Kehadiran teknologi yang kini semakin canggih ternyata membawa banyak perubahan dalam gaya hidup manusia, mulai dari beli makanan, mencari hiburan hingga belanja pakaian. Bahkan ada juga yang bekerja atau menjalankan bisnis secara online. Oleh karena itu, kini saat yang tepat untuk melakukan iklan online. Agar tepat dengan target, ketahui jenis-jenisnya, yuk.
Kini hampir seluruh kegiatan bisa dilakukan via online, termasuk periklanan. Sehingga sebagai salah satu pelaku bisnis, pastinya kamu sudah tidak asing dengan iklan online, bukan? Jenis iklan online ini muncul di berbagai platform dalam bentuk tulisan hingga video.
Online advertising atau iklan online adalah istilah yang mengacu pada satu definisi sama yaitu strategi atau teknik pemasaran bisnis yang melibatkan internet sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada target pasar.
Ikan online bisa berupa teks gambar, video dengan voice over, animasi, atau bahkan gabungan antara teks, video, voice over, serta musik. Umumnya bentuk atau tampilan dari iklan online ini sangat tergantung pada kebutuhan dan platform yang digunakan.
Jenis iklan online yang pertama adalah iklan media sosial. Jenis satu ini memang yang paling populer karena mampu memberikan berbagai kemudahan termasuk pengaturan target iklan cukup luas.
Nantinya, sebagai pihak pengiklan kamu memiliki pilihan untuk mengatur tampilan iklan ke pengguna tertentu berdasarkan usia, lokasi, hobi, gender, dan sebagainya.
Jenis iklan online kedua adalah email marketing. Walaupun tidak seramai iklan di media sosial tapi memang masih jadi salah satu pilihan yang efektif di era digital. Jenis iklan satu ini bukan hanya tepat untuk pelanggan tetap tapi juga beberapa pelanggan potensial yang baru.
Baca juga: 6 Cara Jitu Menarik Customer Baru yang Wajib Diketahui
Jenis iklan yang ketiga adalah sponsorship, yaitu kerja sama antara pemilik bisnis dengan pihak ketiga. Di mana pihak ketiga tersebut memiliki pengaruh besar ke audiens, seperti artis, influencer, selebgram, youtuber, atau bisa juga public figure lainnya.
Jenis iklan yang keempat adalah Contextual Advertising. Iklan online satu ini biasanya akan muncul secara otomatis sesuai dengan konteks atau topik yang sering dicari oleh pengguna internet.
Jenis iklan yang kelima adalah SEM, biasanya akan muncul di hasil pencarian Google saat sedang mencari informasi dari suatu topik. Cara kerja dari iklan jenis ini yaitu muncul secara otomatis saat topik yang relevan dicari oleh pengguna internet.
Bagi kamu yang tertarik, iklan SEM satu ini biasanya memiliki sistem pembayaran per klik atau disebut juga sebagai Pay per Click (PPC). Jadi, pihak yang menggunakan jasa iklan online hanya membayar setiap kali ada yang mengklik.
Itulah beberapa jenis iklan online yang hingga saat ini masih efektif untuk dilakukan dalam promosi bisnis. Selain memperhatikan promosi produk-produk bisnis, pastikan juga untuk melakukan pengelolaan dengan efektif dan efisien, ya.
Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis tentu akan membutuhkan sistem digital seperti Aplikasi Youtap karena sudah tersedia berbagai macam fitur canggih yang mampu bantu kegiatan operasional sehari-hari.