December 31, 2021

7 Cara Menghadapi Persaingan Usaha di Era Digital

Agar bisa terus bertahan di pasaran, berikut ini 7 cara jitu dalam menghadapi persaingan dan kompetisi usaha di era digital yang bisa dimplementasikan.

Berkembangnya dunia teknologi khususnya era digitalisasi saat ini memberikan dampak ke seluruh lini kehidupan seperti transaksi digital hingga ke dunia bisnis. Terkait kondisi ini tentunya menimbulkan persaingan usaha semakin ketat. Solusi terbaik adalah kamu harus terus menciptakan inovasi baru atau melakukan adaptasi cepat dengan teknologi agar bisa terus bertahan. 

Baca Juga: Strategi Sukses UMKM Melek Digital dalam Era New Normal

Oleh karena itu, menjadi penting untuk mengetahui beberapa cara menghadapi persaingan usaha di era digital seperti berikut ini. 

Cara Menghadapi Persaingan Usaha Paling Jitu

1. Kenali dan Pahami Siapa Kompetitor Usaha 

Cara pertama kamu harus lebih dulu mengetahui siapa kompetitor usahamu dan apa yang mereka tawarkan kepada konsumen. Hal tersebut akan membantu membuat produk, layanan, dan pemasaran yang lebih menonjol di pasaran. Sehingga kamu bisa lebih mudah menetapkan harga secara kompetitif dan membuat pemasaran yang bersaing. 

2. Kenali Konsumen Usaha dengan Baik

Agar dapat mengenali konsumen dengan baik, kamu wajib untuk membangun hubungan yang baik antara usaha dengan pelanggan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand milikmu walau hanya melakukan beberapa kali pembelian. Selain membangun kedekatan dengan customer, pastikan sigap dalam menjawab dan menangani keluhan pelanggan. Dengan demikian, konsumen akan merasa diperhatikan.

analisa market
Gambar: Freepik/@ana_fox

3. Pahami Situasi dan Kondisi Persaingan di Pasar 

Cara untuk memahami situasi dan kondisi persaingan di pasar kamu harus perhatikan apa pun yang kompetitor lakukan dengan cermat dan saksama. Termasuk memperhatikan komunikasi kompetitor dengan pelanggan dan cara unik serta kreatif yang dilakukan untuk melakukan pemasaran.  Kemudian, temukan hal-hal yang belum dilakukan oleh kompetitor karena itu bisa menjadi strategi. Cobalah membangun strategi agar usaha bisa mengisi kesempatan tersebut.

Meniru kompetitor bukanlah cara yang baik untuk membangun usaha milikmu, jadi ciptakan perbedaan atau keunikan tersendiri yang bisa membuat usaha milikmu lebih unggul di pasaran. 

Baca Juga: 7 Cara Riset Pasar yang Efektif untuk Pemula

4. Promosikan Keunggulan Produk Usaha

Selanjutnya adalah lakukan promosi dengan mengedepankan keunggulan produk usaha milikmu. Pastikan bahwa produk yang kamu tawarkan adalah kebutuhan bagi konsumen di pasaran sehingga mereka tertarik untuk membelinya. 

Baca Juga: 6 Promosi Usaha yang Paling Efektif untuk Dilakukan

5. Lakukan Analisis Peluang Usaha

Kamu juga sangat membutuhkan analisis peluang usaha sebagai cara untuk menghadapi persaingan di pasar. Dari hasil analisis peluang usaha tersebut kamu bisa menentukan target pasar sehingga lebih mudah menawarkan produk ke konsumen. 

ilustrasi analisisi peluang usaha
Gambar: Freepik/freefoto

6. Memanfaatkan Digital Marketing

Tidak lagi melalui media cetak, di era digital seperti sekarang ini penggunaan teknologi pemasaran lebih efektif melalui online, salah satunya adalah memanfaatkan digital marketing memungkinkan untuk melakukan promosi yang dipersonalisasi.  Keuntungan digital marketing ini adalah pelanggan yang ditargetkan dapat dijangkau dengan mudah dan biaya lebih hemat serta terukur. 

Baca Juga: 9 Kiat UMKM Sukses di Era Digital

7. Gunakan Aplikasi Usaha Youtap

Sebagai penyedia solusi digital untuk segala jenis usaha, Youtap menjadi aplikasi usaha nomor satu di Indonesia yang secara konsisten membantu dan memberdayakan para pengusaha dari berbagai sektor, termasuk UMKM . Beragam solusi digital yang ditawarkan antara lain aplikasi usaha, sistem pembayaran dengan qr, hingga pembuatan laporan.

Bantuan yang diberikan oleh aplikasi usaha Youtap Indonesia juga menyentuh dari berbagai sisi, seperti edukasi keuangan, sosialisasi pemanfaatan transaksi qris untuk setiap pembayaran non tunai, bahkan hingga menawarkan fitur layanan usaha lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. Download Youtap di Google Play dan App Store sekarang!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang