August 2, 2022

Closing dalam Bisnis: Pengertian dan Macam-Macam Teknik yang Bisa Digunakan

Dapat membantu meningkatkan pendapatan dan keuntungan, berikut ini penjelasan lengkap mengenai closing dalam bisnis dan macam-macam teknik yang bisa digunakan.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu peran penting dalam meningkatkan pendapatan bisnis online adalah closing. Dengan bertambahnya closing yang terjadi dalam bisnis, maka omzet penjualan pun semakin banyak. Bagi kamu yang belum terlalu mengerti akan hal ini, simak penjelasan lengkap tentang closing dan macam-macam teknik yang bisa digunakan, yuk. 

Apa Itu Closing dalam Bisnis?

Closing dalam bisnis
Gambar: freepik.com/pressfoto

Closing adalah suatu cara untuk membuat terjadinya transaksi jual-beli antara penjual dan calon pembeli. Sederhananya, closing ini merupakan cara untuk mengubah leads atau prospek menjadi pembeli. 

Sebagai pelaku bisnis, kamu perlu melakukan ajakan kepada calon pelanggan agar mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Teknik closing ini memang sangat membantu dalam meningkatkan minat calon pelanggan agar segera melakukan transaksi. 

Macam-Macam Teknik Closing dalam Bisnis

Closing dalam bisnis

1. Teknik Closing Now or Never

Teknik now or never dapat dilakukan dengan memberi tenggat waktu promo atau diskon. Ini akan memberikan kesan mendesak untuk calon pelanggan agar segera melakukan transaksi sekarang juga. Kamu dapat menyampaikan kepada calon pelanggan bahwa promo yang diberikan hanya berlaku untuk hari ini atau produk terbatas. 

2. Teknik memberikan pujian

Walaupun teknik satu ini mudah untuk dilakukan, namun tidak semua produk yang dijual bisa menggunakan cara satu ini. Umumnya, teknik ini digunakan pada produk yang bisa dipakai secara fisik seperti perhiasan, pakaian, dan lain-lainnya. Contoh menerapkan teknik pujian ini dengan memberikan testimoni terhadap pelanggan setelah menggunakan produk. 

3. Teknik mencoret harga normal

Teknik satu ini mungkin paling sering kamu jumpai ketika berbelanja, walaupun terdengar sederhana, tapi bisa memberikan efek yang luar biasa pada penjualan bisnis. Cara ini bisa memengaruhi psikologis calon pelanggan dengan memberikan kesan bahwa harga yang ditawarkan sangat murah.  

4. Teknik membandingkan dengan produk kompetitor

Teknik membandingkan produk juga terbilang cukup efektif untuk closingan. Di mana kamu dapat membandingkannya dari segi harga, kualitas, kelebihan produk, atau bonus apapun yang didapatkan oleh pelanggan. 

5. Teknik penawaran paket atau bundling

Terakhir adalah teknik penawaran paket atau bundling, di mana kamu menggabungkan beberapa produk kedalam satu penjualan sehingga bisa membantu meningkatkan penjualan produk yang kurang laku. Cara ini memang paling banyak disukai calon pelanggan karena produk bundling dibanderol dengan harga jauh lebih murah.

Itulah pengertian mengenai closingan dan beberapa teknik yang bisa dicoba untuk membantu meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis. Namun, pastikan juga bahwa pengelolaan bisnis milikmu sudah dilengkapi dengan sistem digital, agar lebih praktis, efektif dan efisien dengan Youtap POS, ya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama