, telepon, hingga chatting. Beberapa cara komunikasi di era digital sekarang ini memang lebih mudah karena dapat dilakukan secara online dimana saja dan kapan pun. 

Apalagi dengan kehadiran beberapa platform media sosial untuk berkomunikasi, seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan lain-lainnya, tentu saja komunikasi semakin menyenangkan dan praktis karena bisa sekaligus  mengirim pesan beserta dengan foto atau video secara instant.  

Media sosial ini sendiri dapat dioperasikan bila perangkat yang kamu gunakan sudah tersambung ke internet, ya. Namun, internet tersebut baru bisa diakses apabila kamu memiliki cukup pulsa. Oleh karena itulah, kebutuhan masyarakat akan pulsa dan paket data internet terus meningkat setiap harinya untuk bisa mengakses seluruh platform komunikasi. Melihat kebutuhan yang semakin tinggi tersebut membuat peluang bisnis jual pulsa online sangat menjanjikan, nih.

5. Freelance Writer atau Penulis Lepas

ide bisnis rumahan tahun 2023
Gambar: freepik.com

Freelance writer saat ini juga termasuk dalam profesi sampingan atau bahkan pekerja tetap yang banyak dilakukan dan dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Pekerjaan ini memiliki jam kerja yang lebih fleksibel, dapat dikerjakan di mana saja dan kapanpun atau menurut istilah sekarang remote job.  

Selain itu, dari sisi pendapatan pun juga terbilang cukup banyak, namun biasanya akan menyesuaikan dengan pengalaman dan hasil tulisan yang sudah dibuat. Apalagi bila kamu memiliki skill atau keahlian di bidang bahasa Inggris, biasanya akan lebih banyak dicari untuk berbagai kebutuhan. 

Tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa direkrut oleh perusahaan asing, sehingga bayaran yang diterima pun dalam bentuk dollar yang tentu saja nilai satuannya sangat tinggi bila dirupiahkan. Bila kamu tertarik untuk melakukan pekerjaan penulis lepas ini maka ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis penulis yang saat ini tersedia khususnya di Indonesia: 

  • Technical writer, yaitu penulis tugasnya membuat konten-konten di manual book untuk penggunaan perangkat baik itu keras, lunak hingga barang elektronik lainnya. 
  • Ghostwriter, yaitu seorang penulis untuk mengisi website atau blog milik orang lain dan tidak diketahui (anonim), sehingga kredit atas karya tulisan tersebut bukan milikmu. Biasanya ghostwriter ini mengerjakan konten-konten untuk artikel, blog, dan juga buku. 
  • Web content writer, yaitu seorang penulis konten untuk mengisi tulisan-tulisan di web perusahaan, blog, hingga media sosial. Tujuannya membantu traffic situs website mengalami peningkatan secara signifikan. Selain itu, penulis web juga harus memiliki skill lain seperti SEO atau Search Engine Optimization
  • Copywriter, yaitu seorang penulis digital untuk mengerjakan konten komersial seperti iklan tertentu dan nantinya akan dipasang dalam situs atau platform media sosial. 
  • Business writer, yaitu seorang penulis yang tugasnya membuat konten tentang  proposal bisnis, artikel, report, hingga white papers.
     
  • Wartawan lepas, yaitu seorang penulis yang biasanya dibutuhkan oleh perusahaan media agar tetap bisa mendapatkan informasi dari daerah tertentu. 

6. Bisnis Jasa Translator 

Penggunaan bahasa asing saat ini memang sudah mulai mendunia untuk berbagai kegiatan. Namun sayangnya tidak semua orang menguasai bahasa asing sehingga membutuhkan perantara untuk bisa interaksi dengan lancar. 

Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini bahasa menjadi salah satu faktor penentu apakah sebuah hubungan bisa berjalan dengan lancar atau tidak. Oleh karena itulah, keberadaan jasa penerjemah atau translator bisa menjadi peluang bisnis jasa yang cukup menjanjikan karena banyak orang membutuhkannya. 

Jasa penerjemah saat ini belum banyak dan meluas tersebar di Indonesia, padahal keberadaan pekerjaannya sangat diperlukan untuk berbagai kegiatan, baik untuk hubungan yang berkaitan dengan banyak orang maupun dokumen. 

7. Bisnis Jual Beli Barang Bekas 

Bisnis jual beli barang bekas juga bisa menjadi salah satu peluang yang cukup menjanjikan tanpa harus mengeluarkan modal besar, lho. Selain itu, kamu bisa coba menawarkan barang-barang bekas melalui online atau offline juga sehingga lebih mudah dan praktis untuk mempromosikannya. 

Jadi, bagi kamu yang senang menyortir barang-barang bekas di rumah jangan langsung dibuang begitu saja, tapi bisa dijual kembali. Walaupun harga jualnya memang lebih murah, tapi tidak ada salahnya karena tetap menghasilkan uang, lho. Berikut beberapa tips jual beli barang bekas secara online agar cepat laku dan dipercaya oleh para calon pembeli: 

  • Tentukan aplikasi yang akan digunakan untuk melakukan jual beli barang bekas.
  • Lampirkan foto asli barang bekas yang ingin dijual. Pastikan kualitas foto bagus agar para pembeli bisa melihat dengan jelas kondisi barang terbaru. 
  • Sesuaikan harga yang dijual dengan kondisi barang bekas. Agar calon pembeli lebih percaya, cantumkan juga kondisi barang dan alasan menjualnya.

8. Bisnis Affiliate Marketing 

Affiliate marketing adalah model bisnis yang menggunakan sistem memberikan komisi untuk orang yang telah berhasil melakukan pemasaran produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Nantinya, pembagian komisi baru bisa diberikan apabila orang yang memasarkan tersebut berhasil menjual produk atau jasa dalam jumlah tertentu sesuai target. Biasanya sudah ada target yang ditetapkan dari pihak perusahaan penyelenggara. 

Kisah Kohcun, Kreator Affiliate TikTok Shop yang Sukses Cetak Rekor Penjualan Hingga Rp21 Miliar
Kohcun, Kreator Affiliate TikTok Shop berhasil cetak rekor penjualan hingga 21 M. Gambar: Suara.com

Orang yang melakukan bisnis affiliate marketing ini disebut sebagai afiliator. Nantinya, afiliator akan diberikan sebuah link khusus untuk memasarkan produk atau jasa bisnis tertentu. Apabila orang-orang klik pada link atau tautan yang diberikan, maka afiliator akan dianggap berhasil. Lebih menariknya lagi, jam kerja seorang afiliator ini sangat fleksibel, di mana saja dan kapan pun. 

9. Bisnis Katering Online 

Bisnis katering memang sudah tidak asing lagi di dunia kuliner, namun kini semakin berkembangnya teknologi membuat banyak orang bisa melakukan pemesanan secara online dengan cukup mudah. Sebenarnya tidak hanya pada bisnis kuliner, tapi di berbagai kegiatan jual beli mulai berangsur pindah dari model konvensional menjadi digital. 

Salah satu bisnis yang kini paling ramai bisa dilakukan secara online adalah produk makanan, seperti bisnis katering online. Perkembangan bisnis katering online sendiri mulai berkembang pesat pada tahun 2020 saat pandemi melanda hampir seluruh dunia, pasalnya pasar digital sendiri memang menjadi solusi nyata saat itu karena lebih mudah, praktis dan juga dianggap aman. 

10. Bisnis Jasa MUA 

ide bisnis rumahan tahun 2023

Bisnis Makeup Artist atau yang lebih sering disebut sebagai MUA merupakan salah satu jenis usaha yang menawarkan jasa keterampilan seseorang. Biasanya, banyak orang melakukan sewa MUA untuk berbagai kebutuhan acara besar seperti photoshoot iklan, pernikahan, wisuda, dan lain-lainnya.

MUA ini juga menjadi bisnis yang memiliki penghasilan cukup menjanjikan, lho. Pasalnya tidak semua orang memiliki keterampilan dalam makeup, jadi banyak yang rela bayar lebih untuk ahlinya secara langsung demi merias wajah.  

11. Bisnis Jasa Les Online Mata Pelajaran 

Seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali pelajar yang mengikuti tambahan kelas mata pelajaran tertentu di luar jam sekolah agar bisa mendapatkan pencapaian nilai yang memuaskan. Melihat peminatnya semakin bertambah dari tahun ke tahu, maka membuka bisnis les online mata pelajaran bisa jadi peluang yang cukup menjanjikan, nih

Melalui les online ini, siswa bisa lebih fokus pada mata pelajaran tertentu yang belum dikuasai saat jam sekolah. Alasan mereka bisa lebih fokus karena, biasanya kelas tambahan yang ditawarkan tersebut bersifat private, dimana isinya bisa hanya satu orang atau beberapa orang saja. Bagi kamu yang ingin mulai membangun les online ini, persiapkan diri untuk menguasai materi pelajaran dan pastikan kemampuan mengajarnya telah terlatih, ya. 

12. Bisnis Jasa Les Online Bahasa 

Selain mata pelajaran, bisnis jasa les online bahasa juga memiliki peluang yang bagus, lho. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini ada banyak lowongan pekerjaan, kerja sama, dan kegiatan lain yang membutuhkan keahlian bahasa Inggris, bukan? 

Maka dengan adanya les online bahasa, maka banyak orang bisa fasih berbicara, menulis, serta membaca bahasa yang diinginkan.  Sebenarnya tidak harus selalu bahasa Inggris, tapi juga menyediakan les online bahasa-bahasa negara lainnya. 

13. Bisnis YouTuber 

Deddy Corbuzier Berbagi Pengalaman Lewat Youtuber for Dummies
Deddy Corbuzier sukses membuat bisnis dari Youtube dengan banyak mengakuisisi dan invest di beberapa vlogger. Gambar: Gramedia.com

Awalnya, menjadi seorang YouTuber memang hanya dijadikan hobi saja. Namun seiring bertambahnya penonton pada platform tersebut, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari membuat konten di YouTube juga sangat menjanjikan, nih. Bahkan saat ini, sudah banyak orang mulai menjadikan YouTuber sebagai profesi utama karena penghasilannya yang tergolong besar. Penghasilan sebagai YouTuber ini bisa didapat dari berbagai sumber, yaitu monetisasi channel, brand deals dan lain-lainnya. 

14. Bisnis Jasa Graphic Designer 

Graphic designer adalah sebuah sebuah pekerjaan yang membuat ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion untuk digunakan di berbagai media cetak maupun elektronik. Biasanya orang yang menawarkan jasa graphic design ini akan bertanggung jawab untuk membuat desain khusus pada media promosi suatu produk dengan menggunakan software tertentu. 

15. Bisnis Jasa Admin Media Sosial 

Admin media sosial juga bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di era digital seperti sekarang ini. Mengingat seluruh kegiatan sudah mulai dilakukan secara online, maka sebagai admin media sosial akan banyak dicari. 

Nantinya, tugas seorang admin media sosial adalah mengelola serta mengoperasikan segala hal yang berhubungan dengan platform untuk kepentingan promosi atau pun penyampaian informasi tertentu dari perusahaan, brand, tokoh populer, instansi, lembaga dan lain-lainnya. Selain itu, admin media sosial juga dituntut untuk selalu up to date terhadap tren terkini agar bisa menyesuaikan kontennya dengan topik-topik yang relevan dengan masyarakat. 

16. Bisnis Tanaman Hidroponik 

ide bisnis rumahan tahun 2023
Gambar: freepik.com/jcomp

Bisnis tanaman hidroponik adalah yaitu memelihara tanam-tanaman buah atau sayur pada lahan sempit, biasanya di dalam ruangan. Namun, ada juga sebagian orang yang mengelola tanaman hidroponik ini di lingkungan indoor, rumah kaca. 

Lebih menariknya lagi, bisnis hidroponik ternyata juga menguntungkan bagi tempat disekitarnya karena ramah lingkungan dibandingkan dengan metode pertanian konvensional. Apabila kamu mencari cara untuk meningkatkan kesehatan dan juga kesejahteraan masyarakat, maka cobalah untuk mulai bisnis hidroponik. 

17. Bisnis Jahit 

Bisnis jahit hingga saat ini juga masih sangat menguntungkan, mengingat pasarnya yang semakin luas. Tanpa disadari banyak orang mengandalkan jasa penjahit untuk memenuhi kebutuhan pakaian yang digunakan sehari-hari atau memodifikasinya. Jadi, bagi kamu yang memiliki keahlian dibidang jahit, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis di bidang ini dan pastikan membangun reputasi yang baik serta buat pakaian menarik, rapi serta unik. 

18. Toko Sembako 

Toko sembako juga menjadi peluang bisnis yang akan terus bertahan karena menjual kebutuhan sehari-hari masyarakat. Namun, agar terus berpotensi laku setiap harinya, cobalah untuk mendigitalisasi toko dengan menggunakan sistem terbaik. Maka, pelanggan bisa membeli produk-produk di toko milikmu melalui offline maupun online

Bahkan kini ada salah satu fintech Indonesia, yakni Youtap yang melakukan inovasi untuk meng-encorage toko sembako, toko kelontong hingga pemilik usaha UMKM untuk bisa dapetin cuan dengan juga menjual produk-produknya dalam platform b2b marketplace yang di berikan nama Youtap BOS. Selain platform b2b marketplace sebagai solusi belanja graosir online, sebelumnya Youtap juga meluncurkan Youtap POS aplikasi kasir digital untuk memudahkan pemilik usaha untuk mengelola usahanya.

Ditahun 2024 mendatang, direncanakan Youtap kembali akan hadir dengan inovasi dengan meluncurkan fitur terbaru di mana merchant yang terdaftar akan langsung terkoneksi dengan Youtap BOS. Apakah fitur tersebut, nantikan berita terbarunya di website youtap.id

19. Bisnis Lilin Aromaterapi 

Lilin aromaterapi saat ini mulai banyak diminati oleh masyarakat, karena perannya yang mampu menimbulkan rasa relaksasi, mengendalikan stress, hingga membantu tidur nyenyak. Lilin aromaterapi sendiri adalah sebuah bentuk wewangian dengan beragam bentuk. 

Melihat pasar baru dari produk aromaterapi ini, tentu membuat peluang bisnisnya semakin besar dan menjanjikan. Tidak hanya sekadar dapat digunakan secara pribadi oleh para konsumen, tapi produk lilin aroma terapi juga bisa dikemas menjadi produk souvenir atau kado, lho

20. Bisnis Perabotan Dapur 

Jual beli peralatan dapur juga salah satu bisnis yang cukup menguntungkan, karena kebutuhan masyarakat akan barang-barang rumah tangga satu ini sangat tinggi. Beberapa contoh yang bisa diperjual belikan untuk jadi bisnis adalah ember, sapu, lap, lemari, pisau, wajan, piring, gelas, tempat sampah, kemoceng dan lain-lainnya. 

Beberapa produk yang disebutkan tersebut sifatnya wajib untuk dimiliki setiap rumah tangga atau keluarga. Hal itu pun membuat peningkatan permintaan konsumen terhadap perabot rumah tangga khususnya para ibu-ibu. Melihat permintaan konsumen yang semakin meningkat, membuat peluang bisnis peralatan dapur menjadi sangat menguntungkan. 

Lebih menariknya lagi, bisnis perabot rumah tangga juga memiliki ketahanan lebih lama jika dibandingkan dengan usaha makanan asal disimpan pada tempat bersih, tidak lembab, dan juga bebas rayap. 

21. Bisnis Alat Makan Keramik 

Tidak hanya sekadar perabotan dapur untuk memasak, tapi ada juga ide bisnis lainnya yang juga cukup menguntungkan karena permintaannya selalu tinggi yaitu alat makan keramik. Walaupun produk serba keramik bukan menjadi hal yang baru, namun alat makan yang berbahan dasar  keramik seperti piring, mangkok, gelas hingga wadah sayur dan lain-lainnya ternyata cukup menarik perhatian banyak orang. 

Sehingga peluang bisnis alat makan keramik sangat menguntungkan. Agar para calon pembeli lebih tertarik bisa coba dibuatkan set peralatan makan di pasaran dengan penawaran harga yang terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan desain keramik yang cantik dengan kelebihan produk yaitu keramik tahan panas.

22. Bisnis Laundry Kiloan 

ide bisnis rumahan tahun 2023
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini banyak masyarakat khususnya di kota-kota besar yang memiliki kegiatan cukup padat, sehingga mereka tidak punya banyak waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci baju, piring kotor, atau lain-lainnya. Melihat hal itu membuat peluang bisnis laundry kiloan pun lebih menguntungkan karena konsumen di pasaran sangat banyak. 

Layanan cuci dan setrika pakaian tentu jadi pilihan tepat untuk sebagian besar orang, yang tujuannya untuk bisa memastikan mereka tetap memiliki pakaian bersih setiap hari. Namun, tidak hanya sekadar pakaian, ada baiknya kamu juga menawarkan layanan cuci barang lain seperti  helm, bantal, boneka, dan ragam produk yang sekiranya sulit untuk dicuci sendiri di rumah. 

Penawaran jasa cuci beragam tersebut bisa menjadi poin pertumbuhan usaha laundry di masa depan, lho. Pasalnya, dengan melakukan ekspansi seperti ini, maka kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan tentu saja meraup banyak keuntungan. 

23. Bisnis Cuci Sepatu 

Bisnis jasa cuci pakaian atau laundry memang kini sudah banyak tersebar hampir di seluruh tempat tinggal kota-kota besar. Oleh karena itu, kamu bisa coba mencari peruntungan lain di bidang yang sama namun lebih fokus pada satu barang seperti laundry sepatu.

Kini banyak orang mulai mengoleksi sepatu dan itu menjadi sebuah tren baru, sehingga  kebutuhan untuk perawatannya pun semakin meningkat. Melihat hal itu, tentu saja peluang bisnis cuci sepatu layak untuk dipertimbangkan. Bila kamu tertarik untuk membuka bisnis cuci sepatu maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti mesin cuci khusus beserta deterjennya. 

24. Bisnis Alat Olahraga 

Menjual alat-alat olahraga memang bukan hanya sekadar bisnis musiman, tapi dibutuhkan kapanpun. Pasalnya, orang-orang yang menyukai olahraga sangat banyak, karena menyehatkan dan bisa menjadi hobi. 

Oleh karena itulah, bisnis olahraga ini sangat mendatangkan cuan cukup banyak, bahkan di momen-momen tertentu mampu mendapatkan keuntungan berlipat. Menariknya lagi, di pasaran terdapat banyak pilihan harga untuk peralatan olahraga, ada yang murah hingga mahal. Selain itu, perlengkapan olahraganya sendiri cukup beragam karena tren model selalu berubah. 

25. Bisnis Jasa Edit Video 

Hampir semua media sosial saat ini baik itu Instagram, Twitter, TikTok hingga YouTube pasti telah akrab dengan konten-konten video yang menghibur. Biasanya orang-orang akan share beragam video seputar kegiatan sehari-hari, promosi produk, tips dan lain-lainnya. Namun, untuk bisa mendapatkan banyak penonton, tentu video yang diunggah harus memiliki kualitas cukup baik. 

Aplikasi edit foto iPhone, Aplikasi Edit Foto iPhone Estetik Ala Selebgram
Ilustrasi jasa edit foto di smartphone dengan aplikasi. Gambar: Pinterest/@Outor ID

Artinya, kamu harus melakukan editing video untuk mendapatkan hasil terbaik. Editing video yang dilakukan harus eye catching sekaligus unik. Cara tersebut dilakukan agar viewer dengan senang hati memberi like, subscribe dan berkomentar. Jika ingin membuka bisnis jasa editing video, tentu kamu harus mengetahui jenis-jenis edit, dan memahami karakteristik kategori video yang ada. 

26. Bisnis Agensi Media Sosial 

Berada di era digital marketing, tentu membuat proses pemasaran produk perusahaan harus dilakukan secara online. Demi memenuhi kebutuhan tersebut maka peran agensi media sosial sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil lebih efektif. Nantinya, pihak agensi inilah yang akan membantu sebuah perusahaan untuk membuat konten baik itu video maupun foto untuk menarik minat konsumen. Selain itu, konten-konten yang dibuat juga akan menyesuaikan dengan target pasar sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat luas. 

Bagi kamu yang belum terlalu paham, jadi agensi media sosial adalah agen atau perusahaan sebagai pihak ketiga yang akan membantu klien dalam membuat, merancang dan mengelola hampir seluruh kegiatan pemasaran hingga branding. Kemudian, platform media sosial yang digunakan pun beragam seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan masih banyak lagi. Agensi media sosial nantinya akan membantu dalam pembuatan konten, editing foto dan video, menulis caption, hingga menciptakan iklan. 

27. Bisnis Kreatif Podcast 

Podkesmas. (Instagram/ podkesmas)
Podkesma jadi pioner kreatif Podcast di Indonesia. Gambar: Liputan6

Kehadiran podcast saat ini makin digemari masyarakat, khususnya kalangan milenial. Tak hanya sekadar mudah diakses, podcast juga memberikan macam-macam pengetahuan, sudut pandang dan hiburan melalui audio. Sama seperti media sosial lain seperti Instagram dan Youtube, podcast juga memiliki selebritasnya sendiri. Oleh karena itulah, kini juga banyak podcast populer yang juga menghadirkan pengiklan yang bisa mendatangkan banyak pemasukan. 

28. Bisnis Souvenir Pernikahan 

Umumnya ketika melaksanakan pesta pernikahan, pihak pengantin akan menyediakan berbagai macam souvenir sebagai tanda kenang-kenangan bagi para tamu yang telah hadir. Singkatnya, souvenir pernikahan ini akan menjadi lambang ucapan terima kasih yang selalu dikenang oleh para tamu. 

Melihat banyaknya acara pernikahan saat ini yang terus berlangsung, tentu membuat peluang bisnis souvenir sangat menjanjikan. Bisnis satu ini juga bisa dijalankan dengan modal kecil sehingga skala rumahan pun sangat memungkinkan.

29. Bisnis Jasa SEO Specialist 

Pembuatan situs website saat ini juga menjadi bagian tidak terpisahkan ketika akan melakukan pemasaran suatu perusahaan atau produk. Demi mendapatkan hasil website yang menarik dan juga mampu mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian seperti Google, maka ada baiknya untuk menggunakan jasa spesialis SEO (Search Engine Optimization). 

Neil Patel di LinkedIn: #seo #googleranking #marketing #neilpatel | 27  komentar
Neil Patel menjadi SEO Specialist dan konsultan sebelum akhirnya mendirikan digital agency. Gambar: Linkedin/@Neil Patel


Tugas dari spesialis SEO sendiri adalah merancang, mengembangkan, dan mempromosikan situs website agar memiliki kualitas tinggi. Tak hanya itu, tapi juga membantu melakukan analisis situs web klien dan menerapkan perubahan yang dibutuhkan agar bisa mengoptimalkan posisi peringkat teratas dalam mesin pencari. Hal yang juga tidak boleh dilupakan adalah memahami cara penulisan dengan kaidah SEO tertentu dan memiliki pengetahuan mendalam tentang pencarian kata kunci. 

30. Bisnis Dropshipper 

Dropship merupakan sebuah sistem penjualan yang nantinya para dropshipper akan menjual macam-macam produk supplier langsung ke pembeli. Bahkan lebih menariknya lagi, para dropshipper tidak perlu melakukan stock barang jualan terlebih dahulu. Kemudian, proses pengemasan dan pengiriman ke pelanggan nantinya juga akan dilakukan oleh pemasok, namun nama pengirimnya akan menggunakan nama dropshipper. Dropshipper sendiri adalah pihak yang berperan sebagai penjual, menjadi perantara bagi konsumen dan pemasok dalam proses jual beli suatu produk. 

Baca Juga: 10+ Bisnis Dropshipper Paling Menguntungkan, Apa Saja Ya?

31. Bisnis Rental PS 

ide bisnis rumahan tahun 2023
Gambar: freepik.com/pvproductions

Maraknya game online saat ini yang bisa diakses di handphone, ternyata tidak membuat bisnis rental PS atau playstation tetap menguntungkan. Kemudian, modal yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan bisnis rental PS sendiri juga tidak terlalu besar. Bahkan kamu bisa menggunakan lahan sisa di rumah untuk dijadikan tempat rental PS, jadi tidak perlu sewa tempat lagi. 

32. Bisnis Aksesoris 

Salah satu hal yang menunjang penampilan seseorang khususnya para wanita adalah aksesoris. Ini meliputi anting, gelang, kalung, bros dan lain-lainnya. Biasanya para wanita menggunakan aksesoris untuk terlihat lebih menawan, anggun, cantik, atau modis ketika datang ke sebuah acara. 

Oleh karena itulah, tidak heran jika banyak sekali wanita yang rela merogoh kocek dalam untuk beli aksesoris. Ini tentu membuat peluang bisnis aksesoris wanita sangat menjanjikan, bukan? Namun menariknya, untuk bisa menjalankan bisnis aksesoris ternyata tidak membutuhkan modal yang besar, tapi keuntungan yang didapat cukup terbilang besar. Jadi, bisnis aksesoris wanita ini bisa dijalankan oleh siapa saja dan di mana pun. Kamu tidak membutuhkan tempat berjualan, karena bisa dipromosikan melalui online. 

33. Bisnis Pakan Burung 

Bagi pecinta binatang peliharaan tentu melakukan perawatan adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Salah satu bentuk perawatannya dengan memberikan asupan makanan yang rutin dan kualitasnya baik. Hal itu pun bisa menjadi peluang bisnis yang baik, dimana kamu dapat menawarkan atau menyediakan pakan bagi binatang peliharaan seperti burung. 

Jadi, kamu bisa coba memulai bisnis pakan burung yang kualitasnya baik. Namuna, pastikan untuk memahami terlebih daulu ilmu seputar burung dan pakannya, agar bisa merekomendasikan asupan terbaik untuk macam-macam jenis burung yang dipelihara. 

34. Bisnis Jasa Content Creator 

Jasa pembuatan konten saat ini ternyata sangat dibutuhkan untuk mempromosikan bisnis secara online. Konten yang dimaksud tersebut adalah bahan promosi dari sebuah bisnis berupa gambar maupun video, kemudian akan dibagikan pada beberapa platform media sosial.  Nantinya, konten tersebut berfungsi sebagai sarana atau alat untuk melakukan pemasaran agar audience bisa mengenal produk dan langsung tertarik untuk membeli hingga menggunakannya. Orang yang membuat konten tersebut dalam bahasa Inggris disebut sebagai content creator

35. Bisnis Jasa Konsultan Digital Marketing 

Digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran paling efektif untuk menarik perhatian pelanggan. Seperti yang kita tahu, saat ini seluruh kegiatan promosi hampir semuanya dilakukan secara online, sehingga jasa konsultan digital marketing sangatlah penting. 

Beberapa contoh strategi digital marketing yang kini banyak digunakan adalah SEO (Search Engine Optimization), FB Ads, Google Ads, iklan televisi, radio, promosi media cetak, email marketing, mobile marketing, billboard elektronik, hingga platform lainnya. 

36. Bisnis Baju Online

Kini mulai banyak orang yang mencoba peruntungan dengan mulai bisnis dari nol menggunakan platform online, bukan? Salah satu peluang bisnis online yang cukup menjanjikan adalah berjualan baju. 

Pasalnya, perdagangan di sektor pakaian memang selalu memiliki cakupan pasar yang banyak dan juga luas. Apalagi adanya platform penjualan digital, maka bisnis jual beli baju online akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak keuntungan. 

37. Bisnis Sewa Baju  

Bisnis fashion tidak hanya sekadar memproduksi dan menjual pakaian yang sudah jadi. Tapi kamu bisa coba memulai bisnis sewa baju untuk momen-momen tertentu seperti hari besar nasional, wisuda, pernikahan, karnaval, dan lain-lain. Bisnis jasa sewa baju ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan karena dari segi harga memang jauh lebih murah daripada harus membeli untuk sekali pakai. Sebagai contoh, busana untuk acara pernikahan atau kegiatan karnaval.

Namun, saat menjalankan bisnis sewa baju pastikan kamu menyediakan baju berkualitas, ya. Jangan sampai baju-baju yang disewakan tersebut rusak atau sobek. Jadi, cobalah untuk melakukan pengecekan ulang sebelum dan sesudah barang diterima untuk meminimalisasi adanya kerusakan. 

38. Bisnis Jasa Rias Pengantin 

Melihat bisnis rias pengantin yang kini semakin populer, tentu membuat peluang keuntungannya semakin tinggi. Pasalnya, merias pengantin memang tidak boleh sembarangan karena harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional. Bahkan untuk bisa mendapatkan perias yang diinginkan, banyak orang harus melakukan booking dari bulan-bulan sebelum hari H acara pernikahan berlangsung. 

Lalu, mengingat jasa rias pengantin sangat dibutuhkan dalam suatu acara pernikahan, maka pastikan untuk lebih dulu bertemu dan berdiskusi secara langsung untuk mengetahui kepribadian si pengantin beserta tema yang diusung. 

39. Bisnis Ikan Hias 

Bisnis ikan hias sebenarnya sudah populer sejak lama, bahkan sebelum pandemi. Memelihara ikan hias memang menjadi salah satu hobi paling mudah untuk dijalani, karena tidak membutuhkan banyak ruang dan juga biaya perawatannya cukup murah. 

Selain itu, pasar ikan hias juga tidak hanya memiliki potensi di dalam negeri tapi juga bisa sampai ke luar negeri. Dimana Kementerian Kelautan dan Perikanan juga memiliki target penjualan ikan hias sampai ke lima negara utama, yaitu Cina, Amerika Serikat, Kanada, Rusia, hingga Singapura.

Menariknya lagi, kamu bisa melakukan pemasaran ikan hias secara online melalui beberapa platform media sosial. Dengan macam-macam cara yang semakin mudah dan peluang besar pada bisnis ikan hias ini, tentu sangat menjanjikan untuk dicoba. 

40. Bisnis Rental Mobil 

Free photo stylish and elegant woman in a car salon
Gambar: freepik.com/prostooleh

Bisnis rental mobil juga masuk dalam usaha yang keuntungannya cukup menjanjikan, apalagi jika lokasinya banyak dikunjungi oleh wisatawan. Menariknya lagi, bisnis rental mobil ini juga memiliki periode yang keuntungannya paling tinggi seperti ketika liburan sekolah, liburan tahun baru, Ramada, natal dan hari-hari besar lainnya. 

Menariknya, untuk bisa mulai bisnis rental mobil ini, kamu sebagai pemilik tidak diwajibkan memiliki mobil dalam jumlah banyak, lho. Sederhananya, hanya dengan menggunakan satu atau dua mobil saja, maka kamu sudah bisa mulai bisnis rental mobil. 

Namun, apabila bisnis rental mobil semakin berkembang pesat dan permintaan masyarakat meningkat, maka ada baiknya untuk mulai memikirkan terkait penambahan unit mobil yang kamu miliki.

41. Bisnis Service Elektronik 

Tidak dipungkiri bahwa hingga saat ini jasa service elektronik masih sangat dibutuhkan. Hal itu pun membuat peluang bisnis service elektronik untuk mendapatkan keuntungan juga semakin besar. Selain itu, ketika menerima barang untuk service maka perhatikan secara teliti bagaimana kondisi terakhirnya. Rekomendasikan kepada pelanggan apakah barang elektronik tersebut masih bisa diperbaiki atau lebih baik beli baru. 

Pada dasarnya setiap barang elektronik memang memiliki umur pemakaian yang lama. Bahkan jika mengalami kerusakan tidak menutup kemungkinan bahwa barang elektronik tersebut bisa diperbaiki terlebih dahulu daripada langsung membeli baru. 

42. Bisnis Air Isi Ulang

Kebutuhan pokok manusia lainnya adalah air minum yang mendukung berjalannya sebagian besar fungsi tubuh. Tidak hanya sekadar minum, tapi air juga digunakan untuk berbagai kebutuhan lain seperti memasak, dan aktivitas sehari-hari lainnya. Oleh karena itulah, kebutuhan air bersih yang digunakan sangat penting. 

Jadi, kamu bisa coba untuk menawarkan air isi ulang dengan kualitas bersih. Dengan begitu masyarakat bisa dengan mudah dan praktis memenuhi kebutuhan air minum mereka. 

43. Bisnis Pet Shop

Salah satu bisnis yang juga memiliki keuntungan cukup menjanjikan lainnya adalah bisnis pet shop. Pasalnya, ada banyak orang memiliki hobi memelihara hewan seperti anjing, kucing, hamster, kelinci, dan lainnya. Namun, agar hewan peliharaan mereka bisa terus dalam kondisi yang baik, pasti akan membutuhkan perawatan rutin. 

Melihat kebutuhan banyak orang untuk merawat hewan peliharaan mereka, maka menjalankan bisnis pet shop bisa jadi salah satu ide dengan peluang keuntungan cukup besar. Kemudian, kamu bisa memberikan berbagai layanan perawatan serta keperluan hewan peliharaan secara lengkap. Bisnis ini sendiri, bisa dijalankan di rumah jika terdapat area kosong, lho

44. Bisnis Jasa Pembuatan Website 

Jasa pembuatan website saat ini juga semakin dibutuhkan karena banyak sekali perusahaan mulai mengandalkan promosi digital melalui situs website. Melihat kondisi tersebut membuat peluang bisnis jasa pembuatan website semakin menguntungkan, dan menariknya bisa mulai menjalankan dengan modal minim. 

Banyak perusahaan mulai mengandalkan jasa satu ini karena bila website memiliki posisi cukup baik di mesin pencarian, maka banyak orang bisa lebih mudah menemukan bisnis milikmu. Selain itu, brand awareness perusahaan pun meningkat.

Itulah deretan ide bisnis rumahan tahun 2023 yang memiliki potensi besar untuk mendapatkan banyak keuntungan. Dari beberapa ide bisnis di atas, ada sebagian yang hanya membutuhkan keahlian, lho. Menarik untuk dicoba, bukan? 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama