December 2, 2021

5 Tips Sukses Membangun Bisnis Rumahan

Semenjak pandemi, mulai banyak masyarakat yang bangun bisnis rumahan secara online. Agar berjualannya sukses, simak tips bangun bisnis rumahan berikut ini yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Semenjak pandemi, mulai banyak masyarakat yang membangun bisnis rumahan. Banyak dari mereka yang membuka toko online karena didukung dengan adanya teknologi yang semakin canggih. Agar bisa berjalan sukses, simak tips membangun bisnis rumahan berikut ini yuk. 

Tips Sukses Membangun Bisnis Rumahan

1. Wajib Mempelajari Administrasi Bisnis

bisnis rumahan
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Sama halnya dengan bisnis skala besar, bagi kamu yang baru merintis juga wajib mempelajari administrasi dengan baik. Sebagai contoh dari hal sederhana yaitu, hitung rinci untuk pembagian modal.

Kamu harus mengetahui modal tersebut akan dibagi untuk sektor apa saja dan menghitung laba rugi. Tanpa adanya administrasi yang tepat, maka usaha milikmu dipastikan akan mengalami kesulitan untuk berkembang.

Jadi, agar administrasi bisa teratur dan membuat bisnis berkembang kamu perlu melakukan pencatatan transaksi keuangan. Pastikan sekecil apapun nilai pemasukan maupun pengeluaran untuk bisnis harus dicatat. Dan juga hindari untuk mencampur uang pribadi dengan bisnis.

Sebenarnya dalam hal ini kamu bisa menggunakan Youtap POS agar pencatatan hingga pengelolaan keuangan bisnis bisa lebih mudah, cepat dan akurat. 

2. Harus Memiliki Pikiran yang Positif

Tanpa disadari dukungan atau pikiran positif dari sendiri memiliki peran penting ketika menjalankan sebuah bisnis. Ketika memulai sebuah bisnis pastikan kamu memiliki minat pada bidang usaha tersebut agar bisa menjalaninya sepenuh hati. Apabila sejak awal sudah merasa ragu dan tak yakin dengan bisnis, maka dikhawatirkan tidak akan berjalan dengan mulus. 

3. Hitung Secara Rinci Modal dan Keuangan untuk Bisnis

bisnis rumahan
Gambar: freepik.com/fabrikasimf

Selanjutnya adalah perhitungan modal dan keuangan untuk bisnis. Pastikan kamu telah menghitung modal secara cermat dan rinci apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Beberapa biaya yang harus diperhatikan misalnya untuk membeli barang, bahan, maupun menyewa tempat usaha bila diperlukan. 

Untuk mendapatkan modal tersebut, kamu bisa meminjamnya di bank, patungan bersama teman atau anggota keluarga yang lain.

4. Memiliki Visi dan Misi yang Jelas

Menjalankan bisnis rumahan pun juga harus ada tujuan yang jelas dan realistis. Dengan begitu, usaha akan berjalan dengan baik dan dapat menentukan target pasar tepat sasaran. 

5. Adanya Dukungan Keluarga 

Terakhir, juga harus adanya dukungan dari keluarga untuk memulai usaha rumahan. Dukungan yang dimaksud ini bisa berupa materi maupun non-materi. Oleh karena itu, lakukanlah pendekatan dari hati ke hati agar anggota keluarga mengerti apa yang ingin kamu jalankan nantinya. 

Itulah beberapa tips sukses membangun bisnis rumahan. Selain memiliki modal, kamu juga harus ada visi dan misi yang jelas serta realistis. Tak lupa mintalah dukungan keluarga agar lebih semangat menjalankan bisnis rumahan. Segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 


AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama