October 15, 2021

3 Cara Efektif Membaca Tren Konsumen Bagi Para Pelaku UMKM

Apabila kamu baru saja memulai sebuah usaha, penting untuk lebih dulu memahami 3 cara membaca tren konsumen berikut ini!

Ketika mulai usaha, kamu harus memiliki strategi bisnis yang jelas dan tepat. Tujuannya agar tidak mengalami kerugian dan bisa semakin berkembang. Oleh karena itu, kamu cara membaca tren konsumen sangatlah penting. Berikut penjelasan selengkapnya. 

Pentingnya Membaca Tren Konsumen di Era Digital

Setiap pelaku usaha tentu menginginkan kesuksesan dan juga berkembang setiap tahunnya. Hal itu bisa terjadi, tentu dengan adanya persiapan yang matang sejak awal.  Hal itu yang membuat perencanaan bisnis menjadi hal utama agar usaha yang kamu jalankan bisa terus bertahan di tengah-tengah persaingan seiring perkembangan zaman.

Jadi, bagi kamu yang ingin memulai suatu usaha, pastikan sudah siap dalam mengatur strategi sekaligus mampu berpikir kreatif dan inovatif. Salah satu langkah awal yang perlu dipersiapkan dalam membangun sebuah usaha yaitu membaca tren konsumen. 

Faisal Ardan selaku praktisi jualan online, menyampaikan dalam Webinar Kelas Pak Untung 2021 bahwa, “Teman-teman yang mau masuk jualannya di online itu penting banget kita harus baca tren pasar. Karena menurutku bisnis online ini jalannya cepet banget dan berkembangnya berdasarkan data dan banyak banget perubahan dengan sangat cepat.” Menyambung penjelasan dari Faisal di atas, berikut ini beberapa langkah yang telah dilakukannya hingga bisa sukses di dunia usaha online. 

1. Rahasia Lebih Cepat Memahami Sesuatu 

Dalam hal apapun, ketika ingin melakukan sesuatu pekerjaan kamu harus lebih dulu paham akan persoalan tersebut. Hal itu pun juga wajib kamu terapkan jika ingin memulai usaha online.  Namun, sebagian orang pasti ada yang mengalami kendala karena kesulitan memahami persoalan tertentu khususnya pada dunia bisnis. 
“Dan ini dulu juga aku alami, di mana udah pelajari banyak hal tapi nggak paham-paham, atau  paham pun butuh waktu yang lama.” ungkap Faisal. 

Demi mengatasi kendala tersebut Faisal membagikan tipsnya dengan mempelajari sebuah metode dari Jim Kwik FAST (Forget, Active, State, dan Teach). 

Forget

Memang terdengar agak unik karena kamu diminta melupakan saat ingin belajar sesuatu hal. Namun metode ini justru disarankan oleh Jim Kwik bagi kamu yang ingin belajar hal baru. Sebaiknya lupakan dulu semua yang kamu ketahui tentang subjek tersebut. 

Active

Ketika ingin mempelajari hal baru, selalu aktif adalah cara paling ampuh agar kamu bisa memahami dengan cepat. “Ketika kita sering aktif nanya, kita kan jadi belajar lebih lagi,” jelas Faisal. 

State

Keadaan ini juga menjadi faktor penting lainnya ketika kamu ingin memahami sesuatu lebih cepat. Keadaan atau tempat ketika kamu belajar pastikan membuatmu nyaman. Tujuannya agar konsentrasi tetap terjaga. 

Teach

Terakhir, cobalah metode belajar bersama. Artinya sambil belajar, kamu juga mengajarkan ilmu tersebut ke orang lain. Tanpa sadar, kamu jadi tertarik untuk memahami materi pembelajaran lebih dalam. Setelah berhasil dalam memahami sesuatu lebih cepat, kini langkah selanjutnya adalah kamu perlu tahu lebih dulu untuk membaca tren konsumen atau pasar.

Kelas-Pak-Untung-Tips-dari-Faisal-Ardan
Faisal Ardan sebagai Speaker dalam Event Webinar Kelas Pak Untung Oktober 2021


2. Cara Membaca Tren Konsumen di Pasar Online

Tujuan membaca tren konsumen ini agar bisnis yang sedang kamu jalankan bisa tumbuh mengikuti perkembangan zaman. Apabila usaha milikmu tertinggal tren pasar, tentu akan berdampak langsung pendapatan keuntungan setiap bulannya.  Faisal pun membagikan cara membaca tren konsumen yang lebih efektif di era digital, “ketika di dunia online ini, kita ingin membaca tren pasar temen-temen perlu beberapa sumber agar tren itu tervalidasi. Bukan hanya asumsi diri kita.” 

Dalam penjelasannya disebutkan bahwa penggunaan tools seperti Google Trend bisa menjadi alat yang tepat dan valid dalam membaca tren pasar atau konsumen. “Di Google Trend itu kita bisa baca tren ke belakang 5 tahun sambil membayangkan proyek ini naik atau baru turun.” Selain itu, kamu juga bisa mencari tren terbaru dengan menggunakan hashtag di berbagai media sosial baik seperti Instagram, Youtube, TikTok, maupun Twitter.

Baca Juga: Bangun Ekosistem Digital Usaha Terbesar, Youtap Luncurkan 2 Fitur Terbaru

3. Pentingnya Digitalisasi untuk Raup Keuntungan Berkali Lipat

Setelah mengetahui tren konsumen saat ini di pasar online, digitalisasi usaha itu sangatlah penting. Hal itu karena kebiasaan banyak orang yang kini telah berubah yaitu belanja secara online. Tentu kamu juga harus mempersiapkan beberapa hal sebelum masuk ke dunia digital marketing.  Dalam digitalisasi usaha ini ternyata, ada 4 poin utama yang perlu dipersiapkan yaitu: 

Dengan melakukan digitalisasi ini, tentu kamu bisa lebih mudah mengembangkan usaha untuk mendapatkan konsumen atau pasar baru. Hal itu didukung oleh teknologi yang semakin canggih, jadi toko milikmu bisa diakses secara online oleh siapapun dan kapanpun. 

Bagi kamu yang ingin memulai usaha, kini ada solusi digital terbaik untuk semua bisnis dan perusahaan hanya dengan download aplikasi usaha Youtap baik di Google Play Store ataupun Apps Store. Selain itu kamu juga bisa temukan berbagai tips, inspirasi, hingga promo menarik lainnya. Tunggu apalagi? Yuk mulai raup keuntungan usahamu sekarang juga.

Banner Download Aplikasi Usaha Youtap

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang