Agar sebuah bisnis atau perusahaan dapat berkomunikasi baik dengan pasar, tentu harus membuat beberapa strategi marketing, yang di mana salah satunya mempersiapkan marketing communication atau lebih sering disebut sebagai marcom. Namun, apa itu marketing communication dan tujuannya dalam bisnis? Berikut penjelasan secara lengkap.
Marketing communication merupakan sebuah ilmu yang penting untuk menjalankan strategi pemasaran bisnis atau perusahaan. Marketing communication atau yang disebut juga sebagai MarCom ini digambarkan sebagai seluruh pesan dan media yang digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pasar.
Kemudian, marcom sendiri telah mencakup periklanan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, pemasaran online, iklan cetak, sponsor, aktivitas PR, dan lain-lainnya.
Tujuan pertama dari marcom ini sendiri untuk membantu menciptakan minat produk di pasar. Pasalnya, marcom ini menjadi salah usaha jangka panjang yang dapat dilakukan untuk memasarkan bisnis dengan menggunakan berbagai channel. Tujuannya untuk membantu memposisikan produk bisnis milikmu agar berada di pikiran target konsumen.
Perlu kamu ketahui bahwa positioning dan membangun brand memang akan membutuhkan waktu. Selain itu, juga membutuhkan konsistensi mendalam. Jadi, tidak hanya dalam usaha komunikasi itu saja, tapi juga dalam elemen inti lainnya, seperti produk, harga, dan distribusi.
Tujuan kedua adalah membantu memperpendek siklus penjualan. Sederhananya, marcom ini juga membantu penjualan dalam urusan mengidentifikasi, melibatkan, dan memberikan produk kepada konsumen.
Perlu kamu ingat, bahwa dalam berbisnis sangat penting untuk memahami proses pembelian konsumen, sehingga dapat mempersingkat siklus penjualan. Seperti yang kita tahu bahwa umumnya proses yang dilalui pembeli saat akan membeli suatu produk memang cukup panjang.
Namun, dengan melakukan riset pasar dan diskusi dengan divisi sales, marcom harus mampu mengidentifikasi bagaimana mereka dapat membantu mempercepat proses pembelian konsumen.
Jadi itulah penjelasan mengenai pengertian marketing communication dan juga tujuannya dalam bisnis. Namun, selain memperhatikan strategi pemasaran dalam bisnis, kamu juga perlu melakukan pengelolaan dengan benar. Salah satunya dengan menggunakan sistem berbasis digital seperti Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia. Aplikasi satu ini sudah menyediakan berbagai macam fitur lengkap seperti pencatatan seluruh transaksi bisnis, membantu melakukan analisis hingga pembuatan laporan, lho!