September 13, 2022

10+ Bisnis Dropshipper Paling Menguntungkan, Apa Saja Ya?

Dropshipper banyak diminati karena mudah dilakukan di mana saja dan kapan pun. Bagi yang tertarik, berikut 6 rekomendasi bisnis dropshipper paling menguntungkan.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Pada dasarnya, banyak sekali orang ingin mulai menjalankan bisnis, namun seringkali terhalang karena modal atau terbatasnya kemampuan dalam menjangkau pasar. Namun, dengan kehadiran dropship atau yang lebih dikenal dengan bisnis dropshipper membuat orang-orang lebih mudah mulai usaha mereka tanpa harus memiliki banyak modal. Bagi kamu yang ingin mulai usaha, simak pengertian dan beberapa ide bisnis dropshipper, berikut yuk.  

Apa Itu Dropshipper?

bisnis dropshipper
Gambar: freepik.com/pressfoto

Dropship adalah bisnis yang melibatkan pihak ketiga atau disebut sebagai dropshipper yaitu orang untuk menjembatani hubungan antara pembeli dan produsen atau supplier barang. Walaupun hampir mirip, tetapi cara bisnis dropship dengan reseller sangat jauh berbeda. Dropshipper tidak perlu menyediakan tempat untuk menampung barang yang telah dibeli oleh pelanggan. 

Selain itu, dropshipper juga tak perlu mengirimkan barang tersebut satu per satu ke alamat pembeli. Jadi, singkatnya model bisnis dropship ini, mereka hanya meminta supplier mengirimkan barang ke pembeli atas nama dropshipper. Dengan kata lain dropshipper hanya sebagai media untuk mempromosikan barang yang dijual oleh supplier.

Sederhananya dropshipper merupakan seseorang yang melakukan penjualan produk milik pihak lain, tanpa harus stok dan mengirimkan pesanan. Pasalnya, proses pengiriman dilakukan oleh pihak ketiga, yaitu produsen atau pemasok utamanya. Jadi, kamu bisnis dropshipper ini hanya membuat kamu bertugas membuka toko online dan mempromosikan produknya saja melalui berbagai macam media. 

Keuntungan Bisnis Dropshipper

bisnis dropshipper
Gambar: freepik.com/jcomp

Berikut beberapa keuntungan menjalankan bisnis dropshipper

1. Modal Awal Lebih Rendah

Keuntungan pertama yang akan didapat oleh para penjual ketika menjalankan bisnis dropshipper adalah modal awalnya lebih rendah. Menariknya, kamu benar-benar bisa memulai bisnis dropshipping saat tidak memiliki dana yang diperlukan untuk menjalankan operasi ritel tradisional.

2. Skalabilitasnya Lebih Besar 

Keuntungan kedua adalah skalabilitasnya lebih besar. Di mana pesanan dari para pelanggan tidak bergantung pada ukuran lokasi atau jumlah pekerja untuk mengirimkan pesanan. Oleh karena itulah, bisnis dropshipper ini justru bisa sangat menguntungkan bagi para retailer yang mengalami fluktuasi penjualan karena faktor musiman atau sebab lainnya.

3. Manajemen Persediaan Lebih Rendah

Keuntungan ketiga adalah bisnis dropshipping mengurangi biaya manajemen persediaan. Di mana kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk melacak inventaris, mengelola infrastruktur atau mengelola pengiriman karena hal tersebut sudah langsung diurus oleh pemasok. 

4. Penawaran Produknya Beragam 

Keuntungan keempat adalah produk yang bisa dijual oleh dropshipper cukup beragam. Jadi, kamu bisa sesuaikan produk apa yang ingin dijual dengan target pasar bisnis masing-masing. 

5. Lebih Fleksibel

Keuntungan kelima adalah bisnis dropshipper ini lebih fleksibel bergerak dalam berbagai aspek bisnis ritel. Maksudnya, sebuah merek tertentu bisa beroperasi dari mana saja, menawarkan jenis produk yang berbeda, dan membuat penawarannya sesuai dengan preferensi pasar. 

Baca Juga: 7 Ide Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

Ide Bisnis Dropshipper

1. Dropshipper Kosmetik atau Skincare

bisnis dropshipper
Gambar: freepik.com

Dari tahun ke tahun, memang pasar kosmetik dan skincare seperti tak ada habisnya. Demi memiliki tampilan wajah yang sehat dan bersih, banyak perempuan rela menginvestasikan uangnya untuk membeli produk-produk kecantikan.

Jika kamu memang dekat dengan segmen pasar perempuan dewasa hingga dewasa, tak ada salahnya untuk memilih bisnis dropshipper di bidang kosmetik atau skincare. Kemudian, pastikan juga kamu memahami tentang keaslian produk dan memprediksi tren kecantikan. Jadi produk yang kamu jual pun bisa tetap bersaing di pasaran. 

2. Dropshipper Makanan Sehat

bisnis dropshipper
Gambar: freepik.com/jcomp

Saat ini gaya hidup sehat memang sedang populer di kalangan keluarga muda hingga orang tua. Gaya hidup sehat itu pun didukung dengan memilih produk-produk berkualitas untuk dikonsumsi. Jadi memilih dropshipper makanan sehat, bisa menjadi pilihan tepat karena masyarakat sedang membutuhkannya dan bisa menjadi peluang besar untuk meraup banyak keuntungan. 

Baca Juga: 7 Tips Membuka Usaha Warung Makan

3. Dropshipper Pakaian

Shop for clothing,clothes shop on hanger at the modern shop boutique
Gambar: freepik.com/jcomp

Selanjutnya untuk yang ingin memulai usaha pakaian dan produk fashion lainnya bisa juga menjadi dropshipper pakaian atau alternatif lainnya seperti aksesori jam tangan, tas, dan topi. Namun, kamu harus memilih salah satunya karena perlu menargetkan calon pelanggan yang spesifik. Dengan begitu kamu bisa mempromosikan produk jualan ke sasaran yang tepat dan jelas.  

Sebagai contoh, kamu menjual pakaian dan accesories kepada orang-orang dengan target perempuan usia 30-40 tahun. Kamu harus bisa menentukan target pasaran secara spesifik seperti untuk kalangan tua atau muda, laki-laki atau wanita, hingga umur mereka. 

4. Dropshipper Aksesori Gadget

Laptop, mobile and tablet on the table
Gambar: freepik.com/racool_studio

Aksesori gadget adalah salah satu ide bisnis dropshipper yang juga strategis. Alasannya, karena memiliki fungsi dan materialnya bisa dipastikan. Kemudian, di era yang semakin canggih ini juga banyak orang lebih memilih untuk membeli aksesori secara online daripada harus datang ke toko.

Namun ketika menjalankan bisnis yang satu ini, kamu perlu pintar mencari produk yang menarik dan juga berkualitas baik. Selain itu, penting juga untuk memastikan ada aturan pengembalian barang yang jelas karena produk elektronik seperti earphone, mouse, atau flashdisk rawan rusak. Jadi, agar pelanggan tidak kecewa kamu juga harus memberikan garansi barang yang rusak saat pengiriman bisa diganti atau dikembalikan. 

Baca Juga: 9 Kiat UMKM Sukses di Era Digital

5. Dropshipper Peralatan Rumah Tangga

Young woman ironing the clothes
Gambar: freepik.com/racool_studio

Tak hanya pasangan muda yang baru membeli rumah, wanita, pria, hingga anak remaja pun juga banyak yang mencari dropshipper peralatan rumah tangga. Contohnya seperti piring cantik, dekorasi rumah, alat memasak dan peralatan rumah tangga lainnya juga tak luput dari potensi dropshipping

Kemudian, kamu juga harus teliti dalam memilih supplier produk karena biasanya dibuat secara masal, jadi pastikan untuk mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Khusus untuk peralatan rumah tangga ini, biasanya orang tak terlalu memperdulikan merk. Jadi, kamu bisa menjalankan bisnis dropship tanpa perlu mengeluarkan tenaga untuk branding. 

6. Dropshipper Furnitur

Mid-century modern living room interior design with monstera tree
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Terakhir, ada jenis produk yang bisa jadi peluang bisnis dropshipper paling menguntungkan yaitu furnitur. Saat ini minat pada dekorasi rumah sangat melonjak tinggi. Tentu kesempatan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Kamu bisa menyediakan alat atau hiasan menarik untuk melakukan dekorasi kamar maupun rumah. Pastikan untuk menawarkan berbagai jenis furnitur yang berkualitas. Kamu bahkan juga bisa memulai bisnis dropship furnitur hingga ke luar negeri, lho. 

7. Dropshipper Produk Bayi 

bisnis dropshipper

Bisnis dropshipper produk bayi juga cocok bagi ibu-ibu rumah tangga. Seperti yang kita tahu, kebanyakan ibu-ibu rumah tangga saat ini banyak yang tidak memiliki waktu lebih untuk keluar membeli aneka produk bayi, sehingga alternatif satu-satunya adalah belanja online. Dalam hal tersebut tentu bisa jadi peluang yang baik bagi kamu untuk menawarkan produk-produk bayi secara online. Kamu bisa coba mempromosikannya melalui WhatsApp atau aplikasi lainnya yang biasa dipakai ibu-ibu. 

8. Dropshipper Peralatan Masak 

bisnis dropshipper
Gambar: freepik.com

Dunia bisnis kuliner memang sedang merajalela, tidak hanya makanannya tapi sampai kegiatan memasak. Apalagi banyak orang yang mulai membagikan tutorial masak dengan lebih mudah dan praktis melalui media sosial mereka di aplikasi TikTok yang ternyata menggiring penontonnya untuk mencoba resep baru. Hal inilah yang membuat peluang bisnis dropshipper peralatan masak patut dicoba, karena pasarnya cukup luas. Kamu bisa coba menjual peralatan seperti panci marmer, pisau, piring, gelas unik dan lain-lainnya. 

9. Dropshipper Aksesoris 

bisnis dropshipper
Gambar: freepik.com/rochak shukla

Aksesoris seperti kalung, gelang, cincin dan lain-lainnya memang lebih dikenal banyak digunakan oleh wanita, namun tren yang semakin berkembang ternyata membuat pria juga banyak memakainya. Selain itu, aksesoris juga bisa gunakan untuk pasangan dengan model yang sama. Agar aksesoris yang kamu jual bisa dibeli oleh wanita hingga pria, maka cobalah untuk menjual aneka ragam model dan bahan perhiasan. Bisa terbuat dari bahan logam, tali, kain, benang, hingga kulit. 

10. Dropshipper Jajanan 

Gambar: freepik.com

Kini banyak sekali orang beli aneka jajanan untuk dikonsumsi sebagai makanan camilan bersama teman atau keluarga. Beberapa jajanan pedas yang banyak diminati tersebut adalah mie lidi, cimol, bakso goreng, dan lain-lainnya. 

12. Dropshipper Album K-Pop

Gambar: freepik.com

Melejitnya nama BTS di dunia internasional ternyata membuat popularitas K-Pop kembali menjadi booming. Melihat hal tersebut tentu menjual album K-Pop atau merchandise menjadi peluang yang sangat menguntungkan. Pasalnya, masih banyak sekali penggemar K-pop yang tidak mengetahui membeli barang-barang original tersebut di mana. Kamu pun bisa menggunakan peluang tersebut dengan membuka dropship album KPop di supplier terpercaya. Tapi jangan lupa untuk memastikan review supplier-nya seperti apa, tujuannya agar tidak dirugikan.

13. Dropshipper Aksesoris Teknologi 

Terakhir membuka bisnis dropshipper aksesoris teknologi untuk laptop, handphone, camera atau yang lainnya. Agar lebih menarik perhatian pelanggan, kamu bisa menambahkan dropshipper dengan tren terbaru, sebagai contoh menjual stiker untuk keyboard berwarna dark atau pastel, mouse karakter, custom casing HP dan lain-lainnya. 

Baca Juga: Cara Mengelola Bisnis Online Agar Panen Cuan

Kesimpulan

Itulah beberapa bisnis dropshipper paling menguntungkan, yaitu kosmetik, makanan sehat, pakaian, gadget, peralatan rumah tangga, hingga furnitur. Selain melihat peluang bisnis dropshipper, kamu juga perlu mempersiapkan pengelolaan yang berbasis digital di era teknologi yang sudah semakin canggih seperti sekarang. 

Dalam hal ini, kamu bisa melakukan pengelolaan bisnis dengan menggunakan Youtap POS, sebuah aplikasi POS online yang nanti terdapat berbagai macam fitur canggih untuk membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis. 

Tidak hanya itu saja, Youtap POS juga menyediakan macam-macam fitur untuk membantu mengelola bisnis. Fitur-fitur tersebut adalah E-menu, POS Kasir, QRIS dan semua Cashless, Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Multi Perangkat Terkoneksi, Kalkulator Digital, Penyesuaian Harga, Pembayaran Tunai, dan Pajak serta Analisa Produk. 

Selain itu, kamu juga dapat langsung untuk Mulai Usaha apapun dengan menggunakan aplikasi usaha Youtap yang memiliki berbagai macam solusi pengelolaan secara lengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga berbagai macam tips, promo, informasi, hingga event di Blog Youtap.  Jadi, tunggu apalagi? Kini saatnya  untuk bergabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.

Banner Download Youtap POS
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama