Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 10, 2022

7 Manfaat Social Media untuk Bisnis yang Wajib Diketahui

Social media tentu sudah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Dan berikut ini manfaat social media untuk bisnis.

Isi Artikel

Dalam dunia bisnis di era digital seperti sekarang ini, penggunaan platform social media tentu sudah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Terlebih banyaknya UMKM saat ini bisa menjadikan social media sebagai tempat untuk promosi dengan budget atau biaya yang lebih murah. Dan berikut ini manfaat social media untuk bisnis yang wajib kamu tahu. 

Manfaat Social Media untuk Bisnis

Melansir penjelasan dari laman instagram @foodizz.id, berikut ini beberapa manfaat social media  untuk bisnis: 

1. Membantu Pencarian Target Konsumen Bisnis

Melalui social media tentu kamu akan lebih efektif saat ingin mengirimkan pesan kepada target konsumen secara spesifik berdasarkan lokasi. Beberapa platform social media seperti Twitter, Instagram, dan Facebook bisa membantu para pelaku usaha untuk menyajikan informasi yang sesuai bagi konsumen. 

2. Mencari Hal-Hal yang Sedang Tren di Kalangan Pelanggan

Ketika menjalankan sebuah bisnis tentu kamu harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hal itu penting karena bisa menjadi salah satu kunci sukses. Penggunaan social media pun bisa membuat komunikasi antara penjual dan pelanggan ini  menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya.

Saat ini, kamu selaku pelaku usaha akan bisa mengetahui lebih terperinci mengenai siapa saja konsumen, bahasa yang digunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin. Tentu saja beberapa informasi ini sangat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat.

3. Melalui Social Media Pelanggan Bisa Memberi Feedback Secara Langsung

Selain itu, melalui social media juga kamu bisa mendapatkan feedback secara langsung dari pelanggan. Feedback ini merupakan informasi sangat berharga bagi kemajuan bisnis karena kamu akan mengetahui kualitas produk atau jasa dari sudut pandang pelanggan atau konsumen.

4. Memperluas Jangkauan Target Pasar

Instagram adalah salah satu social media yang dapat membantu bisnis kecil untuk menemukan konsumen dan mencari yang potensial. Apabila ingin mencari konsumen dengan lokasi yang strategis dengan bisnis milikmu, pencarian tersebut bisa langsung dilakukan dengan instagram.

5. Informasi Penting Bisa Lebih Cepat untuk Dibagikan 

Sebelum adanya perkembangan teknologi seperti sekarang ini, proses pemasaran umumnya banyak mengalami kendala dalam menyampaikan informasi kepada konsumen dalam waktu yang singkat.

Namun hal seperti keterlambatan informasi seperti itu saat ini bisa dihindari dengan adanya social media, sehingga bisa lebih mudah dan cepat. Cukup klik tombol share atau bagikan pada setiap social media yang digunakan kamu sudah bisa menyampaikan berbagai informasi penting kepada pelanggan secara cepat dan mudah.  

6. Mampu Mengembangkan Target Pasar 

Penggunaan social media untuk bisnis juga bisa menjadi alat berharga dalam mendapatkan informasi penting dari kompetitor. Dengan cara ini kamu  bisa menganalisa teknik apa yang digunakan oleh kompetitor dan melakukan hal yang lebih baik dari yang mereka lakukan. Lebih sederhananya kamu bisa melakukan research tentang kompetitor dengan cara yang lebih praktis. 

 7. Brand Awareness 

Poin penting terakhir adalah social media membantu meningkatkan brand awareness dengan biaya yang cukup murah. Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini hanyalah waktu karena membangun sebuah brand setidaknya membutuhkan tenaga, proses dan waktu yang tidak singkat. 

Itulah beberapa manfaat social media untuk bisnis. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuat sejak dini akun media sosial bisnis milikmu. Tujuannya agar bisa menjangkau konsumen lebih banyak dan luas melalui jaringan internet. 

Namun, dalam menjalankan bisnis di era digital seperti sekarang pastikan juga kamu sudah mulai menggunakan Aplikasi Bisnis Youtap karena dapat membantu mengelola lebih praktis. Kamu bisa langsung download aplikasinya di Google Play Store atau Apps Store, ya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama