Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 23, 2021

10 Usaha Menjanjikan Keuntungan Besar

Perdagangan masih menjadi usaha yang menjanjikan di era digital 4.0 ini. Apa saja usaha yang berpotensi menjanjikan keuntungan besar? Simak penjelasannya di sini!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Liburan akhir tahun bisa menjadi momen penting dalam hidup Anda yang sedang mempertimbangkan untuk mulai usaha yang menjanjikan keuntungan besar. Tahukah Anda, banyak pebisnis meluncurkan produk usaha mereka bertepatan atau menjelang datangnya liburan akhir tahun? Mengapa tidak Anda tiru? Tapi tentu saja jangan tergesa-gesa. Tak selalu harus pada liburan akhir tahun saja produk bisnis yang baru itu tepat untuk diluncurkan. Apalagi bila Anda masih belum tahu, ataupun masih ragu-ragu dalam mempertimbangkan apa saja usaha yang menjanjikan keuntungan besar yang akan Anda jalani.  

Mungkin Anda perlu belajar terlebih dahulu dari para pelaku bisnis di sektor usaha mikro kecil menengah atau UMKM sebelum menentukan usaha yang menjanjikan seperti apa yang akan Anda rintis. 

 

Baca Juga : 10 Usaha Franchise Makanan dan Minuman Terlaris

Peran UMKM dalam Masa Krisis

Pelaku bisnis UMKM merupakan penopang  perekonomian nasional saat ini. Meski negara dilandakrisis ekonomi akibat nya pandemi Covid 19 sejak tahun lalu, namun UMKM tetaptumbuh dan berkembang. 

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan sampai dengan bulan Maret 2021, jumlah UMKM mencapai 64,2 juta. Kontribusinya terhadap Produk Domestik Brutoadalah  sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun. Dari segi penyerapan tenaga kerja, UMKM mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerjayang ada. Dari segi nilai investasi,  UMKM telah menghimpun sampai 60,42 persen dari total investasi di Indonesia. Dahsyat! 

Tak ayal, pemerintah akan  terus memperkuat UMKM dengan berbagai bantuan. Ini merupakan kabar gembira bagi Anda yang sedang mempertimbangkan usaha yang menjanjikan di sektor UMKM.

UMKM
Gambar: Freepik

Apa itu Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah? 

Perbedaan antara usaha mikro, kecil dan menengah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP UMKM), yang merupakan bagian dari  Undang-Undang No. 11 Tahun2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja).

Kriteria UMKM, menurut PP UMKM, adalah:    

  • Usaha mikro : memiliki modal usaha sampai dengan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  • Usaha kecil : memiliki modal usaha lebih dari Rpl.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) sampai dengan paling banyak Rp5.000.000.000,00  (lima miliar rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  • Usaha menengah : memiliki modal usaha lebih dari Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah) sampai tlengan paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh rniliar rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
Baca Juga: Persyaratan dan Cara Daftar UMKM Secara Online

Usaha yang Menjanjikan di Sektor UMKM 

Apa saja peluang usahamikro kecil menengah yang menjanjikan di tahun 2022? Prediksi dari seorangpengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance(Indef), Aviliani, menyebutkan tiga sektor usaha ini. Yakni:

  1. Perdagangan
  2. Makanan dan minuman
  3. Industri 
BacaJuga: Top 10 Bisnis Waralaba Kopi

Daftar 10 Usaha yang Menjanjikan 

Perdagangan masih menjadi usaha yang menjanjikan di era digital 4.0 ini.Berbagai barang yang dibutuhkan orang selalu layak dan bernilai untukdiperdagangkan. Baik itu perdagangan online melalui berbagai marketplace yang tersedia, maupun perdagangan konvensional. 

1. Perdagangan Produk Fashion Kekinian

Dunia fashion akan selalu berubah dan berkembang seiring zaman. Sehinggatren pun berubah. Bila Anda cermat dalam menangkap peluang ini, maka beragamproduk untuk menunjang penampilan dan karakter ini  dapat menjadi usahayang menjanjikan. 

Produk Fashion Kekinian
Erigo yang tampil di New York Fashion Week (Gambar: Instagram/@erigostore)

Pemasaran online lewat marketplace dapat Anda gunakan untuk dapat menjual lebih banyak pakaian, sepatu, tas, topi, dan aksesoris fashion. Dengan cara tersebut, maka berbagai merek ataubrand lokal seperti Cotton Ink, AHHA, Erigo, Bloods, Berrybenka, dan lain-lain dapat memasarkan produknya ke seluruh dunia. Tak disangsikan lagi, perdagangan produk fashion pria dan wanita merupakan salah satu usaha yang menjanjikan.

2. Perdagangan Busana Muslim Wanita dan Pria

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia,  Indonesia menjadi pasar terbesar produk busana muslim. Salah satu peluang usaha menjanjikan yang bisa Anda pertimbangkan adalah dengan membuka toko online ataubahkan membuat brand sendiri untuk produk-produk busana muslim. Baik busana muslim untuk wanita maupun pria, peluang ini masih terbuka lebar. Ingat, selera berbusana setiap orang tentunya  berbeda.

Perdagangan Busana Muslim
Banyuwangi Moslem Fashion Festival. (Gambar: mpotimes.id)

Kebutuhan akan selera berbusana tersebut, tentunya tidak akan pernah dapat  terpenuhi oleh satu dua modelatau brand saja. Anda bisa memperkenalkan alternatif baru, tren baru, bagi kaum muslim dalam berbusana yang sesuai syariat Islam. 

3. Industri Skin Care dan Kosmetik

Skin care dan Kosmetik
Gambar: Freepik

Kegelisahan kaum wanita akan kecantikan dan kesehatan kulitnya telah menciptakan berbagai peluang usaha yang menjanjikan di bidang produk skin care dan kosmetik. Terkait dengan itu berbagai tanaman alami, bahan-bahan herbal, dibudidayakan untuk menghasilkan produk skin care tersebut. Industri skin care dan kosmetik, menurut Kementrian Perindustrian, didominasi oleh industri kecil dan menengah. Usaha yang menjanjikan ini bisa Anda rintis mulai dari sekarang, tak hanya menyasar pada target konsumen wanita namun bisa juga kaum pria.   

4. Usaha Kuliner 

Jangan ragu membuka bisnis kuliner meski di saat pandemi.  Jika Anda yakin produk kuliner makanan dan minuman Anda dapat memenuhi kebutuhan dan selera konsumen, segerakan saja dibuka! Pasalnya, di masa pandemi, transaksi penjualan non tunai dari Mc Donald justru mengalami peningkatan tajam, dengan melayani transaksi pembayaran non tunai menggunakan aplikasi Youtap.

Usaha Kuliner
Gambar: Freepik

Fakta ini dapat menginspirasi Anda dalam merintis usaha kuliner di era 4.0. Selainmelayani pembayaran tunai, jangan lupa bahwa pembayaran non tunai memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam meningkatkan omzet penjualan. Omzet bisnis kuliner juga dapat ditingkatkan dengan cara pemasaran melalui Go Food, Grab Food, dan Shopee Food. Jadi, omzet bisnis kuliner dapat ditingkatkan dengan penjualan dine in dan take away pakai aplikasi. 

5. Digital Marketing Agency

Digital Marketing Agency
Gambar: Freepik

Mendirikan usaha jasa Digital Marketing Agency juga merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan keuntungan besar.Di tengah tumbuh pesatnya UMKM maka sudah pasti akan lebih banyak lagikebutuhan promosi pemasaran secara digital. Usaha agensi pemasaran digital akan membantu pebisnis dalam membuat konten promosi, company profile, materi iklan, artikel Search Engine Optimization (SEO), website, dan sebagainya.


6. Jasa Fotografi dan Video

Jasa Fotografi
Gambar: Freepik

Jasa fotografi dan video juga merupakan peluang usaha menjanjikan. Orang-orang di dunia kreatif sangat membutuhkan foto-foto dan footage video untuk ditampilkan dalam konten  video dan materi periklanan. Selain itu ada jutaan website di dunia ini yang memerlukan tampilan visual yang menarik sehingga foto-foto dan video  sangat dibutuhkan.  Selain itu, jasa fotografi dan video juga dibutuhkan untuk acara pernikahan dan berbagai seremonial lainnya.   

Baca Juga : Analisa Bisnis Katering Rumahan dan Cara Memulai

7. Perdagangan Perlengkapan Bayi

Jualan Perlengkapan Bayi
Gambar: Freepik

Kebutuhan bayi sangat beragam. Mulai dari susu, botol susu, popok, pampers, pakaian bayi, mainan, perlengkapan mandi, peralatan makan, dan lain sebagainya. Tak main-main, usaha perdagangan perlengkapan bayi, menurut riset Sigma Research Indonesia, pernah mencapai nilai Rp88,1 triliun  pada tahun 2017.  

8. Pet Shop

Pet Shop
Gambar: Pinterest

Menyediakan makanan, pakan, obat dan vitamin, kandang, dan berbagai kebutuhan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga merupakan usaha menjanjikan keuntungan besar. Jika di sekitar Anda belum ada toko yang menjual produk kebutuhan sehari-hari hewan peliharaan Anda bisa mempertimbangkannya untuk buka usaha ini. 

9. Menjual Hobi 

Toko Sepeda Wdnsdy
Toko Sepeda Wdnsdy. Gambar: TEMPO/Kukuh S. Wibowo

Menjual berbagai produk dan jasa yang berhubungan dengan hobi tak bisa dianggap sepele. Bisnis ini bisa menjadi salah satu usaha  menjanjikan yang patut Anda pertimbangkan. Berbagai jenis hobi yang banyak digemari orang,antara lain, memancing, mendaki gunung, gowes sepeda, touring dengan motor, jogging, fitnes, bermusik, sepakbola, basket, voli, berenang, dan sebagainya. 

10. Peternakan 

Peternakan
Gambar: Walmart

Usaha di bidang peternakan juga merupakan salah satu jenis usaha menjanjikan keuntungan besar yang dapat Anda pertimbangkan. Berbagai jenis ternak dapat dikembangbiakan. Mulai dari ayam, kambing, domba, dan sapi. Tidak ada salahnya Anda pelajari dulu mengenai seluk beluk bidang peternakan ini sebelum terjun ke dalamnya. 

Anda mungkin dapat menambah panjang daftar 10 usaha menjanjikan ini. Apapun jenis usaha tersebut, sebaiknya kelolausaha Anda dengan cara yang smart dan sesuai dengan perkembangan era digital 4.0. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi usaha dari Youtap dimana tersedia beragam fitur yang bermanfaat dalam mengelola usaha. Hanya perlu waktu satu menit untuk melakukan registrasi di aplikasi Youtap. Unduh aplikasi ini melalui PlayStore, Apps Store, dan website Youtap.

 

CTA Banner Artikel

Untuk mengelola dan menganalisa laporanpenjualan bisnis kue kering secara profesional dan melayani konsumen dengantransaksi non tunai, Anda bisa gunakan aplikasi Youtap. Aplikasi ini dirancang untuk parapelaku usaha, baik dari skala usaha mikro kecil dan menengah maupun perusahaanbesar. Anda bisa mengunduh Aplikasi Usaha melalui Play Store, Apps Store, dan kini daftar jadi Teman Youtap bisa dilakukan di https://mulaiusaha.youtap.id/. Yuk, mantap mulai usaha dengan Youtap sekarang!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama