Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 16, 2022

5 Media Sosial untuk Promosi Bisnis, Apa Saja?

Promosi online memang cukup efektif, namun tidak hanya Instagram, berikut ini juga beberapa media sosial yang bisa digunakan untuk mendukung pemasaran bisnis.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Walaupun media cetak masih digunakan, tetapi penggunaan media sosial Instagram saat ini memang lebih populer apalagi untuk berbisnis khususnya sebagai bagian dari strategi marketing. Namun, tidak hanya Instagram saja, berikut ini juga beberapa media sosial untuk promosi bisnis yang sering digunakan.

Media Sosial untuk Promosi Bisnis

1. Facebook

media sosial untuk promosi bisnis
Gambar: freepik.com/jannoon028

Media sosial untuk promosi bisnis memang yang paling populer. Bagaimana tidak, pasalnya Facebook ini nomor satu dalam daftar 10 situs teratas untuk bisnis. Kemudian sebanyak 60 persen pengguna internet dan 80 juta pebisnis menggunakan Facebook. Facebook ini digunakan untuk membangun kesadaran merek bisnis, meningkatkan traffic website, mendapatkan prospek, hingga menghasilkan konversi online. 

Hampir semua orang dapat menemukan target audiens dengan tepat di platform ini. Caranya dengan Facebook Ads atau membuat konten berkualitas tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan. Melalui Facebook, kamu dapat menargetkan berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, perilaku pembelian, status hubungan, dan banyak lagi lainnya. Tentu kategori target tersebut dapat dengan mudah menempatkan iklan dan konten bisnis milikmu. 

2. Instagram

media sosial untuk promosi bisnis
Gambar: freepik.com/natanaelginting

Selanjutnya adalah media sosial yang saat ini paling digandrungi untuk membagikan momen melalui video atau foto yaitu Instagram. Perlu kamu ketahui bahwa penggunaan Instagram ini telah mencapai 130 juta klik perbulan pada bagian postingan komersial dan sebanyak 62 persen pengguna login setiap harinya. Melalui Instagram kamu dapat meningkatkan pengikut secara organik dan jangkauan profil. Tentu saja hal ini, menjadikan Instagram sebagai pilihan yang tepat untuk bisnis tanpa anggaran iklan besar.

Keuntungan lain menggunakan Instagram sebagai media promosi digital adalah bisa mempublikasikan postingan foto dan video tentang produk bisnismu. Sehingga lebih mudah memperkenalkan atau menampilkan produk dan jasa yang kamu tawarkan. 

3. YouTube

media sosial untuk promosi bisnis
Gambar: freepik.com/ijeab

Media sosial untuk promosi bisnis lainnya yang tepat digunakan adalah YouTube. Ini merupakan sebuah platform video yang memudahkan pengguna untuk menonton dan membagikan konten-konten video. Hampir mirip dengan Instagram, YouTube memiliki manfaat konten visual. Namun tidak seperti situs media sosial lain untuk bisnis, YouTube memiliki posisi unik di Google. Oleh sebab itu, YouTube memiliki akses ke platform periklanan Google, dan kamu pun bisa mendapatkan banyak keuntungan ketika iklan-iklan tersebut banyak ditonton.

4. Twitter

media sosial untuk promosi bisnis
Gambar: freepik.com

Twitter juga platform media sosial yang memiliki 336 juta pengguna aktif setiap bulannya. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat memposting konten berupa tulisan yang jumlah karakter katanya terbatas. Twitter pun paling dikenal dengan kontennya real time. Hal ini biasa juga disebut sebagai live tweeting

Twitter juga bagus untuk menarik pelanggan potensial baru dengan penggunaan tagar. Mirip dengan Instagram, kamu dapat mencari tagar untuk menemukan pos dari konsumen atau bisnis kompetitor yang telah menggunakan tagar itu. Ini berarti, melalui penggunaan tagar di Twitter, kamu akan lebih mudah menemukan konsumen yang mencari produk atau jasa bisnismu. 

5. TikTok

media sosial untuk promosi bisnis
Gambar: freepik.com

Terakhir ada TikTok yang jadi salah satu media sosial untuk bisnis paling populer khususnya dikalangan generasi Z atau Gen Z. Meskipun telah memiliki banyak user, namun tetap saja ketika melakukan promosi bisnis melalui TikTok tentu harus ada beberapa hal yang perlu dilakukan khususnya dalam hal periklanan. Satu-satunya cara bagi marketer menggunakan platform ini untuk beriklan adalah melalui influencer.

Itulah beberapa media sosial untuk promosi bisnis yang paling sering digunakan. Kamu bisa tentukan penggunaannya sesuai dengan target audiens, sehingga informasi yang dibagikan melalui akun bisnis media sosialmu tepat sasaran. Youtap percaya apapun bidang usaha kamu, pasti bisa tumbuh semakin besar dan kuat sehingga memberikan dampak ke perekonomian Indonesia. Yuk, Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama