Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
July 1, 2022

Seputar Penggunaan YouTube Marketing dalam Pemasaran Digital

Jadi salah satu strategi pemasaran online paling efektif, bagaimana cara mengoptimalkan video YouTube marketing yang tepat? Berikut penjelasan selengkapnya. 

Isi Artikel

Salah satu strategi pemasaran online yang cukup efektif digunakan sampai saat ini adalah YouTube marketing. Pasalnya di era serba digital seperti sekarang, penting bagi kamu untuk memaksimalkan pemasaran produk secara menarik seperti menggunakan platform YouTube. Namun, bagaimana cara mengoptimalkan video YouTube marketing yang tepat dalam pemasaran digital? 

Apa Itu YouTube Marketing?

youtube marketing
gambar: freepik.com

YouTube marketing sendiri merupakan sebuah teknik pemasaran dengan membagikan video melalui platform YouTube. Tujuan dari kegiatan ini untuk mempromosikan brand dan produk yang ditawarkan oleh bisnis milikmu. 

Selain itu, juga dapat membantu kamu mengkonversi hingga meningkatkan penjualan bisnis. Nantinya video yang dibagikan tersebut juga bisa berupa iklan untuk ditampilkan pada tayangan lain, lho. Jadi, kamu bisa membuat sendiri video promosi yang menarik dan mampu menyita perhatian penonton, baik dari segi cerita, aspek sinematik, atau dari sisi judulnya. 

Lalu, Apa Kelebihan Penggunaan YouTube Marketing?

1. Mengajak konsumen untuk membeli produk bisnis milikmu

Kelebihan pertama dari penggunaan YouTube marketing adalah mengajak konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan oleh bisnis milikmu. Pasalnya melalui konten video yang diunggah ke YouTube ini bisa berupa review atau promosi, di mana akan menarik perhatian pengunjung karena mereka dapat mengetahui kualitas produk dengan lebih detail. 

Tak hanya kualitas, kamu juga dapat memperkenalkan fitur atau fasilitas apa saja yang dimiliki, sehingga meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan konsumen. Satu konsumen yang berubah menjadi pembeli biasanya akan memberikan rekomendasi kepada lingkungannya.

2. Lebih komunikatif

Kelebihan kedua dari penggunaan YouTube Marketing adalah lebih komunikatif karena video promosi yang dibuat dapat menunjukkan fitur dan kualitas kepada konsumen secara lebih detail. 

Selain itu, penggunaan berbagai macam animasi atau efek visual dalam video promosi juga mampu membuat konten semakin menarik banyak orang. Ada baiknya tambahkan suara karena dapat membuat konten jadi tidak terlihat membosankan.

3. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Kelebihan ketiga adalah meningkatkan kesan kredibel pada bisnis. Namun, untuk bisa memberikan kesan ini, kamu akan membutuhkan beberapa strategi yang sangat tepat. Apabila kamu berhasil menyampaikan kesan kredibel dalam benak konsumen, maka mereka tidak akan lagi ragu untuk membeli produkmu. 

Oleh sebab itulah, membuat video marketing yang menarik sangat penting. Pastikan kamu membuat nama yang unik dan mudah diingat oleh konsumen, ya. Ada juga strategi lainnya, yaitu dengan memanfaatkan kondisi yang viral saat ini.

Baca juga: 5 Media Sosial untuk Promosi Bisnis, Apa Saja?

Cara Mengoptimalkan SEO Pada Video YouTube

youtube marketing
gambar: freepik.com

Bagi kamu yang sudah memiliki YouTube channel sendiri, maka kini saatnya mengoptimalkan SEO pada video-video yang diunggah dengan menggunakan beberapa cara berikut: 

1. Optimalkan judul video

Pertama, optimalkan judul pada video. Ini bagian paling penting karena judul merupakan hal pertama kali yang akan dibaca oleh pengunjung, sehingga mereka akan memutuskan untuk mengklik video tersebut atau tidak.

Oleh sebab itu, pastikan judul yang kamu buat menarik dan membuat penasaran sehingga orang akan mengklik video milikmu. Lebih baik lagi, jika kamu melakukan keyword research terlebih dahulu. Tujuannya untuk mendapatkan kata kunci yang banyak dicari atau diminati oleh orang.

2. Isi deskripsi

Kedua, pastikan untuk mengisi deskripsi video. Nantinya, YouTube hanya akan menampilkan dua hingga tiga baris pertama atau sekitar 100 karakter dari deskripsi video. Tidak lupa, letakkan CTA (Call to Action) serta link di awal deskripsi agar orang dapat menuju situs website bisnis milikmu dengan mudah.

3. Berikan Tag

Ketiga, perhatikan tag dari video. Dalam hal ini usahakan tag tetap relevan dengan keyword yang digunakan, ya. Alasannya agar tag video dapat menghubungkan video milikmu ke video lain yang kontennya serupa. Cara ini dapat memperluas jangkauanmu secara online.

4. Membuat thumbnail video yang menarik

Terakhir, membantu thumbnail atau gambar utama yang menarik. Ini dapat menumbuhkan minat audiens untuk mengklik video milikmu. Pasalnya thumbnail adalah gambar yang pertama kali dilihat saat menelusuri video di laman pencarian.

Itulah pengertian seputar YouTube marketing, kelebihan menggunakannya, dan cara mengoptimalkan video dengan tepat. Ini menjadi salah satu strategi pemasaran online yang terbilang efektif. 

Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Dalam hal ini kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama