October 21, 2021

6 Promosi Usaha yang Paling Efektif untuk Dilakukan

Demi meningkatkan keuntungan maksimal saat menjalankan bisnis, berikut ini beberapa promosi usaha yang paling efektif untuk dilakukan.

Agar sebuah bisnis mendapatkan banyak pembeli atau konsumen, seorang pebisnis akan melakukan berbagai cara untuk promosi usaha. Dan berikut ini beberapa cara promosi usaha yang bisa kamu lakukan di era digital. 

Tentang Promosi

Menurut Fandy Tjiptono dalam situs Kompas.com, promosi merupakan sebuah komunikasi yang masuk menjadi salah satu strategi pemasaran dengan tujuan untuk mempengaruhi, menyampaikan sesuatu, membujuk, serta meningkatkan target pasar dari sebuah produk atau jasa sebuah suatu perusahaan. Sedangkan dikutip dari Wikipedia, promosi adalah bagian dari strategi marketing atau pemasaran untuk mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand.

Baca Juga: 7 Strategi Penjualan Online Paling Efektif Meningkatkan Omzet

Promosi Usaha yang Paling Efektif 

Tujuan utama dari sebuah promosi adalah meningkatkan penjualan produk. Tetapi, sebelum masuk dalam kegiatan promosi ini, kamu harus lebih dulu mengenalkan produk yang dijual ke masyarakat. Selain itu, promosi usaha yang paling efektif juga harus fokus pada upaya menciptakan ketertarikan masyarakat menggunakan produk yang ditawarkan. 

Tentu ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti membuat iklan produk, menggunakan jasa dari influencer, mengadakan sebuah event, dan lain-lain. Berikut ini beberapa promosi usaha yang paling efektif dilakukan dengan cara: 

1. Memberikan potongan harga untuk setiap produk yang dijual

Hingga saat ini faktor haga masih menjadi hal paling utama bagi konsumen saat melakukan pembelian. Oleh sebab itu, promosi usaha diskon atau memberikan potongan harga masih menjadi cara yang paling efektif untuk dilakukan. Sebagai salah satu contoh promosi usaha di Indonesia yang biasanya dilakukan secara serentak adalah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Apabila kamu memiliki toko online, tentu saja menyelenggarakan promo diskon atau potongan harga ini bisa kapan saja. Hal ini tergantung pada kebijakan setiap pelaku bisnis, atau kamu juga bisa memilih untuk menunggu momen seperti Harbolnas. 

2. Memberikan layanan gratis ongkos kirim 

Saat ini layanan gratis ongkos kirim atau lebih dikenal free ongkir adalah hal yang paling dicari oleh para pembeli.  Tingginya transaksi ecommerce saat ini mendukung banyak orang untuk memilih layanan gratis ongkir, karena hal itu sangat menguntungkan untuk bisnis. Selain itu, perlu juga kamu ketahui meskipun layanan ini gratis, tetapi tak ada bedanya dengan jenis pengiriman lain. Kamu tidak perlu menunggu lama dan barang akan sampai kepada penerima tepat waktu. 

Oleh sebab itu, jika kamu menggunakan layanan free ongkir tentu akan membuat pembeli tertarik. Tidak hanya memberikan kemudahan, tapi juga value saat berbelanja produk. Dengan pendekatan bebas ongkos kirim ini penjualan produk pun bisa ikut meningkat. 

Baca Juga: Penting! 5 Keuntungan Membuat Promo Bagi Kesuksesan Usaha

3. Memberikan penawaran cashback

Promosi usaha lainnya adalah penawaran cashback yaitu mengembalikan sejumlah uang setelah pembelian. Penawaran cashback ini berlaku jika pembelian yang dilakukan mengikuti syarat yang ditentukan oleh penjual. Biasanya berupa pembelian sejumlah nominal tertentu.

Walaupun ada syarat tertentu, cashback tetap jadi promosi usaha yang terbilang menarik bagi para pembeli. Tak hanya marketplace saja yang bisa melakukan promosi usaha cashback, bagi kamu pemilik toko pun bisa menerapkan promo ini. 

4. Mengadakan promosi usaha flash sale

Kemudian, ada juga promosi usaha flash sale yaitu sebuah metode penjualan dalam waktu singkat, serta memiliki jumlah terbatas dan memiliki harga yang terbilang cukup murah. 

Promosi usaha flash sale ini menjadi salah satu jenis promosi yang terbilang cukup efektif. Hal tersebut karena promosi usaha flash sale menggunakan strategi ketersediaan barang yang terbatas. Secara otomatis banyak calon konsumen yang tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan produk atau barang terbatas tersebut. 

Paket Bundle Extra Mantap
Paket Bundle Extra Mantap

5. Promosi beli 1 gratis 1

Tak kalah efektif dengan cara promosi lainnya yang di atas, beli 1 gratis 1 untuk setiap pembelian produk tertentu juga sangat efektif dalam dunia bisnis. Walaupun promosi usaha beli 1 gratis 1 ini sudah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis, tetapi hingga kini masih cukup efektif untuk dilakukan. Ketika melakukan promosi usaha beli 1 gratis 1,  produsen justru mampu menjual produk lebih banyak karena secara tidak langsung pembeli telah membeli dua produk sekaligus. 

6. Adanya poin rewards untuk pembeli

Terakhir, promosi usaha poin rewards yaitu sebagai hadiah untuk pembeli. Hadiah ini biasanya diberikan kepada konsumen yang telah menjadi pelanggan atau sering menggunakan produk bisnis milikmu. Cara promosi usaha ini bisa dilakukan di berbagai jenis bisnis. Salah satu contohnya, bagi kamu yang memiliki usaha pencucian mobil. 

Sebagai poin rewards atau hadiah, bisa membagikan kartu promo khusus atau sticker. Cara menerapkan promosi usaha ini pun cukup mudah. Setiap pelanggan yang datang untuk mencuci mobil di tempat usaha milikmu, berikan satu sticker atau kartu yang akan mereka terima. 

Setelah itu, kamu bisa tetapkan batas minimal pelanggan menerima kartu atau sticker tersebut agar bisa mendapatkan hadiah. Dengan cara ini pun, konsumen akan senang melakukan cuci mobil di tempat usaha milikmu dan bisa meningkatkan keuntungan. 

cta banner Youtap Indonesia

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang