July 25, 2022

Marketing Communication: Pengertian dan Tujuannya dalam Bisnis

Jadi, salah satu strategi komunikasi dengan pasar, apa itu marketing communication dan tujuannya dalam bisnis? Berikut penjelasannya secara lengkap. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Agar sebuah bisnis atau perusahaan dapat berkomunikasi baik dengan pasar, tentu harus membuat beberapa strategi marketing, yang di mana salah satunya mempersiapkan marketing communication atau lebih sering disebut sebagai marcom. Namun, apa itu marketing communication dan tujuannya dalam bisnis? Berikut penjelasan secara lengkap. 

Pengertian Marketing Communication (MarCom)

marketing communication
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Marketing communication merupakan sebuah ilmu yang penting untuk menjalankan strategi pemasaran bisnis atau perusahaan. Marketing communication atau yang disebut juga sebagai MarCom ini digambarkan sebagai seluruh pesan dan media yang digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pasar.

Kemudian, marcom sendiri telah mencakup periklanan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, pemasaran online, iklan cetak, sponsor, aktivitas PR, dan lain-lainnya. 

Lalu, Apa Tujuan dari Marketing Communication untuk Bisnis?

1. Membantu menciptakan minat produk di pasar

Tujuan pertama dari marcom ini sendiri untuk membantu menciptakan minat produk di pasar. Pasalnya, marcom ini menjadi salah usaha jangka panjang yang dapat dilakukan untuk memasarkan bisnis dengan menggunakan berbagai channel. Tujuannya untuk membantu memposisikan produk bisnis milikmu agar berada di pikiran target konsumen.

Perlu kamu ketahui bahwa positioning dan membangun brand memang akan membutuhkan waktu. Selain itu, juga membutuhkan konsistensi mendalam. Jadi, tidak hanya dalam usaha komunikasi itu saja, tapi juga dalam elemen inti lainnya, seperti produk, harga, dan distribusi. 

2. Membantu memperpendek siklus penjualan

marketing communication
gambar: freepik.com

Tujuan kedua adalah membantu memperpendek siklus penjualan. Sederhananya, marcom ini juga  membantu penjualan dalam urusan mengidentifikasi, melibatkan, dan memberikan produk kepada konsumen. 

Perlu kamu ingat, bahwa dalam berbisnis sangat penting untuk memahami proses pembelian konsumen, sehingga dapat mempersingkat siklus penjualan. Seperti yang kita tahu bahwa umumnya proses yang dilalui pembeli saat akan membeli suatu produk memang cukup panjang. 

Namun, dengan melakukan riset pasar dan diskusi dengan divisi sales, marcom harus mampu mengidentifikasi bagaimana mereka dapat membantu mempercepat proses pembelian konsumen.

Jadi itulah penjelasan mengenai pengertian marketing communication dan juga tujuannya dalam bisnis. Namun, selain memperhatikan strategi pemasaran dalam bisnis, kamu juga perlu melakukan pengelolaan dengan benar. Salah satunya dengan menggunakan sistem berbasis digital seperti Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia. Aplikasi satu ini sudah menyediakan berbagai macam fitur lengkap seperti pencatatan seluruh transaksi bisnis, membantu melakukan analisis hingga pembuatan laporan, lho!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama