June 13, 2022

7 Cara Mendapatkan Customer Baru Saat Berbisnis

Selain fokus untuk mengelola pelanggan lama, namun sebagai pelaku usaha juga wajib memperhatikan cara mendapatkan pelanggan baru bisnis dengan tips berikut!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Memiliki banyak pelanggan tentu menjadi salah satu tujuan para pelaku bisnis agar penjualan semakin meningkat. Pasalnya dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dan bisa semakin berkembang. Tak hanya perlu mengelola pelanggan lama, namun perhatikan juga beberapa cara mendapatkan pelanggan baru dalam bisnis. 

Apa Itu Pelanggan Baru dalam Bisnis?

cara mendapatkan customer baru
Gambar: freepik.com

Seperti yang kita ketahui, dalam menjalankan bisnis kamu harus mendapatkan banyak pelanggan agar penjualan terus meningkat. Tak hanya sekadar mengelola pelanggan lama, pastikan juga bisa mendapatkan pelanggan baru. 

Pelanggan baru sendiri adalah calon pelanggan atau pembeli yang melihat iklan bisnis milikmu. Lalu, mereka akan tertarik dan melakukan transaksi pembelian, dimana sebelumnya belum pernah. Sederhananya, pelanggan baru adalah calon pembeli yang baru pertama kali melakukan transaksi di bisnis milikmu. 

Cara Mendapatkan Pelanggan Baru

Bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia bisnis, simak beberapa cara mendapatkan pelanggan baru berikut ini: 

1. Beri penawaran diskon dan promosi kepada pelanggan baru

Pertama, cobalah untuk memberikan penawaran diskon dan promosi kepada pelanggan baru kepada konsumen. Ini menjadi salah satu cara efektif karena saat ini mulai banyak konsumen yang mencari nilai dan penawaran terbaik. Dengan adanya penawaran seperti ini, dapat menarik dan meningkatkan kepercayaan pelanggan baru untuk membeli produk milikmu. 

2. Cobalah untuk meminta referensi pelanggan lain

Kedua, meminta referensi pelanggan lain. Kamu bisa melakukan cara ini setelah  mendapatkan loyalitas pelanggan pada saat transaksi. Sebaiknya manfaatkan mereka untuk mendapatkan kenalan baru. 

Jadi, kamu perlu melakukan pendekatan sistematis agar secara aktif mengumpulkan referensi dari pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan bisnis. Pastikan kamu membangun aktivitas yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk membeli produk bisnis. 

Cobalah untuk mengirimkan email kepada pelanggan setelah mereka melakukan pembelian, pastikan apakah merasa puas atau tidak dengan produk serta pelayanan yang diberikan, lalu mintalah referensi. 

3. Memperluas pasar atau networking

cara mendapatkan customer baru
Gambar: freepik.com

Ketiga, pastikan untuk terus memperluas pasar atau networking. Cobalah untuk bergabung dengan asosiasi perdagangan, dan organisasi jaringan lainnya agar pasar bisnis semakin luas. Kemudian, lakukan pendekatan dengan mengajukan pertanyaan seputar manfaat atau kegunaan produk bisnis milikmu untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

4.Bermitra dengan bisnis pendukung

Keempat, melakukan kerja sama dengan bisnis yang memiliki basis pelanggan serupa, tapi pastikan tidak bersaing secara langsung, ya. Lalu, buatlah strategi bagaimana kamu dapat memasarkan ke pelanggan untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Perlu diketahui bahwa cara satu ini cukup efektif untuk menarik pelanggan baru tanpa menghabiskan banyak uang, lho

5. Mempromosikan kelebihan produk bisnis

Kelima, promosikan kelebihan produk bisnis. Seperti yang kita tahu bahwa persaingan bisnis di pasar memang semakin ketat, sehingga kamu sangat perlu untuk menunjukkan kelebihan yang dapat membangkitkan minat pelanggan. 

6. Ikuti beberapa acara komunitas

Keenam, coba ikuti beberapa acara komunitas. Menurut hasil survei, kebanyakan orang memang lebih suka mendukung bisnis lokal dan independen. Jadi, tingkatkan profil bisnis di komunitas dengan berpartisipasi dalam acara dan organisasi tertentu. 

7. Melakukan penawaran program referral

Terakhir, melakukan penawaran program referral untuk membuat pelanggan tetap setia memperkenalkan ke teman dan koleganya agar  membeli produk bisnis milikmu.Sebagai contoh sederhana, sebuah restoran dapat menawarkan “beli satu hidangan utama, dapat satu ice cream gratis” agar mampu menarik lebih banyak pelanggan baik lama maupun baru.

Itulah beberapa cara mendapatkan pelanggan baru yang jitu. Namun, kamu juga harus tetap mengelola pelanggan lama agar mereka kembali melakukan pembelian di bisnis milikmu. Dalam hal ini, kamu membutuhkan Youtap POS yang menyediakan berbagai macam fitur canggih untuk bantu kelola bisnis jadi lebih efektif, efisien dan cepat. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama