Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
October 15, 2021

5 Alasan Pentingnya Laporan Penjualan Saat Menjalankan Usaha

Selain produk yang berkualitas, menjalankan sebuah usaha juga membutuhkan laporan penjualan yang jelas dan rinci. Kenapa laporan penjualan itu penting?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika memutuskan untuk mulai usaha, perlu dipahami bahwa semua jenis usaha dari skala kecil, menengah hingga besar tentu harus memiliki laporan penjualan yang jelas. Kamu tidak bisa menyepelekan begitu saja tentang laporan penjualan, termasuk saat menjalankan usaha kecil. Pencatatan administrasi yang dibuat dengan detail, dan rapi dapat membantu usaha semakin berkembang.

Hal itu karena, laporan penjualan atau pembukuan keuangan tersebut bisa menjadi salah satu acuan dalam mengetahui seberapa besar perkembangan usaha selama ini. Dan juga, tanpa ada laporan penjualan yang jelas kamu akan kesulitan melihat keuntungan dari usaha tersebut.

Pentingnya Laporan Penjualan untuk Menjalankan Usaha

Seperti yang kita tahu, dalam menjalankan sebuah bisnis usaha kamu harus lebih dulu paham bagaimana memanfaatkan modal hingga mengetahui seluruh pemasukan serta pengeluaran. Hal itu penting dilakukan agar usaha yang dijalankan tidak mengalami kerugian dan berikut ini pentingnya laporan penjualan:  

1. Bisa menjadi acuan dalam mengambil sebuah keputusan

Seluruh bisnis usaha baik kecil maupun besar pasti akan melakukan pemeriksaan pencatatan keuangan atau melakukan audit. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan agar bisa melihat seperti apa kondisi keuangan selama usaha berjalan dan berapa keuntungan yang didapatkan. Apabila keuntungan yang didapat bisa mencapai target, berarti sistem pengelolaan keuangan lama bisa digunakan kembali.

Laporan Penjualan, Acuan Membuat Keputusan
Gambar: Freepik/@katemangostar

Tetapi, jika hasil yang didapatkan sebaliknya atau rugi maka harus ada yang diubah dalam sistem pengelolaan keuangannya. Laporan penjualan ini yang akan membantu memberikan solusi terbaik bagi perusahaan agar bisa mendapatkan laba lebih besar.

2. Data valid sebagai dasar evaluasi 

Ketika menjalankan sebuah usaha, kamu harus memiliki data-data yang valid dan tidak boleh hanya berdasarkan asumsi, apalagi dalam hal keuangan. Dengan adanya laporan penjualan ini, bisa terlihat jelas apakah usaha yang dijalankan mendapatkan keuntungan sesuai target atau tidak. 

Laporan penjualan sebagai dasar evaluasi
Gambar: Freepik/@DCStudio

Sebuah usaha harus memiliki data yang jelas tentang besarnya laba dan kerugian yang mungkin dialami. Apalagi jika kamu sudah memiliki karyawan, laporan penjualan bisa menjadi data valid dalam evaluasi kemajuan atau kemunduran usaha. Ketika laporan penjualan kurang baik maka perusahaan bisa melakukan evaluasi. Hal itu pun juga bisa membuat perusahaan terhindar dari kerugian lebih besar lagi. 

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan UMKM

3. Laporan penjualan bisa menjadi dasar melakukan inovasi

Persaingan usaha di era digital ini tentu menuntut kamu untuk terus bisa berinovasi mengikuti tren konsumen. Hal itu tentu juga harus diimbangi dengan modal usaha yang stabil. Laporan penjualan yang rinci dan lengkap akan sangat membantu untuk melihat bagian mana yang perlu dilakukan perubahan atau perbaikan. Meskipun sudah mencapai target, namun hal itu bukan menjadi jaminan keuangan akan terus berjalan stabil di tahun depan.

laporan penjualan untuk inovasi
Gambar: Freepik/@ipopba

Jadi, agar target penjualan dan keuntungan bisa tetap berjalan stabil, lakukan inovasi dalam usaha diimbangi dengan rincian pada laporan penjualan.  Melalui laporan penjualan kamu bisa melihat mana yang akan berpeluang lebih bagus jika terus dikembangkan. 

4. Laporan penjualan sebagai bentuk pertanggungjawaban

Laporan penjualan untuk pertanggungjawaban
Gambar: Freepik/@jcomp

Walaupun rata-rata pelaku usaha memiliki bisnis dengan modal pribadi, tetapi pada kenyataan tidak semua seperti itu. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini justru banyak pelaku usaha yang menjalankan modal milik orang lain atau patungan bersama teman untuk menjalankan sebuah bisnis. Sebagai contoh dalam perusahaan yang memiliki skala modal besar, biasanya memiliki beberapa investor dan tentunya ingin tahu bagaimana perputaran uang mereka. Namun dengan adanya laporan penjualan, maka sebuah usaha bisa mengetahui laba dan rugi yang didapatkan. 

Baca Juga: 5 Cara Cepat Cek Laporan Hasil Penjualan

5. Memiliki data yang rinci dan transparan pada usaha

Terakhir, pentingnya memiliki laporan penjualan yang jelas dan transparan adalah syarat penting bagi sebuah usaha untuk mencari investor.  Demi mengembangkan usaha seringkali kamu akan butuh tambahan modal dari orang lain atau disebut sebagai investor. Para penanam modal atau investor inilah yang akan membutuhkan jaminan bahwa usaha yang ditawarkan tersebut cukup menjanjikan. 

data laporan penjualan
Gambar: Freepik/@gajus

Itulah alasan kenapa laporan penjualan menjadi faktor penting ketika memutuskan untuk memulai dan menjalankan sebuah usaha. Apalagi saat ini perkembangan teknologi di era digitalisasi sangat pesat, sehingga untuk proses pencatatan keuangan usaha menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dalam sebuah aplikasi. Salah aplikasi yang menyediakan fitur pencatatan hingga laporan penjualan secara online, yakni aplikasi usaha dari Youtap Indonesia. Youtap Indonesia memberikan sebuah solusi mengelola usaha menjadi lebih mudah dan simple. Penasaran apa saja benefit, fitur yang ada di aplikasi usaha Youtap? Download aplikasi Youtap sekarang juga! 

CTA Banner Artikel


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama