October 28, 2021

7 Cara Promosi Usaha Baru di Era Digital

Agar produk-produk usaha bisa dikenal oleh masyarakat luas atau target, berikut ini beberapa cara promosi usaha baru di era digital.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Melakukan promosi usaha memang menjadi bagian penting ketika menjalankan sebuah bisnis. Saat melakukannya pun kamu harus memahami tren digital saat ini, agar promosi bisa diterima dengan baik oleh masyarakat atau sesuai target. Dan berikut cara promosi usaha baru di era digital. 

Cara Promosi Usaha Baru di Era Digital

1. Promosi Usaha Baru Melalui Media Sosial

cara promosi usaha baru
Gambar: freepik.com

Semakin berkembangnya dunia internet saat ini membuat promosi melalui sosial media menjadi cara yang paling efektif. Media sosial menjadi sarana yang paling tepat untuk memasarkan produk maupun jasa apapun.

Fitur-fitur media sosial memang sangat mendukung memasarkan berbagai jenis bisnis. Sebagai salah satu contoh media sosial yang sering digunakan untuk kegiatan promosi usaha adalah instagram.

Media sosial yang dikhususkan untuk mengunggah foto dan video ini sangat baik untuk berbisnis. Selain itu, kamu juga perlu mengerti penggunaan tagar dalam instagram efektif untuk menjaring konsumen baru. Dengan adanya media sosial sebagai sarana promosi usaha baru, pemasaran produk kamu pun akan menjadi lebih mudah, efektif, dan hemat biaya.

2. Promosi Usaha Baru dengan Membuat Website

Tak hanya media sosial, membuat website juga bisa menjadi salah satu strategi promosi yang tepat dalam hal pemasaran bisnis di era digital ini. 

Dengan adanya website sebagai sarana untuk promosi usaha membuat produk atau jasa yang kamu jual terlihat profesional. Jadi, kamu sebagai pelaku usaha tidak hanya menggunakan media sosial, namun juga bisa dengan membuat website. Tujuan dari promosi usaha baru dengan membuat website ini agar lebih dikenal banyak orang dan bisa dicari melalui mesin pencari seperti Google. 

3. Promosi Usaha Baru dengan Menggunakan Marketplace

cara promosi usaha baru
Gambar: freepik.com/tonodiaz

Selanjutnya, juga bisa menggunakan marketplace sebagai media promosi usaha baru. Ada sekitar puluhan bahkan hingga ratusan marketplace di Indonesia saat ini. Setiap marketplace pasti memiliki fitur-fitur sendiri yang berbeda, sehingga sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

 Cara promosi usaha baru dengan marketplace menjadi strategi yang tepat karena bisa diperlihatkan berdasarkan kategori tertentu. Kamu juga bisa bergabung dengan B2B Marketplace Online milik Youtap lho, Bos!

4. Melalui Video Promosi dengan Mengunggah ke YouTube

Platform Youtube saat ini memang sedang banyak digandrungi oleh masyarakat luas, karena berisi banyak video dengan berbagai kategori sesuai dengan kebutuhanmu. 

Youtube tidak hanya sebagai media untuk membuat konten, tetapi juga menjadi sarana promosi usaha yang tepat. Alasannya karena, video bisa lebih mudah menarik perhatian banyak orang dibandingkan hanya dengan membaca teks.

Video promosi usaha juga bisa menggunakan berbagai metode, contohnya mulai dari durasi yang panjang, animasi, dan lainnya sesuai tema dengan produk yang ingin kamu jual. Hal utama dalam promosi usaha melalui video Youtube ini adalah bagaimana video yang dibuat bisa menarik perhatian orang karena mengandung makna tersendiri. 

5. Promosi Usaha Menggunakan Meme

Memasarkan bisnis melalui media sosial saat ini memang dinilai sangat jitu, akan tetapi meme pun juga bisa sangat berpengaruh. 

Apabila usaha yang dijalankan memiliki target untuk ke kalangan anak muda, akan lebih ampuh menggunakan meme. Strategi promosi usaha baru dengan meme ini terbilang cukup kekinian dan juga mudah untuk diingat banyak orang.

Promosi produk menggunakan konten meme ini juga akan lebih mudah tersebar, seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali akun media sosial yang menyajikan konten ini kepada pengikutnya. 

6. Melakukan Kerja Sama Endorsement dengan Selebgram

cara promosi usaha baru
Gambar: freepik.com/tirachardz

Besar atau kecil peran selebgram di media sosial saat ini sangatlah berpengaruh khususnya bagi kalangan anak muda.

Alasannya karena semakin banyak pengikut di media sosial, tentu tingkat kesadaran banyak orang akan suatu produk lebih tinggi atau mereka bisa membuat konten iklan secara singkat. 

Strategi promosi produk usaha melalui media sosial inilah yang disebut sebagai endorsement. Umumnya, para selebgram ini bisa dihubungi melalui pesan di instagram atau direct message untuk berdiskusi mengenai harga iklan di akun media sosial milik mereka. 

Endorsement atau iklan pada instagram memiliki nama lain yaitu paid promote atau promosi berbayar. Dengan adanya promosi usaha melalui cara endorsement, tentu produk yang kamu jual akan semakin dikenal banyak orang.

7. Menggunakan Aplikasi Youtap POS

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan Aplikasi Youtap POS. Ini merupakan sebuah platform dan solusi digital untuk bisnis dan perusahaan. Aplikasi usaha Youtap ini memiliki berbagai transaksi digital terkini kepada mitra agar lebih baik dalam melayani konsumen. 

Serta juga siap membantu semua pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya yang dilakukan setiap hari. Sebagai contoh seperti melakukan pembayaran tunai maupun non-tunai dengan cepat dan aman. 

Dengan menggunakan aplikasi usaha Youtap juga akan membantu dalam laporan penjualan hingga analisa. Apabila umumnya, pencatatan sebuah usaha dilakukan secara manual namun dengan Youtap semuanya bisa tercatat dengan baik mulai dari harian, mingguan, dan bulanan.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama