Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 12, 2021

6 Cara Jitu Menarik Customer Baru yang Wajib Diketahui

Hal penting lain yang perlu diperhatikan saat menjalankan bisnis adalah memiliki cara untuk menarik customer baru, dan berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

Isi Artikel

Salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis ialah mendapatkan customer atau pelanggan. Tentu memiliki jumlah pelanggan yang banyak dapat membantu meningkatkan keuntungan dan jumlah transaksi. Selain itu, juga mendukung pertumbuhan bisnis. Namun, bagaimana cara jitu menarik customer baru? Simak beberapa tipsnya berikut ini, yuk. 

Cara Paling Jitu untuk Menarik Customer Baru

1. Lakukan Pemasaran Melalui Media Sosial 

Setiap konten mengenai produk yang kamu tawarkan, pastikan untuk membagikannya ke beberapa platform media sosial. Hampir seluruh masyarakat Indonesia saat ini telah mengakses berbagai macam media sosial seperti mengakses Facebook, Instagram, Twitter, TikTok bahkan hingga Google Plus. Bagi yang menjalankan bisnis market B2B dapat ditambahkan LinkedIn sebagai sarana penyebaran informasi. 

2. Pemasaran Melalui Email Marketing

Pemasaran produk atau toko online juga bisa melalui sebuah konten artikel. Pastikan bahwa konten artikel tersebut kamu bagikan melalui email marketing dan sertakan selalu pilihan untuk berlangganan. Perlu kamu pahami bahwa email marketing akan lebih efektif apabila buyer persona adalah pekerja kantoran. Alasannya, karena mereka selalu memeriksa email dari waktu ke waktu, namun pastikan dengan pengaturan yang tepat agar tidak masuk ke folder spam

Dalam melakukan email marketing ini kamu membutuhkan teknik terbaik untuk bisa berjalan efektif sebagai salah satu cara meraih customer baru di dunia bisnis online.

3. Jual Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan Customer

customer baru
Gambar: freepik.com/prostooleh

Selain memperhatikan bagian promosi, kamu juga wajib pahami apa yang menjadi kebutuhan customer. Agar mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh pelanggan, kamu bisa melakukan riset terhadap target pasar terlebih dahulu. Sehingga pada saat tahap penawaran produk yang kamu jual, bisa tepat sasaran pada target pasar dan sesuai dengan kebutuhan mereka. 

4. Tawarkan Promo Produk Gratis

Promo produk yang satu ini khusus untuk pasar B2B. Cara menjalankan promo ini kamu cukup membuat sebuah penelitian dan memberikannya produk gratis. Saat melakukan penelitian tersebut, pastikan mereka mengisi email dan nomor telepon. Hal ini sangat efektif dalam mendapatkan quantified leads yang nantinya dapat dilanjutkan dengan email campaign.

5. Membuat Sebuah Video Iklan Tentang Produk

customer baru
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Apabila perusahaan milikmu menawarkan sebuah produk teknis atau berbasis pengetahuan, akan sulit untuk menjelaskan poin-poin penting kepada calon pembeli. Oleh sebab itu, kamu akan membutuhkan video iklan untuk menampilkan produk yang dijual. Buatlah potongan video singkat yang durasinya kurang dari dua menit, dan pastikan untuk menampilkan jargon usaha milikmu agar membedakan dengan kompetitor. 

6. Cek Laporan Produk

Terakhir, adalah kamu wajib cek kembali laporan produk bisnis. Lakukanlah review atau tinjauan kembali terhadap produk yang ditawarkan saat ini, apakah menarik bagi pelanggan. Salah satu rahasia menarik pelanggan baru yang tepat adalah dengan melakukan pemeriksaan kembali database dan lihatlah kesalahan apa saja yang pernah ada terkait dengan produk. 

Apabila kurang merasa cukup hanya dengan review dari laporan produk, kamu juga bisa melakukan survey atau bahkan meminta feedback pelanggan setelah mereka melakukan transaksi pembelian. 

Umumnya, perusahaan yang sudah berkembang juga sering menempuh cara seperti ini untuk mencari tahu penilaian masyarakat terhadap produk hingga layanan yang diberikan.

Apabila kamu sudah mengetahui apa yang pelanggan dan masyarakat harapkan dari produk milik bisnismu, tentu kedepannya akan lebih mudah menentukan peningkatan kualitas yang tepat untuk produk maupun layanan. 

Itulah beberapa cara jitu untuk meraih customer baru yang bisa kamu lakukan. Melalui pemasaran media sosial hingga email marketing, kamu bisa memperluas jangkauan pasar untuk meraih customer baru. 

Selain itu, pastikan juga melakukan pengecekan terhadap laporan produk agar cara untuk meraih customer baru bisa lebih efektif dengan peningkatan kualitas. Dalam menjalankan kegiatan bisnis ini, kamu bisa menggunakan aplikasi usaha Youtap sebagai solusi digital terbaik dalam mengelola keuangan, pencatatan transaksi, pembayaran non-tunai, hingga melakukan belanja stok. Tentu saja kegiatan bisnis bisa berjalan lebih mudah dan efisien. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama