Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 22, 2021

Mau Buka Bisnis Cuci Sepatu? Perhatikan Hal Penting Ini Ya!

Sering digunakan setiap hari oleh semua orang, maka buka bisnis cuci sepatu tentu akan menguntungkan namun harus dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Membuka bisnis cuci pakaian atau jasa laundry memang sudah banyak dilakukan. Namun, belum banyak orang yang mengkhususkan untuk membuka bisnis cuci sepatu. Lalu, bagaimana cara merintis bisnis cuci sepatu? Simak tips-tipsnya berikut ini, yuk.  

Persiapan Sebelum Membuka Bisnis Cuci Sepatu

bisnis cuci sepatu
Gambar: freepik.com

Pada dasarnya jasa pencucian sepatu hampir sama dengan laundry pakaian, namun memang ada beberapa hal khusus yang harus diperhatikan seperti jenis mesin cuci serta deterjen untuk sepatu. Berikut ini beberapa persiapan penting sebelum membuka bisnis cuci sepatu:

1. Lakukan Analisis Prospek Bisnis

Sebagai langkah awal sebelum membuka bisnis jasa pencucian sepatu, sebaiknya kamu lakukan terlebih dahulu analisis sederhana. Tujuan dari analisis ini untuk mencari tahu apakah bisnis cuci sepatu saat ini memiliki prospek yang bagus di daerah sekitarmu. Agar bisa mendapatkan data yang akurat, analisis prospek bisnis biasanya dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa caranya yaitu pengumpulan data, survei langsung di lapangan, hingga menggunakan metode lain secara online.

2. Persiapan Secara Detail Terkait Perlengkapan Bisnis Cuci Sepatu

bisnis cuci sepatu
Gambar: freepik.com

Apabila kamu sudah melakukan analisis prospek bisnis cuci sepatu dan peluang usahanya cukup bagus untuk dijalankan, maka langkah selanjutnya adalah persiapan terkait alat-alat yang dibutuhkan. Kamu juga membutuhkan tempat usaha yang bisa dijadikan toko bisnis cuci sepatu. Luas tempat usaha yang dibutuhkan pastikan mencakup tempat untuk mesin cuci, penjemuran, rak atau lemari sepatu, hingga untuk menyimpan perlengkapan lainnya seperti deterjen dan pewangi.

3.Membeli Mesin Cuci Sesuai dengan Kebutuhan Cuci Sepatu

Pastikan juga membeli mesin cuci yang khusus untuk mencuci sepatu atau shoes laundry machine. Mesin cuci khusus sepatu ini memang berbeda dengan mesin cuci pakaian pada umumnya. 

Harga mesin cuci sepatu pun cukup bervariasi karena akan tergantung pada fitur dan kapasitasnya yang dimilikinya. Sangat direkomendasikan agar kamu memilih mesin cuci sepatu yang memiliki fasilitas dryer atau pengering. Tujuannya tentu agar proses penyelesaian pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien. 

4. Persiapkan Peralatan dan Perlengkapan Cuci Sepatu

bisnis cuci sepatu
Gambar: freepik.com

Ketika ingin membuka bisnis cuci sepatu kamu juga harus paham dengan teknik atau cara pengerjaan yang biasa dilakukan seperti wet clean, dry clean, dan wet & dry. Dalam proses pengerjaan cuci sepatu wet clean biasanya dibutuhkan beberapa bahan kimia seperti anti bacterial ls, surfaktan e ls, cleaner o ls, neutralizer s ls, solvent perfume, dan water. 

Kemudian, pengerjaan cuci sepatu dry clean, membutuhkan bahan-bahan kimia seperti shoes sceaner, anti bacterial ls, neutralizer s ls, dan solvent perfume. Terakhir adalah proses wet & dry di mana kamu akan membutuhkan peralatan berupa sikat halus, sikat kasar, kuas, suede sponge, botol semprot, kain microfiber hingga penghapus karet.

Dalam mengelola bisnis cuci sepatu seperti ini kamu bisa menggunakan Aplikasi Youtap sebagai solusi terbaik. Tentu akan ada banyak sekali fitur canggih yang dapat mendukung perkembangan bisnis seperti membantu dalam data analisis transaksi penjualan secara otomatis hingga menawarkan berbagai pilihan pembayaran digital. Bagi kamu yang ingin segera membangun kesuksesan bisnis sendiri, yuk mulai usaha bersama Youtap di sini. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama